Kiat Sukses Bisnis Makanan Kaki Lima

Diposting pada

Cara Sukses Berdagang Makanan Kaki Lima – Pertumbuhan gross domestic produk sub sektor usaha makanan berkisar 5% per tahun, Pola makan masyarakat kota yang gemar makan di luar dan jumlah penduduk Indonesia yang besar merupakan daya tarik atau peluang yang mendorong pelaku usaha melakukan investasi atau diversifikasi bisnis usaha makanan.

Kebersihan usaha di bidang jasa makanan dan minuman ini sangat ditentukan oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha makanan, namun, secara umum faktor yang paling mendasar yaitu kualitas cita rasa yang sesuai dengan selera masyarakat dan pemilihan lokasi yang tepat.

makanan dengan rasa enak, itunya faktor kenyamanan tempat serta keresikan penyajian sangat mendukung kelangsungan usaha karena pelanggan akan betah dan kembali datang menikmati menu yang dihidangkan.

Untuk membuka usaha makanan Anda harus memperhatikan Kemampuan modal yang anda miliki. untuk pelaku usaha baru bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil dulu, misalnya nya membuka bisnis makanan yang menggunakan gerobak, lesehan dan yang lagi marak sekarang dilakukan adalah bisnis online.

Langkah – Langkah Jitu

Berikut ini langkah-langkah jitu yang bisa anda lakukan dalam membuka usaha makanan ala kaki lima :

Mengatasi Sikap Negatif Terhadap Usaha Makanan Ala Kaki Lima.

Usaha kaki lima sering dianggap remeh padahal tidak sedikit pengusaha sukses di bidang makanan memulainya dari kaki lima.

Untuk Memulai Usaha Tidak Perlu Menunggu Uang Banyak Dahulu.

Karena usaha kuliner bisa dimulai dengan modal yang pas-pasan yang terpenting adalah kemauan dan keuletan. Orang yang memandang pesimis dengan usaha ala kaki lima mereka menganggap usaha ala kaki lima sulit berhasil apalagi jika banyak saingan.

Namun pada kenyataannya banyak pengusaha yang berhasil di bidang usaha kuliner ala kaki lima mulai dari punya satu tempat sampai berkembang menjadi beberapa tempat dengan istilah membuka cabang usaha dimana-mana.

Berpikir Sederhana

Kunci keberhasilan pengusaha ala kaki lima ternyata berpikir sederhana dengan diikuti oleh kearifan mulai dari langkah yang terencana cepat tepat dan fleksibel, fleksibel artinya melakukan improvisasi dan manuver untuk mengembangkan usaha dengan mencari terobosan-terobosan baru di bidang pemasaran maupun produk makanan yang ditekuninya.

Lokasi Tempat Usaha

Untuk menentukan lokasi usaha kaki lima anda harus memperhatikan beberapa hal; seperti tingkat intensitas lalu lalang calon konsumen, suasana lingkungan disekitarnya harus nyaman

Nyaman dalam arti bukan tempatnya mewah, tapi nyaman yang dimaksud seperti tidak dekat dengan saluran air kotor, tempat pembuangan sampah dll.

Tampilan Tempat

Buatlah tampilan tempat yang menarik, mulai dari bentuk tenda, gerobak, tempat masak dll

Tampilan Produk

Tampilan produk harus dibuat semenarik mungkin, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen dalam menentukan tempat buat mereka.

Gunakan semboyan “tempat kaki lima tampilan bintang lima”

Kebersihan

Kebersihan adalah bagian yang paling penting dalam kita menjalankan usaha dibidang makanan. Mulai dari makanan itu sendiri, peralatan yang digunakan seperti piring, gelas sendok, garpu, tempat penyajian. Gunakan peralatan yang menarik dan cantik dan sesuaikan dengan fungsi dari peralatan tersebut (seperti tempat sambal, tempat sayur, tempat nasi dll)

Cita Rasa

Rasa adalah faktor terpenting dalam usaha makanan, buatlah makanan yang memiliki cita rasa yang enak/lezat dengan menggunakan bahan bahan yang berkualitas.

Penggunaan Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan harus yang memenuhi syarat kesehatan.

Harga

Harga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih tempat untuk mereka berbelanja. Strategi harga harus disesuaikan dengan kemampuan daya beli calon konsumen.

Pelayanan/Service

Pelayanan harus prima, senyum, salam, sapa adalah wajib bagi kita yang akan menjalan usaha terutama di bidang makanan, buatlah konsumen terkesan dengan pelayanan yang kita berikan, kana itu akan membuat nyaman konsumen.

Contoh  Usaha Kaki Lima : Warung Tenda

Strategi Yang Perlu Dijalankan  Bisnis Warung Tenda

  1. Jual makanan dan minuman yang disukai masyarakat yang ada disekitar lokasi
  2. Tetapkan harga yang masuk akal
  3. Anda harus memperhatikan tingkat ekonomi masyarakat yang ada disekitar.

Tingkatkan Kualitas

Hal yang sangat penting yang harus diperhatikan adalah kualitas bahan makanan, peralatan dan kebersihan tenda harus terjamin, karena konsumen tidak akan merasa nyaman makan ditempat yang kotor, atau peralatan masak dan makan yang kotor. Meskipun anda menawarkan harga makanan relative murah, tetapi anda juga harus menghargai masyarakat yang berperan sebagai konsumen.

Perhitungkan Jumlah Yang Dimasak Per Harinya.

Pasa saat anda menjalankan bisnis makanan warung tenda anda harus memperhitungkan jumlah berapa banyak makan dan minuman yang akan dijual perharinya. Hal ini dapat dilakukan untuk menghitung anggaran belanja bahan mentah per harinya, jangan sampai banyak bahan makanan dan minuman yang tidak terjua karna sudah tidak layak dikonsumsi untuk dijual esok harinya. Tidak mungkin anda memaksakan diri menjual sesuatu yang sudah tidak layak untuk dijual, karn dapat membahayak kesehatan pelanggan.

Kesan Pertama Yang Menarik

Cara Sukses Berdagang Makanan Kaki Lima, Harus kita akui bahwa kesan pertama yang dilihat calon consumen untuk memutuskan makan ditempat tersebut. Oleh karena itu kesan pertama harus dibuat semarik mungkin terhadap warung tenda anda. Sehingga masyarakat yakin bahwa makanan yang dijual di warung tenda anda sangatlah higienis.

Kepuasan Pelanggan Adalah Perioritas Utama.

Usahakan untuk membuat pelanggan yang datang ke warung tenda merasa puas dengan sajian dan pelayan yang diberikan

Hitung Untung Dan Rugi Dengan Tepat.

Jangan lupa untuk tetap memantau keuangan warung tenda setiap harinya. Buatlah catatan yang berisi rincian pemasukan dan pengeluaran yang anda lakukan perperiodenya. Hal ini dapat digunakan sebagai cerminan penjualan anda perperiodenya, sehingga periode kedepannya bisa mengolahnya dengan lebih bijaksana lagi.

Lokasi usaha yang baik ialah yang ramai pengunjung, cukup tempat parkir, serta lingkunagnnya bersih

Untuk yang pakai gerobak yang harus diperhatikan  :

  • Bentuk gerobak harus menarik
  • Kebersihan gerobak harus terjaga
  • Pilih tempat yang dilintasi ramai

Mengatasi Persoalan Modal Usaha

Banyak orang yang ingin  ingin dan tahu cara memulai usaha, tetapi tidak punya modal untuk mewujudkan cita-citanya. sebaliknya, ada orang yang punya uang tetapi tidak punya keahlian maupun kemampuan untuk mengembangkan usaha. jika jika kedua bertemu  masalahnya akan selesai. jadi,  Modal usaha tidak akan  lagi menjadi kendala untuk mewujudkan cita-cita membuka usaha

Selain itu modal usaha bisa dipinjam dari keluarga uang pesangon simpanan di Bank atau melakukan pinjaman lunak pada berbagai lembaga perbankan maupun koperasi usaha.

Banyak masyarakat yang belum tahu bahwa setiap Kelurahan menyediakan pinjaman yang disebut pinjaman PNPM untuk pengusaha kecil. dana yang disediakan pemerintah pusat untuk membantu rakyat yang akan membuka dan mengembangkan usaha kecil dan menengah.

selain melalui PNPM Kelurahan modal usaha juga bisa diperoleh melalui LSM BUMN pemerintah yang menyediakan kredit modal ventura, dana UMKM koperasi simpan pinjam yang dikelola swasta maupun pemerintah, dan melalui perbankan yang menyediakan kredit usaha untuk UKM, seperti BRI, Bank Mandiri, Bukopin dan lain-lain, yang paling populer yaitu melalui kredit usaha rumah tangga Krista yang di kelola Pegadaian.

Demikianlah artikel Cara Sukses Berdagang Makanan Kaki Lima diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dn menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Post Sebelumnya