Ekosistem Buatan, Contoh dan Manfaatnya

Diposting pada

Ekosistem Buatan – Diketahui bahwa ekosistem terdiri dari dua jenis yaitu ekosistem alami dan Ekosistem Buatan. Untuk jenis ekosistem alami mempunyai rantai makanan dan jaring makanan tersendiri. Begitu juga dengan ekosistem yang dibuat manusia yang mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan ekosistem alami.

Ekosistem Buatan, Contoh dan Manfaatnya untuk Kehidupan Manusia

Ekosistem yang dibuat manusia merupakan sebuah ekosistem yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Pada ekosistem ini banyak didapatkan asupan energi yang peroleh dari luar.

Namun karena jenis ekosistem ini buat oleh manusia, bukan terbentuk secara alami maka lebih cenderung mempunyai keanekaragaman hayati yang terbatas.

Ciri khas dari ekosistem jenis ini adalah kurang heterogen kehidupan di dalamnya sehingga sifatnya pun labil. Hal itu menyebabkan ekosistem ini memerlukan adanya bantuan energi yang berasal dari luar yang harus dilakukan dengan bantuan manusia.

Sehingga bisa katakan ekosistem ini tak akan bisa berjalan dengan baik jika tak ada peran serta dari manusia.

Berikut adalah beberapa contoh dari Ekosistem Buatan beserta manfaatnya.

Kebun Binatang

Adalah sebuah ekosistem yang dibuat menyerupai lingkungan dimana hewan liar hidup habitat aslinya. Ekosistem ini memerlukan bantuan dari manusia untuk memberikan perawatan dan perlindungan sehingga semua hewan yang hidup di dalam kebun binatang bisa hidup dengan aman dan layak.

Baca Juga :

Sawah

Merupakan sebuah ekosistem yang dibuat oleh manusia dengan rantai makanan yang terbilang lengkap. Sawah dibuat untuk menjadi media menanam padi untuk memenuhi kebutuhan beras yang menjadi makanan pokok manusia.

Untuk membuat sawah, perlukan kerja keras dari petani untuk menyiapkan lahan sawah, menanaminya dengan benih padi dan menjaganya hingga bisa berhasil panen.

Suaka margasatwa

Sebuah ekosistem yang dibuat dalam bentuk hutan konservasi dengan lingkungan atau habitat menyerupai lingkungan hidup yang asli.

Tujuan pembuatan ekosistem ini adalah untuk memberikan perlindungan pada berbagai jenis hewan yang sudah terancam punah sehingga bisa tetap lestarikan keberadaannya.

Kolam Ikan

Sebuah ekosistem yang dibuat menyerupai sebuah kolam untuk menjadi tempat hidup ikan untuk dikonsumsi maupun ikan hias.

Untuk membuat kolam ikan perlukan keahlian membuat kolam yang sesuai dengan habitat asli ikan, memberikan pakan dan perawatan sesuai dengan jenis ikan yang peliharanya.

Adapun manfaat dari keberadaan ekosistem yang buat oleh manusia antaranya adalah sebagai berikut;

  • Sawah: Menjadi lahan untuk tempat menanam padi yang menghasilkan beras sebagai makanan pokok.
  • Hutan buatan: Menjadi lahan menanam Pinus atau Jati yang bisa menghasilkan pendapatan pada komoditi pertanian.
  • Waduk: Untuk menampung air dengan tujuan memenuhi kebutuhan air bersih.
  • Kebun sawit: Menghasilkan kelapa sawit yang menjadi bahan utama pembuatan minyak goreng dan produk lainnya yang menguntungkan perekonomian masyarakat.
  • Sawah tadah hujan: Untuk mengairi sawah dalam tujuan memenuhi kebutuhan beras dengan pemanfaatan air hujan.

Sekian informasi singkat tentang Ekosistem Buatan, contoh dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak