10+ Peninggalan Kerajaan Kutai Terlengkap

Diposting pada

Peninggalan Kerajaan Kutai – Dapat dikatakan bahwa kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua yang pernah berdiri di Indonesia. Ini tentu dibuktikan oleh beberapa monumen bersejarah kerajaan ini.

Secara historis, Kerajaan ini didirikan sekitar abad ke-5 M, sekitar 400 tahun yang lalu. Kutai terletak di Muara Kaman, di Pulau Kalimantan Timur, tepat di dekat kota Tenggarong di tepi Sungai Mahakam.

Nama Kutai berasal dari nama daerah tempat mereka pertama kali menemukan prasasti, yang berisi penjelasan tentang kerajaan.

Peninggalan Kerajaan Kutai

Meskipun sangat sedikit sumber informasi yang tersedia, ada beberapa monumen dari Kerajaan Kuta yang telah ditemukan di situs kerajaan ini, sebagai berikut:

1. Prasasti Yupa

Yupa ialah salah satu monumen Kerajaan Kuta dan objek ini juga digunakan sebagai bukti sejarah keberadaan kerajaan Hindu di pulau Kalimantan.

Setidaknya ada 7 prasasti Yupa yang masih bisa kita lihat sampai sekarang. Yupa adalah kolom batu yang biasa digunakan untuk mengikat binatang dan manusia yang dipersembahkan dan dipersembahkan kepada para dewa dan telah mengukir tulisan.

2. Ketopong Sultan

Ketopong pada masa lalu adalah mahkota kerajaan dari Kerajaan Kuta, di mana hingga 1,98 kg mahkota ini tercatat di Museum Nasional Jakarta. Mahkota sultan terbuat dari emas dan batu mulia.

Bukti sejarah ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1890 di daerah Muara Kaman, Kutai Kartanegara.

3. Kalung Ciwa

Kalung Ciwa ialah bukti keberadaan Kerajaan Kuta, yang ditemukan pada tahun 1890 ketika pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman ditemukan oleh salah satu penduduk Danau Lipan, Muara Kaman.

Objek bersejarah ini masih digunakan sampai sekarang untuk perhiasan para bangsawan, dan digunakan oleh sultan ketika ia melanjutkan upacara penobatan sultan baru.

4. Kalung Uncal

Kenangan dari kerajaan Kuta mungkin berasal dari India (Unchele) dalam bentuk kalung ini. Objek ini sangat langka karena hanya ada dua di dunia, yaitu India dan Museum Mulawarman juga. Kalung uncal adalah kalung yang dihiasi dengan liontin dari kisah Ramayana.

5. Tali Juwita

Tali Juwita ialah peninggalan Kerajaan Kuta, melambangkan 7 estuari dan 3 anak sungai, yaitu Belinjau, Belayan dan Terkadang Pahu, yang merupakan bagian dari Mahakam.

Objek ini juga biasanya digunakan saat mengadakan upacara, yang masih berhubungan dengan festival Erau, yang saat ini juga dilakukan oleh penduduk Kalimantan.

6. Kura – Kura Emas

Warisan selanjutnya dari Kerajaan Kuta adalah Penyu Emas. Penyu Emas adalah hadiah dari Pangeran Kerajaan Cina kepada putri Aji Bidara Putih, Raja Kerajaan Kuta.

Saat ini, bukti sejarah ini telah disimpan di Museum Mulawarman, yang seukuran kepalan tangan. Jika berada pada etalase untuk menampung objek, objek tersebut dapat ditemukan di wilayah Long Lalang, yaitu di tepi Sungai Mahakam.

7. Keris Bukit Kang

Keris Bukit ialah keris yang digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu, dia adalah konsorsium raja pertama Kutai Kartanegara.

Legenda mengatakan bahwa Permaisuri adalah seorang putri yang ditemukan di gong yang mengambang di atas kamar bambu, dan tidak hanya ada seorang gadis di gong itu, tetapi juga telur ayam dan keris, Bukit Kang Keris.

8. Kelambu Kuning

Beberapa kenangan dari Kerajaan Kuta masih dianggap ajaib oleh penduduk asli Kuta, benda-benda ini disimpan dalam kelambu kuning untuk menghindari benteng dan harta benda.

Benda yang disimpan di kelambu kuning termasuk Sangkoh Piatu, Gong Bende, Patung Singa, Tajau, Kurva Besi, Gong Raden Galuh dan Keliau Aji Siti Cloudy.

9. Pedang Sultan Kutai

Pedang ini terbuat dari emas padat. Pegangan pedang memiliki bentuk harimau siap ukiran, dan pada ujung pedang ini adalah ukiran buaya. Perangkat ini disimpan di Museum Nasional.

10. Singgasana Sultan

Tahta Sultan adalah salah satu monumen paling bersejarah dari Kerajaan Kuta dan masih dipertahankan sampai sekarang. Saat ini, objek ini terletak di Museum Mulawarman.

Sebelumnya, singgasana atau stasiun di sana digunakan oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sultan Aji Muhammad Parikesi dan mantan pemimpin Kerajaan Kuta lainnya.

Demikianlah artikel Peninggalan Kerajaan Kutai Adalah diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya

15+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Terlengkap

Alat Musik Tradisional dari Papua

Alat Musik Tradisional Dari Papua Barat

Alat Musik Tradisional Maluku Utara