5+ Peninggalan Kerajaan Medang (Lengkap)

Peninggalan Kerajaan Medang – adalah sebuah kerajaan yang didirikan di Jawa Timur pada abad ke sepuluh masehi. Ibukota Wantan Mas di Sungai Brantas.

kerajaan Mendang didirikan di wilayah Jawa Tengah dengan nama Mataram. Namun, status kerajaan harus ditransfer ke wilayah Jawa Timur, saat gunung Marapi meledak dan menghancurkan porak poranda dinasti Mataram.

Lalu isi prasasti Mantyasih, Rakai Mataram Ratu Sanjaya pada saat itu ialah raja pertama kerajaan Medang di Jawa Tengah. Kehormatan kerajaan Madang terjadi pada abad kedelapan dan kesembilan.

Pada saat itu, kerajaan Madang dikuasai oleh Raja Balitung dan memiliki wilayah termasuk Bagelen (Jawa Tengah) dan Malang (Jawa Timur). Namun, beberapa mengatakan bahwa kemuliaan absolut kerajaan Mering muncullah pada masa pemerintahan Raja airlangga.

Ini didasarkan pada apa yang ditulis dalam buku Mpu Kanwa, Arjunawiwaha. Tentu saja, jika Anda melihat sejarah kebesaran kerajaan Madang, ada berbagai benda yang mewakili sejarah kerajaan ini.

Peninggalan Kerajaan Medang

dibawah ini ialah bukti sejarah bahwa kerajaan ini pernah menguasai di Indonesia, warisan Kerajaan Mendang. Mari kita lihat deskripsi reruntuhan kerajaan Madang yaitu :

1. Candi Kalasan

Candi Kalasan ialah candi Kalibening yang terletak di distrik Salaman, Desa Kalasan, DI Yogyakarta.

Atau candi ini terletak sekitar 16 km sebelah timur kota Yogyakarta. Meskipun bergaya Budha, Gunung Kalasaan adalah salah satu kuil yang didirikan dengan menggabungkan ritual kerajaan Buddha dan Hindu.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan ialah nama panggilan untuk kompleks candi yang terletak di Desa Bugisan, wilayah desa Plaosan, Kec. Fram Banan, Kav Klaten, Prov. Jawa Tengah atau lokasi tepatnya candi ini berjarak kurang lebih 1 km arah timur laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan.

Kehadiran banyak candi pelengkap dalam bentuk Stoupa di sekitar bagian atas Stoupa, Buddha dan kompleks candi menunjukkan bahwa candi tersebut adalah candi Budha.

3. Candi Sari

Candi Sari atau Kuil Bendah ialah candi Budha yang terletak tidak jauh dari candi Kayosan, Sambisari, dan Prambanan, lokasinya terletak di arah timur laut DI Yogyakarta dan tidak terlalu jauh dari Bandara internasional Adisucipto.

Bangunan ini dibangun kisaran abad ke delapan dan sembilan Masehi. Pada saat itu pemerintahannya Mataram kuno. Lalu, Di atap candi Sari ada 9 stupa ketika mereka terlihat seperti stupa candi Borobudur.

Bentuk dan relief pada patung-patung bangunan di dinding candi Sari cenderung terlihat mirip seperti relief candi Plaosan.

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari ialah candi bergaya Hindu Siwa yang lokasinya terletak di daerah Purwomartani, Kec. Carla Mountain Camp kurang lebih 12 km dari Sleman, Yogyakarta atau DI Yogyakarta dari arah timur ke Solo atau kurang lebih 4 km arah sebelum Candi Prambanan.

Kuil ini dibangun kisaran abad ke sembilan Masehi. Kepemimpinan Raja Rakai Garung atau masa pemerintahan kerajaan kuno Mataram.

5. Candi Prambanan

Kuil Roro Jonggrang, lebih dominan sebagai Candi Prambanan, adalah kompleks candi bergaya Hindu yang terbesar di Indonesia. Kompleks gereja dibangun kurang lebih abad ke sembilan Masehi.

Didirikan candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, dewa Hindu 3, yang memainkan peran masing – masing yang paling penting. Tiga dewa tersebut ialah Brahma (dewa penciptaan), Wisnu (dewa perlindungan) dan Siwa (dewa kehancuran).

F.A.Q

Puncak Kejayaan dari Kerajaan Medang?

Puncak kemasyhuran di kerajaan Madang terjadi pada abad ke delapan sampai abad ke sembilan. Pada saat itu, kerajaan Madang dikuasai sama Raja Balitung, yang memiliki daerah yang mengarah ke Basel (Jawa Tengah) dan di Malang (Jawa Timur).

Keruntuhan dari Kerajaan Medang disebabkan?

Kerajaan Medang hancur dikarenakan perang saudara besar – besaran yang terjadi pada saat itu Kerajaan Airlangga.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya