6+ Peninggalan Kerajaan Ternate (Lengkap)

Diposting pada

Peninggalan Kerajaan Ternate – ialah kerajaan yang menetap di Indonesia atau kepulauan, yang didirikan pada tahun 1257 atau SM. Ini bertepatan dengan salep raja Kesultanan pertama, yaitu Sultan Baab Mashur.

Pembentukan Kesultanan dimulai dengan perkembangan pesat kegiatan sosial ekonomi di wilayah Maluku. Kepemimpinan Margi atau Ternat Momole diciptakan oleh tindakan kerajaan, pedagang asing yang dilakukan oleh orang Arab, Cina, India, dan Malaysia.

Kehidupan ekonomi penduduk Ternat mungkin sangat makmur, karena sebagian besar penduduk berdagang dalam kehidupan. Nah, sekitar abad ke-13 Masehi. Ternat telah membentuk pasar yang cukup ramai.

Kehidupan Dari Kerajaan Ternate

Berikut ini adalah kehidupan di mana kerajaan Ternat hidup, yang meliputi:

1. Kehidupan Politik

Persaingan dengan kerajaan Tidor menyebabkan reformasi permanen kerajaan Ternat, serta penggunaan sistem politik yang lebih penting.

Setelah ini, perjanjian Zaragoza juga muncul selama perselisihan antara Spanyol dan Portugis. Kerajaan Tarnatus kemudian mengambil bagian dalam perjanjian dan menyerah kepada Portugis.

2. Kehidupan Ekonomi

Perdagangan adalah sistem kehidupan utama yang dielaborasi oleh rakyat Ternat. Laju perdagangan di Maluku sangat kuat, sehingga rempah-rempah yang diproduksi oleh Ternati dapat diekspor ke Eropa.

Jelas, dengan meningkatnya jumlah rempah di Ternat, ini tidak terlepas dari peran petani. Ya, tidak hanya pedagang tetapi juga penduduk Ternate mendapatkan penghasilan sebagai petani.

3. Kehidupan Budaya

Kehidupan budaya kerajaan Ternat sangat memengaruhi peran penakluk. Namun, budaya Melayu dan Melayu masih terkait erat dengan orang-orang dari kerajaan ini.

Tidak ada bukti bahwa budaya berkembang di kerajaan ini, tetapi hanya dalam bentuk bangunan bersejarah

Peninggalan Kerajaan Ternate

Peninggalan atau warisan sejarah Kerajaan Ternati, sebagai situs sejarah penciptaan kerajaan ini, adalah sebagai berikut:

1. Benteng Toluko (1540 Masehi)

Nama lain untuk Benteng Tolukko ialah Benteng Hollandia, dibangun pada 1540 oleh Francisco Serraro dan warisan Portugal.

Tujuan pembangunan gedung ini adalah untuk melindungi Kerajaan Ternat dari serangan Kerajaan Spanyol.

2. Benteng Oranje (1607 Masehi)

Jika Tolko Castle, didirikan oleh Francisco Serrao, ialah warisan dari Portugis. Ini, tentu saja, berbeda dari Fort Oranje, yang merupakan peninggalan bangsa Belanda.

Kastil ini dibangun pada 1607 atau lebih tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Mudafar.

3. Benteng Kalamata (1540 Masehi)

Ternyata bukan hanya Fort Tolko yang didirikan pada 1540. Namun, Kastil Kalamata juga didirikan pada 1540. Bahan yang digunakan untuk membangun kastil ini sangat sederhana, hanya terdiri dari batu sungai.

Bangunan Benteng Kalamata terletak di pantai, sehingga bangunan ini memiliki pemandangan yang sangat bagus.

4. Masjid Agung Ternate

Seperti di Masjid Agung setiap daerah, bentuk masjid yang tersisa dari Kerajaan Ternat adalah Masjid Agung, yang didirikan sebagai tempat ibadah. Masjid ini dibangun pada abad ke-24 atau lebih tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Hamza.

Ada empat kolom yang cukup kuat untuk menopang pembangunan masjid ini, sehingga bangunan masjidnya benar-benar besar dan berdiri kokoh.

5. Istana Sultan Ternate (ABAD KE-19)

Kesultanan Ternate ialah peninggalan dari kerajaan Ternat, yang digunakan oleh raja atau sultan pada masa pemerintahan Ternat.

Bangunan ini terletak di Kota Ternat, atau lebih tepatnya, di Soasiu. Huruf C terletak di kompleks Masjid Ternati. Istana Kesultanan Ternati berdiri di tempatnya sejak dipulihkan pada tahun 1978.

6. Makam Sultan Baabullah

Raja, yang memegang gelar Sultan dari 27 Kepulauan di pulau ini, dimakamkan di tempat khusus, sehingga sejauh ini banyak orang telah datang ke tempat ini untuk menerima ziarah. Lokasi makam terletak di lereng Gunung Galamalam.

Ada 2 jenis pohon yang tumbuh di makam Sultan Bauflat, yaitu kenari dan anyelir.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya

8+ Peninggalan Kerajaan Hindu Terlengkap

6+ Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai (Lengkap)

8+ Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Terlengkap

5+ Peninggalan Kerajaan Pajang Lengkap

Peninggalan Kerajaan Pajajaran Terlengkap