Sistem Transportasi Dalam Tubuh

Diposting pada

Sistem Transportasi Dalam Tubuh – Sistem transportasi juga disebut sebagai sistem sirkulasi. Pada manusia, sistem transportasi meliputi sirkulasi darah dan sirkulasi limfatik (getah bening). Sistem transportasi mengatur proses peredaran metabolit penting di semua bagian tubuh.

Proses Transportasi Dalam Tubuh

Ada dua cara sederhana dalam sistem peredaran darah yang dikenal sebagai aliran darah rendah dan aliran darah besar.

  1. Sebuah. Sirkulasi darah kecil Urutan rute peredaran darah adalah dari ventrikel kanan (jantung) – arteri paru – paru-paru – pembuluh darah paru-paru – atrium kiri (jantung).
  2. Sirkulasi hebat Urutan alirannya dari belakang kiri (jantung) – aorta – arteri, kapiler di seluruh tubuh – kapiler – vena – pembuluh – beranda kanan (jantung).

Baca Juga Sistem Reproduksi

Sedangkan sirkulasi dalam sirkulasi limfatik adalah:

  1. Plasma darah terganggu oleh jaringan – kapiler limfatik – sisi kanan kepala, leher, dada dan tangan – pembuluh limfatik besar kanan – v. Subklavia kanan – memasuki aliran darah.
  2. Plasma darah di antara jaringan – kapiler getah bening – tubuh bagian bawah dan tubuh kiri atas – memasuki aliran darah.

Alat-Alat Transportasi Dalam Tubuh

Jantung

Posisi jantung persis di tengah rongga dada dan terdiri dari tiga lapisan, yaitu endokardium, miokardium, dan perikardium. Memiliki empat ruangan, yaitu atrium kanan dan kiri dan ventrikel kanan dan kiri. Ada dua pompa khusus, jantung kanan (atrium kanan dan ventrikel) yang memompa darah ke paru-paru, dan jantung kiri (atrium dan ventrikel kiri) yang memompa darah ke arteri, vena, dan kapiler.

Jantung sebagai Pusat Peredaran Darah

Pusat sistem peredaran darah ada di jantung. Jantung terletak di rongga dada (thorax), yang disusun secara diagonal di sekat rongga tubuh (diafragma) dan dibungkus dengan membran yang disebut perikardium. Perikardium yang menutupi jantung terdiri dari dua lapisan, lapisan luar (parietal pericardium) dan lapisan dalam (perceraian visceral). Itu juga dilindungi oleh gua mediastinum. Berat jantung pada pria dan wanita relatif berbeda. Jantung pada pria berkisar dari 255 gram, sedangkan pada wanita sekitar 340 gram.

Baca Juga Sistem Gerak (Tulang dan Otot)

Jantung manusia berdetak sekitar 100.000 kali sehari dan diatur oleh pembawa damai. Pembuat perdamaian / alat pacu jantung ada di beranda kanan. Pembuat perdamaian ini bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi elektronik ke otot jantung sehingga berkontraksi. Pembuat perdamaian juga dapat menerima informasi dari otak.

Fungsi utama jantung adalah menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia memiliki empat bilik, yang terdiri dari dua atol, yaitu atrium kanan dan atrium kiri, dan dua bilik (ventrikel), bilik kanan dan bilik kiri. Veranda berfungsi sebagai tempat darah memasuki kamar (vena). Lalu ada katup yang menghubungkan atrium kiri dan ventrikel kiri dan disebut katup bicuspid vulvula dan terletak di janin. Sedangkan bilik digunakan untuk memompa darah keluar dari jantung.

Di dalam bilik ada juga sebuah katup yang bertanggung jawab untuk hubungan antara beranda kanan dan bilik kanan dan disebut Tricusvidalis vulmula. Katup ini diperkuat oleh kabelnya. Katup mencegah darah kembali dari ruang ke serambi. Di dasar korteks dan di dasar arteri pulmonalis (arteri pulmonalis) ada juga katup, vulvula semilunaris. Katupnya berbentuk bulan sabit. Fungsi katup adalah untuk mencegah darah kembali ke jantung.

Jantung terdiri dari tiga lapisan, termasuk. Pertama, perikordium adalah lapisan luar jantung, yang merupakan selaput yang menutupi jantung. Cairan pericordium terkandung dalam pericordium. Cairan ini mengurangi gesekan saat jantung berdetak. Pericordium terdiri dari dua lapisan, bagian dalam yang terhubung ke otot jantung disebut pericordium visecelare dan bagian luarnya disebut pericordium parietale. Kedua, miokardium adalah lapisan otot jantung yang berperan dalam proses kontraksi sehingga jantung bisa berdetak selamanya. Endokardium ketiga adalah lapisan dalam berbentuk membran yang membatasi ruang jantung.

Sistem Transportasi Dalam Tubuh – Sistem saraf yang mengendalikan sistem kerja jantung diatur oleh sistem saraf tak sadar yang terkandung dalam miokardium. Ada tiga jenis sistem saraf yang mengontrol kerja jantung, yaitu:

  • Simpul, yang terletak di dinding serambi antara vena dan memasuki beranda kanan, yang disebut sistem Keith Flack (sinovial simpul).
  • Simpul di penghalang antara teras dan ruang, yang disebut simpul Tawara (simpul atrioventrikular)
  • Saraf yang berada di blok antara bilik jantung disebut bundelnya.

Darah

Darah terdiri dari plasma darah dan sel darah. Drama Plasma adalah bagian dari darah yang cair dan mengandung molekul dan ion seperti glukosa dan asam amino. Sel darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan darah (trombosit). Eritrosit bertindak sebagai sumber oksigen ke seluruh tubuh. Leukosit bertindak sebagai antibodi dalam tubuh. Trombosit berperan dalam pembekuan darah.

Pembuluh Darah

Pembuluh darah dapat dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan fungsinya dalam tubuh, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh arteri mengalirkan darah dari jantung ke jaringan. Darah mengalir melalui pembuluh darah dari kapiler ke jantung. Kapiler menghubungkan arteriol ke venula. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci dari ketiga jenis pembuluh darah.

  • Arteri (arteri). Ini adalah pembuluh darah yang memasok darah ke jantung di seluruh tubuh. Arteri di permukaan tubuh agak ke dalam. Arteri memiliki diameter 0,2 mm hingga 20 mm. Sifat-sifat arteri elastis dan tebal sehingga mereka dapat menahan tekanan dari jantung. Selain itu, denyut nadi dapat dirasakan di bagian tubuh tertentu, yaitu di leher atau di pergelangan tangan. Pembuluh ini memiliki katup dalam detak jantung. Fungsinya untuk mencegah darah mengalir kembali ke jantung. Arteri terdiri dari tiga bagian, termasuk satu.
  • Aorta (arteri besar), pembuluh yang membawa darah kaya oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh. Sementara pembuluh darah, yang tugasnya adalah mengantarkan darah kotor yang kaya karbon dioksida dari ruang kanan ke paru-paru, disebut arteri paru-paru.
  • Arteri adalah pembuluh yang membawa karbon dioksida (CO2) yang kaya darah dari tubuh ke paru-paru. Arteri ini berada di ruang yang tepat.
  • Arteriola (arteri kecil) adalah cabang yang berhubungan dengan kapiler di mana gas dipertukarkan. Darah kemudian dikembalikan dari kapiler melalui pembuluh darah ke jantung, yang kemudian mengembalikan pembuluh darah.
  • pembuluh darah. Merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung. Dinding panci masak cukup tipis dan elastis. Pembukaan arteri sedikit lebih besar dan lokasinya di dekat permukaan tubuh mudah dilihat. Kapal posterior dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

pembuluh Vena cava superior adalah pembuluh yang membawa darah dari tubuh bagian atas ke beranda kanan jantung.

pembuluh Vena cava internal adalah pembuluh yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke beranda kanan jantung.

pembuluh Pulmonary vena cava adalah pembuluh yang membawa darah dari paru-paru ke atrium kiri jantung.

Vena memiliki sifat seperti dinding tipis dan elastis dengan lubang vaskular yang lebih besar, banyak katup yang mencegah darah mengalir lagi, mengandung banyak karbon dioksida selain vena paru dan terletak di dekat permukaan tubuh.

Kapiler. Adalah pembuluh yang menghubungkan arteriol dengan venula. Kapiler berada di ujung ekstrem arteri. Di sinilah pertukaran oksigen dari darah dengan karbon dioksida dari jaringan terjadi. Jaringan pembuluh darah kapiler dapat membentuk pengaturan tenunan yang kompleks. Di mana setiap milimeter jaringan memiliki sekitar 2.000 kapiler darah

Pembuluh Limfatik

Pembuluh limfatik ditemukan di semua bagian tubuh kecuali jaringan non-vaskular, sistem saraf pusat, bagian limpa dan sumsum tulang merah. Pembuluh-pembuluh ini bertindak sebagai media yang mengalirkan cairan usus, mengangkut lemak dan makanan, dan meningkatkan respons imun.

Demikianlah artikel Sistem Transportasi Dalam Tubuh diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih