Alat Musik Tradisional dari Papua

Diposting pada

Alat Musik Papua – Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, terutama ketika mengekspresikan semangat seni dalam bentuk alat musik tradisional. Demikian pula di Indonesia timur, terutama Papua, di mana orang pada dasarnya ekspresif.

Mereka mengisi setiap momen penting dalam hidup dengan semangat artistik yang tinggi. Selain ukiran unik mereka, mereka suka mendengarkan musik sambil menari. Alat musik Papua berikut sering digunakan dalam kehidupan meriah dan sehari-hari:

Definisi Alat Musik Tradisional Papua

Papua memiliki fungsi yang berbeda dari alat musik. Hingga hari ini, masyarakat Papua masih menggunakan allat musik tradisional untuk merayakan acara-acara khusus dalam hidup mereka.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Dari Papua Barat

Alat Musik Tifa

Tifa ialah alat musik khas Papua, meskipun sering menjadi simbol masyarakat Papua sendiri. Alat musik tifa ini seperti drum kayu dengan lubang di tengahnya. Cara memainkannya juga tidak jauh berbeda, khususnya bidikan.

Alat musiik dari Papua ini disebut unik karena terbuat dari kayu yang dipotong di tengah dan ditutupi dengan janggut di satu sisi, tutupnya biasanya terbuat dari kulit rusa kering. Tujuannya adalah untuk dapat menghasilkan suara yang bagus dan indah.

Dari Papuaa alat ini juga memiliki beberapa jenis berbeda, yaitu Basic Tifa, Tifa Jekir, Tifa Potong dan Tifa Bas. Pohon Tifa kemudian dihiasi dengan karpet khas Papua. Biasanya, pesawat ini digunakan dalam tarian perang bersamaan dan beberapa tarian daerah lainnya.

Alat Musik Pikon

Picon berasal dari bahasa Bali, yaitu Piconane, artinya Picon adalah suara alat musik. Dari Papua, alat musik ini dikenal unik karena terbuat dari sejenis bambu ruas dan berongga yang disebut Heath. Alat musik dari Papua biasanya dimainkan oleh pria, suara yang dihasilkan mirip dengan suara timbre burung.

Alat musik sangat khas untuk Pikon ini, karena tidak semua orang bisa memainkannya. Cara bermainnya juga cukup sulit. Ini membuatnya menjadi alat musik yang sangat istimewa.

Ini adalah alat musik Pikon yang dimainkan selama pemukulan sementara senar dikoreksi. Dari Papua alat ini hanya merilis catatan kunci seperti do, mi dan sol. Karena itu, hanya orang-orang tertentu yang dapat memainkan alat ini untuk mengintegrasikannya ke dalam melodi yang indah dan masih terdengar.

Alat Musik Triton

Triton ialah alat musik Papua yang sedikit berbeda dari Picon. Meskipun cara memainkan alat musiik ini adalah sama. Namun bentuk dan hasil bunyinya sangat berbeda. Alat musiik Triton ini sangat populer, karena memiliki hampir semua pantai seperti Biak, Raja Ambati, Jaffen, Warpen dan Nabir.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Maluku Utara

Alat musik Triton sebelumnya adalah alat komunikasi, terutama permintaan bantuan. Namun, seiring waktu triton ini digunakan hanya untuk hiburan.

Alat Musik Butshake

Butshake adalah alat musiik tradisional yang terbuat dari bambu dan kenari. Biasanya alat musik ini dipertunjukkan pada tarian tradisional. Buyshake sendiri memiliki suara khas yang terdengar seperti buzz. Suara instrumen ini adalah hasil tabrakan antara kenari berbentuk bambu.

Alat Musik Atowo

Atowo adalah alat musiik dari Papua yang jarang terjadi. Sulit untuk menemukan alat ini. Atov sendiri memiliki bentuk elips dan ukurannya yang relatif kecil dan ringan.

Anda harus menggunakan 2 tangan untuk melengkapi alat musiik dari Papua. Di mana satu tangan memegang tubuh ke atuza dan yang lainnya ke tutup. Tentu saja, alat ini memiliki teknik permainan sendiri sehingga dapat memberikan irama yang indah.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih