Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Dikuasai Pemula

Diposting pada

Teknik Dasar Sepak TakrawJika Anda ingin bisa bermain sepak takraw, maka terlebih dahulu harus memahami Teknik Dasar Sepak Takraw dengan baik dan benar.

Pasalnya jenis olahraga ini termasuk ke dalam cabang permainan olahraga yang sulit namun banyak dipertandingkan. Adalah jenis permainan yang berasal dari perpaduan olahraga sepak bola dan bola voli serta dimainkan di lapangan olahraga bulu tangkis.

Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Dikuasai Pemula

Sebelum mengetahui apa saja teknik dasar yang wajib kuasai oleh pemula di olahraga ini, perlu ketahui bahwa olahraga sepak takraw ini biasanya mainkan oleh dua tim yang terdiri dari 3 orang pesepak dalam setiap timnya.

Untuk saat ini, cabang olahraga ini banyak pertandingkan di berbagai pertandingan nasional bahkan skala internasional antaranya pada ajang Sea Games. Sepak takraw ini memiliki banyak sekali unsur akrobatik yang ada dalamnya sehingga resiko mengalami cedera pun jauh lebih besar bandingkan dengan cabang olahraga lainnya.

Maka dari itu, setiap pemain harus memahami dan menguasai teknik dasar untuk bermain sepak takraw yang harus lakukan dengan baik dan benar sehingga meminimalisir resiko yang bisa terjadi.

Header

Teknik yang pertama adalah header. Adalah sebuah teknik dasar yang gunakan oleh pemain sepak takraw untuk membuat bola melayang ke arah atas dengan memanfaatkan bagian dahi kaki bagian luar. Teknik ini umumnya akan lakukan jika bola terlihat melayang terlalu tinggi dan sulit untuk dijangkau pemain dengan menggunakan tendangan.

Baca Juga :

Inside Kick

Merupakan sebuah teknik ini yang menjadi gerakan tendangan dasar pada olahraga ini. Fungsi tendangan inside kick ini adalah untuk mengendalikan bola dengan menggunakan bagian dalam kaki untuk menyentuh bola dan bagian kaki yang lain untuk menjadi tumpuan.

Outside Kick

Teknik Dasar Sepak Takraw yang ketiga yaitu outside kick, tendangan yang lakukan dengan menggunakan kaki bagian luar yang bekerja untuk memberikan dorongan bola ke arah atas. Untuk tumpuan menggunakan kaki bagian luar dan bagian kaki lainnya akan menekuk sampai membuat bentuk sudut sekitar 90 derajat.

Roll spike

Teknik dasar yang berikutnya adalah roll spike. Adalah sebuah teknik sepak takraw yang menjadi sebuah teknik strategi untuk melakukan serangan atau smash. Namun teknik yang mempunyai unsur gerakan akrobatik ini memiliki acuan pada gerakan seperti melakukan lompatan dengan satu kaki atau memakai kaki yang lainnya untuk memberikan dorongan untuk melewati bahu pemain lawan.

Horse kick serve

Teknik yang terakhir adalah teknik horse kick serve yaitu sebuah teknik tendangan tinggi yang lakukan dengan menggunakan kaki pemain. Fungsi tendangan ini adalah agar supaya bola yang tendang bisa melewati batas bahu dan kepala pemain.

Untuk melakukannya memang bukan hal yang mudah sehingga terhitung sangat menantang, untuk melakukannya pemain harus mempunyai fleksibilitas dan ketrampilan bermain yang tinggi. Itulah 5 Teknik Dasar Sepak Takrawyang harus kuasai oleh pemain pemula. Semoga bermanfaat.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak