Fungsi Lapisan Ozon dan Cara Menjaganya

Diposting pada

Fungsi Lapisan Ozon – merupakan sebuah lapisan yang memiliki Fungsi Lapisan Ozon untuk melindungi bumi. Seiring dengan tema pemanasan global yang semakin banyak dibicarakan, kondisi lapisan ozon yang kini mengkhawatirkan menjadi perhatian banyak pihak.

Hal itu dikarenakan jika lapisan ozon semakin lama semakin menipis ketebalannya, maka akan memiliki dampak yang berbahaya untuk kehidupan semua makhluk yang ada di bumi.

Fungsi Lapisan Ozon

Fungsi Lapisan Ozon Demi Kelangsungan Makhluk Hidup di Bumi

Diketahui lapisan ozon terletak pada ketinggian sekitar 10 hingga 40 km di atas permukaan bumi. Ozon sendiri merupakan partikel gas yang ada di atmosfer bumi yang mana terbentuk melalui proses yang berlangsung selama jutaan tahun lamanya.

Namun meski mempunyai fungsi untuk pelindung bumi, ozon merupakan satu bentuk polusi udara yang bersifat berbahaya jika terhirup oleh paru-paru manusia, hewan dan tumbuhan.Berikut adalah beberapa fungsi lapisan ozon untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi.

Pelindung Bumi Dari Bahaya Radiasi Sinar UV

Lapisan ozon berfungsi untuk melindungi semua makhluk hidup yang ada di bumi dari paparan sinar ultraviolet atau UV yang memiliki resiko memberikan gangguan pada sistem imunitas tubuh dan menyebabkan penyakit kanker kulit.

Sayangnya, lapisan ozon saat ini mulai menipis akibat perbuatan manusia sendiri. Sebutkan bahwa zat bromin dan klorin yang banyak pakai pada mesin pendingin banyak menyebabkan atom oksigen yang terdapat lapisan ozon rusak sehingga menipis.

Baca Juga :

Perlindungan Bumi Secara Fisik

Lapisan ozon juga berfungsi untuk memberikan perlindungan pada permukaan bumi dan seluruh makhluk hidup yang tinggal di atasnya dari kejatuhan benda langit. Antara benda langit yang terhitung sangat sering terjatuh dan masuk ke permukaan bumi adalah seperti meteor atau sampah antariksa. Lapisan ozon akan bekerja untuk membuat benda langit tersebut hancur terlebih dahulu sebelum sampai ke permukaan bumi.

Sebagai Pengatur Suhu Bumi

Fungsi Lapisan Ozon berikutnya adalah untuk memberikan pengaturan pada suhu bumi sehingga menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk seluruh makhluk hidup di bumi. Hal itu bisa terjadi karena molekul yang ada di atmosfer bumi tempat mana lapisan ozon berada bisa menyerap energi matahari begitu sampai lapisan ozon. Kemudian, lapisan ozon akan mendistribusikan kehangatan tersebut ke seluruh bagian planet bumi sekaligus menangkap energi yang terpantul dari permukaannya sehingga tak membuat sisi lain dari planet bumi yang mengalami malam hari menjadi terlalu dingin.

Sebagai Pengatur Cahaya

Bahwa tak semua jenis energi yang berasal dari matahari akan bisa serap oleh lapisan ozon yang ada dyi atmosfer, karena bumi hanya bisa menerima energi yang dapatkan dari radiasi elektromagnetik matahari. Setelah itu, energi dari matahari akan pantulkan melalui permukaan bumi yang kemudian akan segera serap dan transmisikan dengan baik oleh lapisan ozon. Hal itu secara tidak langsung membuat bumi pun mendapatkan pengaturan cahaya dengan efektif dan efisien.

Sebagai Pengatur Dan Pengendali Kehidupan Makhluk Hidup

Lapisan ozon memiliki fungsi sebagai penyerap sinar ultraviolet sehingga tak membahayakan seluruh makhluk hidup di bumi akibat paparan sinar matahari secara langsung. Lapisan atmosfer ketahui memiliki kandungan gas yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan yang ada di bumi seperti nitrogen, oksigen dan karbon dioksida.

Melihat informasi tentang fungsi lapisan ozon untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi, tak heran jika saat ini gencar kampanyekan tentang upaya penyelamatan bumi salah satunya dengan cara menjaga lapisan ozon tetap utuh dan tidak mengalami penipisan atau berlubang.

Adapun cara untuk menjaganya adalah seperti membeli alat pendingin yang ramah lingkungan, meminimalisir adanya polusi udara yang bisa merusak Fungsi Lapisan Ozon dan menggunakan produk yang tak mengandung bahan HCFC atau CFC.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak