Strategi Membuat Dagangan Laris

Diposting pada

Strategi Membuat Dagangan Laris – Untuk teman-teman ruangbimbel.co.id yang ingin memasuki dunia bisnis, ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dipahami sebelum terjun ke dalam dunia bisnis.

sehingga penulis mengambil artikel ini untuk menambahkan informasi untuk Pengusaha yang ingin sukses dalam membuat dagangannya laris, berikut trik rahasianya dibawah ini :

  • Jual produk yang permintaannya tinggi
  • Harga harus bersaing
  • Kwalitas produk harus bagus
  • Lokasi usaha harus strategis
  • Rasa harus enak
  • Kemasan menarik
  • pelayanan harus prima

Penjelasan

Jual Produk Yang Permintaannya Tinggi

Untuk memulai bisnis, anda harus mencari ide terlebih dahulu. Ide adalah bagian terpenting dalam membangun sebuah bisnis. Carilah produk yang banyak dibutuhkan orang yang sifatnya digunakan secara terus menerus.

Harga

Salah satu cara menarik konsumen untuk berbelanja di tempat Anda adalah harga. Strategi harga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Istilah murah yang menjadi buruan konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan konsumen.

Tetapi Anda harus ingat harga murah bukan berarti kwalitas produk yang kita tawarkan rendah. Untuk mendapatkan harga yang rendah maka Anda harus pintar dalam pemotongan jalur distribusi. Usahakan untuk membeli barang langsung ke produsen atau ke distributor tangan pertama.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan harga yang bisa diterima oleh pasar. Namun perlu diketahui bahwa Anda wajib memperbarui harga jual secara rutin dengan mempertimbangkan perubahan situasi dan kondisi pasar dan juga industri. Hindari penetapan harga yang dilakukan secara bebas dengan tidak mempertimbangkan harga rata-rata dan pasar.

Strategi Membuat Dagangan Laris

Kwalitas Produk

Bila seseorang membeli sebuah produk biasanya konsumen menginginkan manfaat yang bisa diperoleh dari produk yang mereka beli. Manfaat produk merupakan konsekuensi yang diharapkan oleh calon konsumen ketika mereka memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Jadi kualitas produk adalah hal yang sangat penting didalam memilih produk oleh konsumen. Oleh sebab itu, produk yang ditawarkan kepada mereka haruslah produk yang teruji dengan baik terkait dengan kualitasnya.

Hal ini disebabkan konsumen sangat mengutamakan kualitas dari produk itu sendiri. Konsumen lebih menyukai dan memiliki suatu produk berkualitas dibandingkan dengan produk lain yang sejenis yang tidak berkualitas

Jadi dalam membuat produk atau menjual jasa kwalitas harus menjadi perhatian penting bagi pembisnis.

Lokasi/Tempat

Pemilihan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda adalah harus memperhatikan beberapa aspek, karena lokasi menjadi salah satu aspek penentu untuk keberhasilan bisnis Anda.

Sebelum memulai usaha sebaiknya seorang pembisnis harus memikirkan bakal TEMPAT usahanya yang akan digunakan. Faktor pemilihan lokasi menjadi komponen utama yang penting agar usaha yang dijalankan juga dapat bersaing secara efektif.

maka perlu adanya lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha.

Para pembisnis selalu memiliki pertimbangan yang matang mengenai lokasi sebelum membuka usahanya. Tidak menutup kemungkinan bahkan usaha jasa pun juga harus memiliki lokasi yang dekat dengan para pelanggan dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan agar hubungan dengan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

Lokasi bisnis yang tepat diharapkan dapat memenuhi harapan pembisnis untuk menarik konsumen dalam rangka mendapatkan banyak konsumen yang akhirnya mendapat keuntungan yang maksimal dan sebaliknya.

apabila terdapat kesalahan dalam pemilihan lokasi akan menghambat kinerja bisnis dan secara otomatis keuntungan maksimal tidak akan dapat dirasakan oleh pembisnis tersebut.

Maka, pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar serta ketersediaan infrastruktur yang memadai merupakan sebuah strategi yang juga dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk/jasa yang diinginkannya.

Keputusan penentuan lokasi biasanya juga tergantung pada jenis bisnis apa yang akan dijua oleh para pembisnis tersebut. Misalnya saja untuk pembisnis yang memilih lokasinya dekat dengan lokasi industri memiliki strategi untuk meminimalkan biaya operasional perusahaan.

sedangkan untuk lokasi dekat dengan gudang para pengusaha memikirkan agar biaya operasional dapat ditekan dan kecepatan pengiriman dapat dimaksimalkan. Di balik penentuan ini terdapat strategi penentuan lokasi yang harus diketahui oleh pemilik usaha dalam rangka memaksimalkan keuntungan pada lokasi mereka di kedepannya.  Berbeda jenis perusahaannya maka akan berbeda pula faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi.

Sebagai contoh sebuah usaha kuliner yang memilih lokasi dekat dengan pasar, transportasi terjamin, akses jalan mudah sehingga konsumen tidak kesulitan untuk menjangkau tempat kuliner tersebut.

Lain halnya dengan perusahaan  yang memproduksi sepatu lebih mempertimbangkan lokasi dekat dengan tenaga kerja untuk mendapatkan karyawan sekitar yang banyak dan meminimumkan biaya transportasi karyawan serta memaksimalkan jaringan para sub player.

Strategi Pemilihan Lokasi :

  • Tingkat kepadatan penduduk di sekitar lokasi usaha.
  • Tingkat perekonomian masyarakat di sekitar lokasi usaha.
  • Tingkat kepadatan lalu lintas disekitar lokasi usaha.
  • Banyaknya jenis usaha yang mendukung disekitar lokasi usaha.
  • Kesesuaian kemampuan untuk menyewa atau membeli lokasi usaha tersebut.
  • Pilih tingkat persaingan yang rendah disekitar lokasi.
  • Perhatikan akses menuju ketempat usaha.
  • Perhatikan kebersihan disekitar lokasi usaha.
  • Perhatikan keamanan disekitar hasil usaha.

Rasa

Banyak penjual makanan yang berdiri sejak puluhan tahun silam. Dari penjaja pempek, gudeg, kue-kue tradisional, toko roti, soto hingga sate yang terkenal kelezatannya. Bahkan karna terkenalnya rasa enak menjadikan bisnis mereka berkembang hingga sampai sampai keseluruh tanah air bahkan dunia dengan cara  membuka  franchise.

Kemasan Produk

Persaingan bisnis yang semakin gencar membuat para pelaku bisnis harus benar – benar pintar dan jeli mencari jalan agar produk yang dipasarkan terus dicari konsumen. Selain mutu produk, kemasan atau packaging juga memiliki andil untuk menarik minat konsumen.

Jika kita amati perilaku konsumen saat berbelanja secara online yang menjadi daya tarik mereka pertam kali adalah penampilan dari produk itu sendiri. Ada konsumen yang hanya mengandalkan logo atau kemasan untuk mendapatkan produk yang dicarinya.

Kemasan menjadi salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila sebuah kemasan produk terlihat menarik dan memiliki karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat produk tersebut.

Karena itu dalam mendesain sebuah kemasan, hendaklah dibuat dengan bentuk, warna, dan tulisan yang menarik dan unik sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya. Kemasan yang unik akan mencuri perhatian konsumen untuk memperhatikan produk anda dan kemudian akan mempertimbangkannya untuk membelinya. Bisa saja terjadi, seorang konsumen pada awalnya tidak tahu produk anda, tapi karena produk anda memiliki kemasan yang menarik maka ia menjadi tertarik dan membelinya.

Pada dasarnya desain kemasan mempengaruhi pandangan konsumen. Karena itu pengaruh bentuk, warna, bahan, desain kemasan dapat mempengaruhi konsumen.

Sebaiknya anda mencari tenaga yang berpengalaman dalam hal mendesain kemasan produk yang menarik dan tetap menonjolkan ciri khas produk anda.

Perilaku konsumen yang semakin kritis terhadap kemasan produk, terlebih untuk kemasan produk makanan harus mendapat perhatian khusus. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan, mudah dibawa, serta aman dan tidak menimbulkan kontaminasi pada makanan, serta memberikan informasi produk yang memadai akan menjadi pilihan konsumen.

Selain faktor-faktor tersebut anda juga harus memperhatikan apa yang menjadi tren di masyarakat. Kemasan yang tidak up-to-date akan memberikan kesan produk anda ketinggalan jaman, kecuali jika memang produk anda sudah dikenal luas dan memiliki brand awareness yang kuat.

Kemasan yang bagus tentu akan mempengaruhi harga produk. Untuk itu anda harus memiliki strategi untuk menyiasatinya. Namun bagi sebagian konsumen yang sangat mengutamakan mutu, harga tidaklah masalah jika memang produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas.

Pelayanan

Strategi Membuat Dagangan Laris – Adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh pembisnis guna memenuhi harapan konsumen. Pelayanan dalam hal ini diartikan sebagai jasa atau service yang disampaikan oleh pemilik jasa yang berupa kemudahan, kecepatan, hubungan, kemampuan dan keramah tamahan yang ditujukan melalui sikap dan sifat dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumen.

Kualitas pelayanan  dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi para konsumen atas pelayanan yang nyata-nyata mereka terima / peroleh dengan pelayanan yang sesungguhnya mereka harapkan/inginkan terhadap atribut-atribut pelayanan suatu uasaha.

Hubungan antara produsen dan konsumen menjangkau jauh melebihi dari waktu pembelian ke pelayanan purna jual, kekal abadi melampaui masa kepemilikan produk.

Anda sebagai pelaku bisnis harus  menganggap konsumen sebagai raja yang harus dilayani dengan baik, mengingat dari konsumen tersebut akan memberikan keuntungan kepada pemilik bisnis agar usahanya dapat terus hidup.

Demikianlah artikel Strategi Membuat Dagangan Laris  diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar dari Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha yang lainnya