Perang Dunia II Front Asia Pasifik (1941 – 1945) : Berakhir, Dampaknya

Diposting pada

Daftar Isi

Front Asia-Pasifik

Perang Dunia II – Ialah medan perang antara Jepang melawan Amerika Serikat, Inggris, Belanda, RRC, Autralia, dan lain – lain. Jepang termotivasi memulai perang di kawasan Asia-Pasifik karena melihat keberhasilan Jerman yang dapat menguasai Eropa dengan cepat.

Perang di kawasan Asia=Pasifik meletus setelah Jepang menyerang secara mendadak pangkalan Angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour ( Hawai ) Pada 7 Desember 1941. Maka penyerbuan Jepang itu telah menyebabkan Amerika Serikat terseret dalam Perang Asia-Pasifik.

Perang Dunia II

Setelah menghantam Pearl Harbour, Jepang menyerang dan berusaha menguasai Negara di kawasan Pasifik. Agresi pasukan Jepang yang sangat cepat ini tidak terhalangi Amerika Serikat yang telah lumpuh angkatan lautnya. Serangan – serangan Jepang di kendalikan di pangkalan Kepulauan Carolina, Formosa, Indocina, dan Thailand. Dalam waktu singkat, jepang berhasil menduduki berbagai wilayah di kawasan Asia-Pasifik seperti berikut ini:

  1. Kawasan Asia-Pasifik (Singapura, Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, dan Indonesia)
  2. Berdasarkan wilayah atau kawasan Pasifik ialah ( wilayah Kepulauan Kuril, Kepulauan Marshall, Gilbert, Laut  Bismark, Irian Utara, Kepulauan Aleut, Midway, Kepulauan Carolina, Kepulauan mariana,  Kepulauan Solomon, Saipan, Guam, dan Laut Koral).

Dalam menghadapi ekspansi Jepang, Negara – Negara Sekutu menggabungkan diri ke dalam Front ABCD (Amerika British/Inggris, Cina, Dutch/Belanda). Selain itu, di bentuk ABDACOM(Amerika British Dutch Australia Command). Yaitu gabungan Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan Autralia. Jenderal Douglas Mac Arthur diserahi tugas sebagai Panglima Komando Pertahanan Pasifik Barat Daya. Tokoh ini  sempat dipermalukan Jepang di Filipina. Namun, sejak terusir dari  Negara tersebut, ia bertekad membalas kekalahannya dengan mengucapkan kata-kata I will return (saya akan kembali).

Setelah dipukul mundur, Amerika Serikat segera melakukan konsialisasi di Autralia. Jenderal Douglas Mac Arthur menerapkan siasat loncat kataj, yaitu taktik penyerangan yang meloncat-loncat dari satu tempat ke tempat lain dengan memilih sasaran tempur musuh yang basis pertahananya lemah.

Sejak bulan April 1944 satu persatu pulau – pulau di Australia dan Jepang berhasil direbut tentara Sekutu. Yang pertama dari wilayah Irian Barat, Guam, Saipan, dan Iwo Jima. karena pihak Sekutu lalu membom atom kota Hirosima dan Nagasaki pada tanggal 6 sampai 9 Agustus 1945. maka dibomnya kedua kota itu, Jepang terpaksa menyerah tanpa syarat kepada pihak Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Penyerahan pasukan Jepang terhadap Sekutu secara resmi dilakukan di atas kapal Missouri di teluk Tokyo pada 2September 1945. Dengan menyerahnya Jepang, Berakhirlah perang Asia Psifik dan Perang Dunia II.

Berakhirnya Perang Dunia II

Peristiwa Perang Dunia II akhirnya dimenangkan pihak sekutu pada tahun 1945. Seusai Perang , kedua belah pihak melaksanakan perjanjian untuk mengakhirinya.

  1. Kegiatan Konferensi Postdam antara Sekutu  dan Jerman (2 Agustus 1945)

Pertemuan antara sekutu dan jerman di Postdam telah menghasilkan keputusan Konferensi  Postdam sebagai berikut :

  1. Jerman dibagi menjadi empat daerah pendudukan, yaitu Jerman Barat dikuasai Amerika Serikat, Inggris, Dan Perancis, Sedangkan Jerman Timur Dikuasai Rusia.
  2. Kota Berlin dibagi dua yaitu Berlin Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia.
  3. Kota Danzig Dikembalikan kepada Polandia
  4. Penjahat perang harus dihukum
  5. Jerman harus membayar ganti akibat kerugian perang.
  6. Perdamaian Paris antara Sekutu dan Italia ( Februari 1947)

Pertemuan antara Sekutu dan Italia telah menghasilkan keputusan Perdamaian Paris berikut ini :

  1. Seluruh jajahan Italia di Afrika Utara diambil Inggris.
  2. Daerah Italia diperkecil
  3. Italia harus membayar kerugian perang.
  4. Abessynia dan Albania dimerdekakan kembali
  5. Triesta menjadi Negara merdeka di bawah PBB.
  6. Ketika Pertemuan Sekutu dan jepang di Kapal Missouri (2 September 1945)

Pada 2 September 1945 berlangsung  pertemuan antara Sekutu (Amerika Serikat ) dan Jepang di kapal Missouri di teluk Tokyo. Hasil keputusan yang dicapai adalah pernyataan penyerahan Jepang tanpa  syarat kepada pihak Sekutu.

Dampak Perang Dunia II

Penjelasan Perang  Dunia II mencatat kerugian besar bagi Negara –negara di Eropa, Asia Pasifik, dan tempat –tempat lain. Perang Dunia II telah mengubah peta kehidupan dunia. Seperti ini adalah perubahan – perubahan pada bidang politik , ekonomi, dan sosial, akibat Perang Dunia II.

  1. Bidang Politik
  2. Amerika Serikat dan Uni Sovit muncul sebagai kekuatan raksasa baru dunia.
  3. Terjadinya perebutan wilayah kekuasaan berpengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sehingga muncul Blok Barat dan Blok Timur dengan NATO dan Pakta Warsawanya.
  4. Tumbangnya beberapa imperialis di Asia dan Afrika
  5. Munculnya Negara – Negara baru dan Negara –negara merdeka yang terbebas dari penjajahan
  6. Terbentuknya organisasi perdamaian dunia PBB (Perserikatan Bangsa – Bangsa).
  7. Bidang Ekonomi
  8. Sektor – sector ekonomi dunia mengalami kerusakan.
  9. Sarana dan prasarana kehidupan, seperti gedung.
  10. Amerika Serikat Menjadi Negara penyumbang pinjaman (kreditur dunia).

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

baca juga :