Tumbuhan Dikotil : Pengertian, Ciri, Struktur

Diposting pada

Tumbuhan Dikotil – Apa itu tanaman dikotil? Struktur apa yang ada di sana?

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas bersama bahan pada tanaman dikotil dan struktur terkait.

Pengertian Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil itu adalah tanaman berbunga yang memiliki dua potong biji. Benih tanaman dikotil dilindungi oleh daun buah / disebut karpel. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok dikotil dengan sepasang lembaga kotil / daun.

Pada daun lembaga yang dibentuk oleh fase benih dalam hal ini, sebagian besar anggotanya memiliki biji yang mudah dibagi menjadi dua bagian. Ini adalah pembeda utama antara tanaman dikotil dan monokotil.

Baca Juga Bagian Indra Pendengaran

Ciri Tumbuhan Dikotil

  • Bunga cenderung berwarna-warni.
  • Jumlah kelopak bunga dua, empat, lima, atau kelipatannya.
  • Ketika biji berkecambah, mereka dibagi menjadi dua bagian
  • Dalam sistem pivot dan juga lingkaran akar dapat diperbesar karena memiliki kambium dan tidak memiliki tutup akar.
  • Batangnya berkayu dan memiliki perubahan
  • Dalam struktur batang berdaun lebar, ia memiliki bundel vasculler.
  • Bejana penghubung terdiri dari xilem (bejana kayu) dan floem (bejana bejana)
  • Daunnya tidak lengkap dan hanya menyertakan batang, daun dan daun. Ada yang lajang dan beberapa senyawa. Dalam berbagai bentuk daun, tulang daun menyirip.
Ciri Tumbuhan Dikotil

Struktur Tumbuha Dikotil

Daun

Daun adalah bagian dari tanaman yang umumnya rata dan juga berbentuk hijau. Daunnya bermanfaat sebagai tempat memproduksi makanan bagi tanaman melalui fotosintesis. Di tanaman ini, penguat daun berbentuk seperti menyirip dan memiliki jaring tiang.

Stomata dalam daun bermanfaat sebagai organ penting untuk respirasi daun. Bentuknya mirip dengan lubang oval kecil yang dikelilingi oleh dua sel epidermis khusus yang disebut sel penutup dan juga hanya ada di daun hijau. Daun memiliki stomata di permukaannya dan juga memungkinkan tanaman untuk bertukar gas. Struktur daun meliputi:

Epidermis

Epidermis mengandung sel-sel pernapasan dan stomata. Epidermis daun juga dapat diubah menjadi trikoma yang berguna untuk melindungi dan juga memantulkan radiasi matahari.

Jaringan dasar

Di jaringan dasar terletak di antara dua epidermis, epidermis atas dan bawah. Mesofil adalah area utama tempat fotosintesis ditemukan.

Berkas pengangkut

Pada balok pengangkut, ia terletak di tulang daun dan memiliki tata letak yang mirip dengan batang. File ini adalah kombinasi dari xylem dan floem.

Batang

Batang adalah bagian dari tanaman yang terletak di permukaan tanah dan juga bertindak sebagai tempat untuk pertumbuhan daun dan sebagai sarana perjalanan untuk air, mineral dan makanan. Pada ujung batang dan juga daun disebut terminal tunas, sedangkan tunas aksila disebut tunas aksila.

Tanaman kayu umumnya memiliki batang yang keras, tebal dan bahkan panjang. Permukaan tangkai tua umumnya kasar dan ada lentisel di beberapa tempat. Lenticels berguna sebagai tempat masuk dan keluarnya gas di pabrik. Jaringan konstituen lelang Dikotil khususnya:

Baca Juga Pengertian Indra Peraba

Epidermis

Epidermis adalah jaringan batang terluar dan juga terdiri dari sel hidup dengan dinding sel tipis. Epidermis umumnya menutupi organ tanaman dikotil. Sel memiliki bentuk sinar, tipis, sempit dan tidak memiliki ruang di antara sel-sel.

Beberapa epidermis telah dimodifikasi menjadi sisik / bulu yang berguna untuk perlindungan agar tanaman tidak kehilangan terlalu banyak air dengan kitin hadir di batang.

Korteks

Lokasi korteks berada di antara lapisan endodermal. Ada dua sel di dalam korteks, yaitu kolenkim dan juga parenkim. Kolenkim berguna sebagai jaringan dasar, pengisian daya dan juga penyimpanan zat. Parenchyma berguna sebagai jaringan pendukung.

Endodermis

Endodermis terletak langsung di bawah lapisan epidermis. Penebalan dinding sel sub-tanaman dan juga dari lignin dalam bentuk band (band kaspari) dengan penampang berbentuk U.

Kambium

Kambium adalah pembeda tanaman dikotika dengan tanaman monokotil. Dalam bentuk xilem dan juga dalam bentuk floem. Tergantung pada lokasinya, ada dua jenis kambium, yaitu:

  • Perubahan vaskular adalah perubahan yang ditemukan antara berkas transport dan juga parenkim
  • Perubahan vaskular adalah perubahan yang terletak di antara dua ikatan transport.

Kegiatan pertukaran dapat menyebabkan pembentukan lingkaran tahunan (ring tahunan). Dalam lingkaran tahun ini, lapisan melingkar bergantian dalam bentuk garis dan juga berguna untuk memperkirakan usia pohon.

Floem

sel-sel yang membentuk floem termasuk sel-sel filter, komponen-komponen vena yang memperkenalkan filter sel, serat floem dan parenkim floem. Floem berguna sebagai pemasok nutrisi fotosintetik dari daun ke semua bagian tanaman. Floem itu ditemukan di kapal / di luar kambium.

Xylem

Dalam xilem, sel-sel penyusunnya mencakup unsur-unsur trakea, serat xilem dan parenkim xilem. Xilem berguna sebagai saluran air dan mineral dari akar ke daun dan ditemukan di pembuluh internal kapal / di dalam gearbox. Xilem tanaman berbunga memiliki dua jenis sel, yaitu tracheid dan juga elemen vaskular. Kedua jenis sel tersebut adalah sel mati.

Akar

Akar adalah organ tanaman yang ditemukan di tanah dan berguna untuk menyerap dan menyerang air dan mineral dari tanah, serta sebagai dasar agar tubuh tanaman menjadi lurus dan kuat. Akar berasal dari akar calon embrio. Struktur luar akar terdiri dari batang akar, cabang-cabang akar, bulu-bulu akar dan juga tutup akar.

Ujung root adalah titik pertumbuhan yang dilindungi oleh steker root (kaliptra) yang dibentuk oleh khalifah. Pada tanaman dikotil, batas antara ujung akar dan kaliptra tidak jelas.

Sistem akar dikotil disebabkan oleh fakta bahwa akar tunas mengalami pertumbuhan terus menerus, pangkal akar lebih besar dari ujung akar utama dan bahkan jika ditutupi dengan selotip, akar selalu memiliki cabang bahkan jika mereka tidak berserat. Secara anatomis, akar terdiri dari empat lapisan utama jaringan, yaitu:

  • Epidermis berfungsi sebagai penyerap air.
  • Kulitnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat-zat
  • Endoderm berfungsi untuk mengatur perdagangan zat-zat di dalam kapal akar.
  • Silinder pusat (prasasti), terdiri dari perisikel, xilem, dan floem.

Klasifikasi Macam Jenis Tumbuhan Dikotil

Sebagian besar sayuran dan buah-buahan yang kita makan berasal dari tanaman dikotil. Batangnya terbuat dari kayu keras, digunakan untuk bahan bangunan. Dan hampir semua tanaman pelindung juga dikotil. Dicotypes adalah jenis tanaman yang paling banyak, berikut adalah beberapa jenis dicoptera;

Baca Juga Organ Tubuh Manusia Bagian Dalam dan Penjelasannya

Jarak-jarakan / Euphorbiaceae

Contoh tanaman dikotil dari kelompok euphorbiaceae adalah jatropha, ubi jalar dan sejenisnya.

Jambu – jambuan atau Myrtaceae

Kita bisa makan berbagai jenis jambu dan dunnya yang bisa dijadikan obat. Selain jambu biji, blueberry adalah laurels yang daunnya digunakan sebagai penyedap makanan, jamblang, dll. yang dapat digunakan untuk makanan dan obat-obatan.

Terong-terongan / Solanaceae

Terong memiliki banyak keuntungan bagi kita, kentang misalnya di beberapa negara digunakan sebagai titik dasar. Ciri-cirinya adalah, bentuknya mirip dengan bintang, terompet / corong. Contoh dicotyledon dalam kelompok ini termasuk terong, tomat, kentang dan kecubung.

Polong-polongan / Leguminoceae

Contoh dicotyledon dalam kelompok ini termasuk kacang dan bahkan pisang.

Demikianlah artikel Tumbuhan Dikotil diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih