Teknik Dasar Pencak Silat untuk Kalangan Pemula

Diposting pada

Teknik Dasar Pencak Silatmerupakan salah satu cabang olahraga yang mempunyai beberapa versi sesuai tradisinya. Pencak silat memiliki pengertian sebuah gerakan dasar untuk bela diri yang memiliki peraturan yang dilakukan dengan sempurna dan memiliki sumber tenaga dari rohani.

Pencak silat menjadi satu cabang olahraga yang dibutuhkan oleh setiap manusia karena bisa berguna untuk sarana bertahan hidup dan menghadapi semua tantangan dari alam sehingga penting untuk menguasai Teknik Dasar Pencak Silat.

Teknik Dasar Pencak Silat yang Wajib Dikuasai Pemula

Untuk kalangan pemula, wajib untuk menguasai beberapa teknik dasar untuk melakukan gerakan pencak silat.

Pencak silat banyak perkenalkan mulai cerita sejarah para pejuang kemerdekaan Indonesia yang kemudian mendorong cabang ini masuk ke dalam kurikulum pendidikan bela negara untuk ajarkan pada masyarakat Indonesia tanpa kecuali. Berikut adalah beberapa teknik dasar yang wajib atau kuasai oleh pemain pencak silat kalangan pemula.

Sikap Kuda-Kuda

Adalah teknik dasar pertama dalam pencak silat yang wajib dan penting untuk dipelajari karena pakai untuk persiapan diri dalam menyerang lawan sekaligus media pertahanan diri sehingga tak mudah kalah ketika lawan menyerang. Dalam olahraga pencak silat, sikap kuda-kuda terdiri dari :

  • Kuda depan
  • Kuda-kuda belakang
  • Kuda samping
  • Kuda-kuda tengah

Sikap pasang

Teknik dasar yang kedua adalah mempelajari sikap pasang yaitu sebuah gerakan yang lakukan untuk menghadapi serangan lawan dengan melakukan perpaduan antara sikap kuda-kuda dengan sikap badan serta sikap tangan. Jenis sikap pasang sendiri terdiri dari sikap pasang 1 hingga sikap pasang 12 yang mana terbentuk dari sikap kuda-kuda dalam posisi yang berbeda.

Baca Juga :

Pola Langkah

Adalah perpaduan dari arah gerak langkah dan teknik dasar gerak langkah. Tujuan dari teknik dasar ini adalah untuk melakukan perubahan pijakan kaki yang lakukan dari satu sudut ke bagian sudut yang lainnya. Sehingga bisa mendapatkan posisi yang menguntungkan bagi pemain pencak silat ketika menghadapi lawan.

Pada Teknik Dasar Pencak Silat pola langkah ini terdapat sekitar 4 jenis pola langkah yang bisa pelajari seperti pola langkah geser, pola langkah lompat, pola langkah seser dan pola langkah angkat.

Belaan

Adalah sebuah gerakan yang lakukan dengan tujuan menangkis serangan lawan dengan gerakan menghalau atau menghindar. Setidaknya ada dua jenis belaan dalam pencak silat yaitu teknik tangkisan yaitu teknik yang lakukan untuk bertahan dari serangan dari lawan.

Teknik tangkis terdiri dari 3 jenis yang terdiri dari tangkis atas, bawah dan luar. Sedangkan untuk teknik hindaran lakukan dengan tanpa menyentuh bagian tubuh lawan yang terdiri dari gerakan mengelak, gerakan egosan dan gerakan mengkelit.

Serangan

Teknik dasar yang terakhir adalah serangan yang lakukan dengan tujuan untuk memberikan serangan pada lawan dengan memakai lengan atau kaki yang arahkan untuk mengenai badan lawan. Untuk teknik dasar ini terdiri dari dua macam cara yaitu pukulan dan tendangan.

Demikian ulasan tentang Teknik Dasar Pencak Silatyang wajib untuk dikuasai oleh pemain pemula cabang olahraga satu ini. Selamat bertanding.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak