Sistem Saraf Manusia – Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada

Sistem Saraf Manusia – Pengertian, Jenis Dan Fungsinya – Pernahkah kita terdengar ketika berbicara tentang bagan tubuh manusia. Yapp, saraf adalah bagian dari sistem organ terpenting dalam tubuh manusia.

Karena sistem seperti ini kemungkinan orang untuk menerima informasi dalam bentuk rangsangan dan menanggapi rangsangan yang ada. Lihat penjelasan di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang sistem saraf ini.

Definisi Sistem Saraf

Sistem saraf ialah sel saraf dengan ratusan juta saraf yang berbeda dan fungsi yang berbeda. Sistem saraf tubuh manusia terdiri dari 2 jenis, ialah saraf pusat dan perifer serta berbagai fungsi.

Sistem Saraf Manusia | Samadaranta

Sistem saraf ini memiliki tugas untuk mengkoordinasikan setiap tindakan yang dilakukan oleh bagian tubuh dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal ke berbagai bagian tubuh manusia secara bersama-sama.

Sistem saraf ini bertanggung jawab untuk mengoordinasikan semua tindakan yang dilaksanakan sama bagian – bagian tubuh dengan mengirimkan semacam sinyal ke bagian tubuh manusia secara bersamaan.

Faktanya, setiap organ tubuh manusia bertanggung jawab untuk mengarahkan tubuh dan juga untuk komunikasi antara bagian yang sudah ditentukan.

Baca Juga Organ Tubuh Manusia Bagian Luar (Lengkap)

Macam Macam Nervous System

Ada 2 jenis sistem saraf ini dan bagian serta fungsinya, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga Pengertian Embrio Pada Manusia dan Tahapan

1. Central Nerve System

Sistem saraf pusat ialah sistem yang fungsinya menerima informasi dari semua area tubuh dan mengoordinasikan semua arus lalu lintas yang terjadi untuk mendapatkan respons dari tubuh.

Selain itu, ada beberapa organ dalam tubuh manusia yang termasuk dalam kelompok sistem saraf pusat ini, termasuk:

  • Otak adalah bagian dari organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mesin pengontrol untuk melakukan berbagai fungsi tubuh contohnya suatu yang digerak, kesadaran, pikiran dan juga daya ingat.
  • Sumsum tulang belakang ialah bagian dari suatu organ tubuh manusia yang dihubungkan langsung ke otak melalui batang otak. Organ ini fungsinya yaitu untuk mengirimkan informasi atau perintah dari bagian tubuh ke otak dan sebaliknya.
  • Neuron, adalah blok sel yang bertanggung jawab untuk membangun suatu sistem saraf pusat. Ada miliaran sel saraf yang bisa ditemukan di dalam tubuh yang saling berinteraksi.

2. Edge Nervous System

Saraf tepi ialah bagian dari sistem saraf yang fungsinya bisa untuk dihubungkan respons yang dii salurkan oleh sistem saraf pusat ke organ dan bagian lain dari tubuh kita.

Ada beberapa bagian lain dari sistem saraf tepi ini yang memiliki fungsi masing – masing, yaitu:

  1. Sistem saraf somatik, yang merupakan bagian dari sistem saraf yang masing – masing  serabut saraf tepi dan digunakan untuk mengumpulkan informasi indera atau indera dari organ perifer, contonya kulit, yang kemudian dikirim ke sistem saraf pusat.
  2. Sistem saraf motorik, yang merupakan bagian dari sistem saraf yang fungsinya untuk memberikan respons atau reaksi pada tubuh terhadap rangsangan yang telah di olah sama sistem saraf pusat.
  3. Sistem saraf sensorik, yang merupakan bagian sistem saraf yang digunakan yaitu terhubung di semua rangsangan yang terjadi di dalam tubuh, baik di luar ataupun di dalam tubuh. Stimulasi yang dihasilkan bisa dalam bentuk cahaya, bau, suara, suhu, sentuhan dan tekanan.

Komponen Dari Nervous System

Memang, untuk menrima rangsangan yang diterima sama tubuh manusia, sistem saraf harus mencakup 3 komponen, termasuk:

  1. Reseptor, yang merupakan komponen atau suatu alat yang digunakan untuk menerima stimulasi dari tubuh yang bertindak sebagai reseptor atau organ indera, contohnya mata, telinga, kulit, lidah, dan hidung.
  2. Pengantar impuls, untuk bagian ini ditugaskan oleh saraf. Sistem saraf tubuh manusia terdiri dari serat penghubung. Serat-serat ini mengandung sel-sel spesifik yang juga mengembang dan mengembang, sel-sel ini disebut neuron.
  3. Efektor, komponen yang bertanggung jawab untuk terhubung rangsangan yang disampaikan oleh konduktor impuls, yang bagiannya dalam organisasi efektor penting dalam organ manusia, ialah otot dan kelenjar.

Berbagai Penyakit Yang Menyerang Sistem Saraf

Sistem saraf ini ialah bagan yang sangat penting dari tubuh kita, jika itu sistem saraf sangat rentan terhadap banyak penyakit. Ada beberapa jenis interferensi yang dapat mengganggu transmisi dan pemrosesan sinyal saraf, termasuk:

1. Epilepsi

Epilepsi ialah bagian kelainan pada sistem saraf otak, meskipun kita yang mengalami kelainan ini tidak bisa menanggapi rangsangan yang dihubungkan.

Bukan hanya karena orang dengan kelainan ini sering merasakan otot-otot tertentu berkontraksi tak terkendali. Tidak hanya gangguan ini terjadi, tetapi ada beberapa alasan di balik itu, yaitu:

  1. Dinonaktifkan sejak lahir.
  2. Ada kelainan pada metabolisme tubuh.
  3. Infeksi dan racun dalam tubuh.
  4. Pernahkah Anda mengalami kecelakaan yang menimpa kepala Anda?
  5. Ada tumor yang menyerang tubuh.

2. Neuritis

Neurit ialah bagian dari gangguan atau cedera pada neuron atau sel – sel saraf yang adanya infeksi dan defisiensi vitamin akibat aksi obat – obatan dan racun.

3. Stroke

Stroke adalah bagian dari gangguan yang disebabkan oleh rusaknya sistem otak yang disebabkan oleh pecah, kontraksi atau penyumbatan pembuluh darah di otak.

Gangguan ini terjadi atau umumnya terlihat pada orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Amnesia

Amnesia ialah bagian dari gangguan pada sistem saraf yang disebabkan seseorang mengalami kesulitan mengingat peristiwa atau peristiwa masa lalu. karena penyakit ini membuat pasien lupa identitas aslinya.

Gangguan ini mungkin karena kepala terbalik dan otak menderita syok atau cedera parah.

F.A.Q

Apa itu Sistem Saraf ?

Sistem saraf ialah sekelompok saraf yang terdiri dari ratusan juta jenis saraf dan fungsi yang berbeda.

Bagaimana cara melindungi sistem saraf dari beberapa penyakit?

Langkah – langkah tertentu dapat diambil untuk mencegah gangguan sistem saraf, ialah:

  1. Harus bergerak secara teratur.
  2. Istirahatkan diri atau relaksasi setidaknya sekali sehari.
  3. Habiskan waktu yang berkualitas dan menyenangkan bersama keluarga dan teman.
  4. Tenangkan pikiran Anda dengan olahraga atau yoga setidaknya sekali seminggu.

Sistem Saraf terdiri dari?

Sistem saraf tepi termasuk dari 12 pasang serabut saraf di otak serta 31 pasang serabut saraf dan sumsum tulang belakang.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.