3+ Peninggalan Kerajaan Banjar (Lengkap)

Diposting pada

Peninggalan Kerajaan Banjar – Kerajaan gaya Islam, pertama kali didirikan di pulau Kalimantan, adalah kerajaan Banjar, yang memiliki keunikan yang unik.

Jauh sebelum penciptaan Kesultanan Banjar, Kerajaan Daha sudah menjadi kekuatan di daerah ini, yang kemudian menjadi wilayah Kesultanan Banjar.

Anda dapat benar-benar mengatakan bahwa Kerajaan Banjara telah menjadi penerus Kerajaan Daha, yang memiliki gaya India. Sultan Banjar terletak di pulau Kalimantan, atau lebih tepatnya, saat ini di provinsi. Di Kalimantan Selatan.

Sultan Banjar didirikan pada 1520 dengan gaya Islam Raden Samudra, meskipun raja pertama dan pendiri Kesultanan masih merupakan kerabat dekat Kerajaan Daha.

Kehidupan Kerajaan Banjar

Berikut ini adalah kehidupan masyarakat Kerajaan Banjir yang terlihat seperti ini:

1. Kehidupan Politik

Ketika kita melihat dari awal bahwa kerajaan ini didirikan, bahwa ada gangguan dari luar. Pada saat ini, kerajaan Demak membantu sandan-banjir menaklukkan takhta kerajaan dahi, asalkan raja dan orang-orang Banjan masuk Islam.

Ketika kerajaan Banjar benar-benar didirikan, pemerintahan saat ini di Kesultanan Banjar dan pemerintahannya mempengaruhi Jawa.

2. Kehidupan Ekonomi

Kehidupan banjoor secara luas dibagi menjadi tiga lapisan, dan lapisan-lapisan ini terlihat seperti piramida ketika Anda melukis. Pertarungan atas menampilkan dua cutaway, untuk akses lebih mudah ke fret yang lebih tinggi.

Sementara itu, bagian tengah penuh dengan pemimpin agama dan mereka yang peduli dengan sistem hukum kerajaan. Kemudian lapisan terakhir diisi dengan komunitas Kesultanan Banjir, yang terdiri dari pedagang, petani, nelayan, pengrajin dan lainnya.

3. Kehidupan Budaya

Suku-suku utama di kerajaan Banjarians terdiri dari tiga kelompok, yaitu: pemandian banjar batang, yang disebut suku Maya. Yang kedua adalah Banjar Maura, yang disebut suku Ngaju, dan yang terakhir adalah Banjar Hula, yang disebut suku Bukiti.

Suku Maya, Ngaju, dan Bukiti yang merupakan inti kerajaan ini kemudian bergabung dengan suku-suku Melayu, serta dengan peradaban Jawa, yaitu Budha Hindu, yang mengarah ke peradaban Tanungpur dan Daha.

Sistem Pemerintahan Kerajaan Banjar

Jembatan tertinggi dalam sistem pemerintahan Banjar Sandanath adalah Sultan, yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah kerajaan, kerajaan, serta politik dan agama.

Selain itu, Sultan dibantu oleh Putra Mahkota, lebih dikenal sebagai Sultan Muta, serta Mahkota, yang termasuk aristokrasi, serta Mangkubum.

Peninggalan Kerajaan Banjar

Berikut adalah beberapa peninggalan kerajaan Banjari, yang merupakan bukti sejarah keberadaan kesultanan ini, yaitu:

1. Candi Agung Amuntai

Bahkan, bangunan candi ini tidak dibangun pada masa pemerintahan Banjir, tetapi jauh sebelum fondasi kekaisaran. Kuil ini mungkin dibangun pada 740 dan terletak di Amujai, di wilayah kerajaan Banjari.

Meskipun candi ini tidak didirikan pada masa pemerintahan Banjar, ia masih memiliki banyak kesamaan dengan kerajaan Banjar, jika kita kembali ke sejarah Sultan Banjir.

2. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Surania, raja pertama, serta pendiri kerajaan Banjari, di wilayah Kvin utara, di Banjarasin utara, Banjarastin. Daerah ini dikenal sebagai Banjar Lama karena merupakan ibu kota Banjar Sandanat pertama.

Masjid, yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan, adalah masjid tertua, serta masjid pertama yang berdiri di selatan Kalimantan. Masjid, yang terletak di tepi Sungai Ratu, memiliki arsitektur banjo tradisional yang indah dan atapnya terpisah dari bangunan utama.

3. Makam Raja Kesultanan Banjar

Makam raja-raja yang pernah memerintah kerajaan ini di bawah monarki masih ada sampai sekarang, dan ini adalah bukti sejarah keberadaan kerajaan ini dan mempengaruhi penyebaran Islam di pulau Kalimantan Selatan.

Raja-raja yang dimakamkan di pemakaman ini adalah Sultan Surania, Raj Mord Bila, Raj Inayatulashvili dan banyak lainnya.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya

6+ Peninggalan Kerajaan Ternate (Lengkap)

8+ Peninggalan Kerajaan Hindu Terlengkap

6+ Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai (Lengkap)

8+ Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Terlengkap

5+ Peninggalan Kerajaan Pajang Lengkap