8+ Peninggalan Kerajaan Singasari Terlengkap

Diposting pada

Peninggalan Kerajaan Singasari – adalah kerajaan Hindu-Budha di Jawa Timur, tepat di sebelah Gunung Kawi, Kab. Schade Kerajaan ini didirikan pada 1222 oleh Ken Arok. Singasari memiliki nama lain, Kerajaan Tumapel, dan ibu kotanya ada di Kutaraja.

Kerajaan ini awalnya adalah daerah yang pada waktu itu menjadi otoritas Kerajaan Kediri. Tunggul Ametung memegang posisi Aquu atau Camat.

Namun, dia meninggal ketika dia dibunuh oleh salah satu pengawalnya sendiri, Ken Arok, dan dialah yang menggantikan posisi Tunggul Ametung sebagai Akuwu yang baru.

Setiap kerajaan yang pernah ke Indonesia harus memiliki peninggalan yang menjadi situs bersejarah bagi setiap kerajaan. Sama seperti di Kerajaan Singasari, ada peninggalan dari Kerajaan Singasari.

Peninggalan Kerajaan Singasari

Dibawah ini adalah peninggalan Kerajaan Singasari, membuktikan bahwa Kerajaan pernah ada di Indonesia, bersama dengan tempat di mana ia ditemukan:

1. Candi Jago

Bangunan bersejarah ini terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kec. Tumpang tindih, Kab. Malang, Prov. Jawa Timur Nama candi Iago berasal dari kata Jajaghu, yang berasal dari kitab suci Negarakertagama dan Pararaton.

Candi ini didirikan pada masa kerajaan Singasari pada abad ke-13. Jajaghu, yang memiliki makna keagungan, adalah istilah yang cocok untuk digunakan di tempat-tempat suci.

Saat ini, bangunan itu hanya ditinggalkan sebagian karena, menurut sejarah setempat, itu terjadi karena candi disambar petir.

2. Candi Sumberawan

Bangunan ini berbentuk seperti stupa di desa Toyomarto di Kec. Singosari, Kab. Malang, Prov. Jawa Timur

Candi Sumberawan terdiri dari batu andesit dengan ukuran p = 6,25 m, l = 6,25 m dan t = 5,23 m, yang dibangun pada ketinggian 650 m di atas permukaan laut di lereng gunung Arjuna.

3. Candi Singosari

Bangunan ini terletak di wilayah desa Candi Renggi, Kec. Singosari, Kab. Malang, yang dikenal sebagai Menara dan Candi Cungkup, berarti candi ini adalah candi atau candi tertinggi pada masanya.

Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada 1300 M untuk menghormati Raja Kertanegara.

4. Arca Dwarapala

Patung Dwarapala adalah patung yang bertindak sebagai pelindung selama ajaran Siwa dan Budha. Patung ini memiliki bentuk manusia tetapi terlihat seperti monster.

Dwarapala terletak di luar kuil, kuil, atau bangunan lain yang berfungsi sebagai pelindung situs suci. Bangunan ini dilambangkan sebagai makhluk yang mengerikan, yang jumlahnya bisa lebih dari satu atau satu kelompok.

5. Candi Jawi

Bangunan ini memiliki nama asli Jajawa, yang didirikan pada abad ke-13 ketika candi itu terletak di lereng Gunung Welirang di kota Candi Wates di Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur

Candi ini diyakini sebagai tempat pemujaan bagi komunitas Buddhis, tetapi juga digunakan sebagai tempat untuk berdoa atau menyelamatkan abu raja terakhir Singasari, yaitu Kertanegara.

6. Candi Kidal

Bangunan ini yaitu peninggalan Kerajaan Singasari, yang dibangun sebagai penghormatan kepada Raja Anusapati, raja kedua dari Kerajaan Singasari, yang memerintah kerajaan ini selama 20 tahun (1227-1248).

Anusapati meninggal karena Panji Tohjaya membunuhnya saat berperang untuk kekuasaan kerajaan Singasari dan diyakini sebagai kutukan yang disampaikan oleh Mpu Gandring.

7. Prasasti Manjusri

Prasasti Manjusri yaitu naskah yang ditemukan di belakang patung 1343 Manjusri, yang awalnya disimpan di Kuil Iago dan sekarang telah dipindahkan ke Museum Nasional Jakarta.

Berdasarkan interpretasi Bosch tentang prasasti itu, Adityawarman sebelumnya dapat membangun sebuah kuil tambahan di lokasi kuil Iago. Namun, saat ini tidak ada bangunan di sekitar Candi Jago.

8. Prasasti Mula Malurung

Prasasti ini yaitu sertifikat persetujuan dan konfirmasi dari orang-orang Mula dan orang-orang Malurung untuk seseorang bernama Pranaraja. Bentuk prasasti ini adalah dalam bentuk lempengan tembaga, yang dikeluarkan oleh Raja Kertanegara atas nama ayahnya pada tahun 1255.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya

5+ Peninggalan Kerajaan Kediri Terlengkap

10+ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

10+ Peninggalan Kerajaan Kutai Terlengkap

15+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Terlengkap