Pengertian Negara Berkembang : Letak, Ciri, Contohnya

Diposting pada

Pengertian Negara berkembang (developing countries)

Pengertian Negara – yaitu merupakan  Negara – negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi relative lambat sehingga sedang giat giat nya melaksanakan pembanguanan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya. Negara – Negara berkembang masih mendasarkan tiang perekonomiannya pada sector pertanian.

Pengertian Negara

ciri-ciri

Berikut Ciri –ciri Negara berkembang antara lain :

  1. Pendapatan per kapita rendah
  2. Tingkat  pendidikan penduduk yang masih rendah
  3. Tingginya angka pertumbuhan penduduk
  4. Banyaknya angka kematian bayi (Infant Mortality Rate/IMR)
  5. Angka harapan hidup yang rendah
  6. Banyak penduduk miskin
  7. Banyaknya pengangguran
  8. Angka ketergantungan masih tinggi
  9. Adanya ketergantungan pada sector pertanian dan ekspor barang – barang primer.
  10. Sumber daya alam masih banyak yang belum diolah karena kekurangan tenaga ahli.
  11. Banyak kekurangan modal sehingga mengandalkan pinjaman luar negeri.
  12. Adanya ketergantungan pada impor barang – barang industry.

Pengertian Negara – berkembang merupakan Negara – Negara yang tengah gencar  – gencarnya menjalankan proses pembangunan untuk mencapai kesejahteraan hidup bagi masyarakatnya, Adapun Proses pembangunan tersebut taraf keberhasilannya masih tergolong rendah sehingga pendapatan per kapita Negara berkembang masih rendah. Rendahnya pendapatan per kapita menyebabkan standar kehidupan masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, Organisasi GATT (Government Agreement on Tariffs and Trade), menyatakan bahwa yang di maksud dengan negara berkembang adalah  Negara yang perekonomiannya hanya mampu mendukung standar kehidupan  yang rendah dan masih dalam tahap awal pembangunan.

Adapun Kelompok Negara – Negara berkembang sering disebut sebagai Negara Dunia Ketiga (The  Third World). Hal ini berkaitan erat dengan sejarah Negara – Negara berkembang yang umumnya pernah mengalami masa penjajahan. Pada masa lalu, Negara – Negara  jajahan sering dijadikan sebagai sumber tenaga kerja yang murah. Proses panjang masa penjajahan telah mengakibatkan Negara – Negara bekas jajahan mengalami kelambanan dalam pembangunan. Karena itulah. Rendahnya pendidikan, penguasaan teknologi yang rendah, pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan  lain – lainnya.

Wilayah Persebaran Negara Berkembang

Negara – Negara berkembang sebagian besar Terletak  di belahan bumi selatan yang meliputi Benua Afrika, Benua Asia, Benua Amerika, dan Pasifik Selatan (Oseania), Kurang lebih dua pertiga dari penduduk dunia berada di Negara – Negara berkembang ini. Adapun wilayah persebaran Negara –negara berkembang di dunia adalah sebagai berikut :

  • Wilayah persebaran Negara Berkembang di  Pasifik Selatan (Oseania)

Adapun sebagian besar Negara – negara di wilayah Pasifik selatan  merupakan Negara – Negara di pasifik selatan, seperti Papua Nuguni, Fiji, Kiribati, Nauru, Vanuatu, Tuvalu, Samoa Barat, To Nga, Cook, Palau, Kep. Solomon, Kaledonia Baru, Mashall, dan Mikronesia.

  • Wilayah Persebaran Negara Berkembang Di  Benua Asia

jadi seluruh Negara di Benua Asia merupakan Negara berkembang. Wilayah persebaran Negara berkembang di Benua Asia adalah sebagai berikut :

  1. Wilayah Asia Tengah di antaranya Negara – Negara pecahan Uni Soviet, yaitu Kazakstan, Uzbekistan, Turkmenisten, Tajikistan, Kirgistan, dan Afghanistan.
  2. Wilayah Asia Selatan meliputi Negara Bangladesh, India, Pakistan, Nepal, Bhutan, dan Srilangka.
  3. Wilayah Asia Tenggara meliputi Negara Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Malaysia, Timor Leste, dan Brunai Darussalam.
  4. Wilayah Timur Tengah (Asia Barat) di antaranya Negara Irak, Iran, Turki, Arab Saudi, Yaman, Oman, Lebanon, Syria, dan lain – lain.

Wilayah Persebaran Negara Berkembang Di Benua Amerika.

Benua Amerika memiliki Negara berkembang di wilayah Amerika tengah, Kepulauan Karibi, DAN Amerika Selatan. Berdasarkan Wilayah persebaran Negara berkembang di benua Amerika ialah antara lain :

  1. Wilayah Amerika Tengah meliputi Meksiko, Guatemala, Honduras, El Savador, Panama, Belize, dan Kosta Rika.
  2. Wilayah Kepulauan  Karabia, meliputi Kuba, Republik Dominika, Jamaika, dan lain – lain.
  3. Di Amerika Selatan meliputi Bolivia, Ekuador, Brasil, Kolombia, Venezuela, Argentina, Cile, Uruguay, Paraguay, dan lain – lain.

Wilayah Persebaran Negara Berkembang di Benua Afrika

Di Benua Afrika terdapat kurang lebih 55 negara dan sebagian besar merupakan Negara berkembang dan bahkan Negara miskin, Beberapa contoh Negara berkembang di Benua Afrika, seperti Kenya, Nigeria, Mesir, Sudan, Angola, dan sebagainya.

Contoh Negara Berkembang

India

India terkenal  dengan  sebutan anak Benua Asia karena terletak di selatan sebuah  semenanjung yang sangat luas, berbentuk segitaga, dan diapit oleh Laut Arab dan Teluk Bengala. India merupakan sebuah Negara republic federal yang dikepalai oleh presiden sebagai kepala Negara dan seorang perdana menteri  sebagai kepala pemerintahan.

Letak dan batas Negara

Negara India termasuk di kawasan Asia Selatan. India merupakan sebuah Negara di Semenanjung yang sangat luas, berbentuk segitiga, dan diapit oleh laut Arab dan Teluk bengala. India merupakan sebuah Negara republic federal yang dilengkapi oleh presiden sebagai kepala Negara dan seorang perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih