Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha

Diposting pada

Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha – Untuk sahabat ruangbimbel.co.id  yang ingin memasuki dunia bisnis ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami sebelum terjun kedunia bisnis, untuk itu penulis mengangkat artikel ini untuk manambah wawasan buat calon calon pembisnis yang ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Berikut ini kunci rahasianya, yaitu :

  • Kerja Keras
  • Prihatin
  • Hemat
  • Disiplin
  • Logis
  • Berani
  • Tidak sombong

Daftar Isi

Kerja Keras

Pembuktian bahwa Kerja Keras dan Pantang Menyerah bisa melebihi kepinteran, ketika seseorang bisa mencapai kesuksesan maka orang akan mengatakan bahwa itu adalah hasil dari kerja keras.

tidak ada yang mengatakan bahwa seseorang itu sukses karena nilai akademik yang tinggi atau karena lulusan universitas luar negri atau lulusan universitas terkenal di Indonesia atau Lulusan universitas termahal. Jawaban yang benar adalah karna kerja keras seseorang bisa meraih kesuksesannya.

Baca Juga Kiat Sukses Bisnis Makanan Kaki Lima

Mereka berpikir bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang dimiliki berasal dari kemampuan yang dibawa dari lahir dan membuat orang tersebut berbeda.

Ketika ada pertanyaan bagaimana caranya supaya kita bisa sukses dalam menjalan sebuah usaha atau busnis?

Kita tidak akan pernah menemukan jawaban bahwa untuk sukses anda harus sekolah ditempat tertentu atau kuliah ditempat yang bagus dan mahal atau kuliahnya harus di negeri.

Jawaban yang akan kita temukan pasti anda harus kerja keras.

Untuk mengetahui dan memotivasi supaya anda semangat untuk bekerja keras anda bisa membaca buku buku profile pengusaha pengusaha sukses.

Prihatin

Hidup prihatin itu berusaha mendapatkan sesuatu dengan kerja keras, menempatkan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai manfaatnya.

Hidup prihatin bukan berarti setiap hari harus makan nasi tempe aja, atau tidak pernah ganti baju sama sekali sampai bajunya tidak layak pakai lagi. Prihatin itu harus dilalui sebagai proses pemb elajaran pembelajaran hidup  kita semua yang seharusnya dilalui sebagai tantangan seseorang dalam menggapai keberhasilan cita cita.

Seringkali  orang orang mengartikan hidup prihatin disama artikan dengan hidup memprihatinkan. Padahal, diantara keduanya sangatlah berbeda. Hidup prihatin semestinya dianjurkan, sedangkan hidup memprihatinkan siapapun harus menghindari.

Dalam menjalan sebuah bisnis kita harus membiasakan diri untuk belajar hidup sederhana, hidup apa adanya, tidak berlebih lebihan. Tidak memaksakan diri. Hidup Prihatin itu diniatkan dengan tujuan yang baik, berbeda dengan “memprihatinkan” Yang cenderung mengarah pada kondisi baik yang disengaja atau tidak disengaja untuk menarik simpati orang lain.

Hemat

Menjalankan gaya hidup hemat adalah kelebihan tersendiri yang bisa Anda jadikan sebagai hal positif dalam mengelola keuangan. Dengan menjalankan gaya hidup hemat, maka Anda dengan mudah dapat menerapkan berbagai macam kebijakan dalam mengatur pengeluaran secara bijak.

Menerapkan gaya hidup hemat dan menjadikannya kebiasaan itu akan membantu keuangan Anda tetap tertata dan digunakan efektif.

Cara Belajar Hidup Hemat

Tentukan Prioritas

Saat Anda ingin melakukan pengeluaran pastikan terlebih dahulu prioritas yang akan dibeli. Jangan membeli barang atau sesuatu hal yang sifatnya tidak perlu. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanya untuk kepuasan sementara.

Pengeluaran dan Pendapatan

Pengeluaran harus lebih kecil dari pendapatan. Ini hal yang harus selalu Anda ingat. Jika pengeluaran melebihi dari pendapatan, maka jelas Anda tidak dapat menghamburkan uang demi sekedar kesenangan semata.

Usahakan juga untuk tidak berhutang, karena saat berhutang keuangan kamu akan sangat berpengaruh. Dari sisi lain juga berhutang dapat menimbulkan perasaan yang tidak tenang dan membuat keuangan bulanan kamu lebih tidak dapat teratur.

Bijak dalam Belanja

tentu kamu akan lebih nyaman berbelanja di tempat yang relatif lebih sejuk seperti di supermarket. Berbelanja di supermarket juga lebih mudah. Padahal semua itu sebanding dengan harga yang mereka berikan.

Karena tentu di supermarket harga barang lebih mahal dibandingkan kamu membeli barang di pasar atau di pinggir jalan.

Mereka mematok harga lebih tinggi karena secara tidak langsung mereka juga menjual jasa, selain itu juga terdapat pajak diluar dari harga yang tertera jadi sudah pasti harganya jauh lebih tinggi dibandingkan di pasar.

Jangan Meremehkan Uang Receh

Banyak orang suka meremehkan uang receh (koin) tidak berarti bagi sebagian orang, padahal tanpa kita sadari uang receh bila dikumpulkan bisa menjadi sesuatu yang lebih berharga.

Jadi mulai sekarang buang  kebiasaan untuk meremehkan uang receh yang Anda terima sebagai kembalian belanjaan Anda. Ada baiknya Anda kumpulkan dalam satu tempat, lalu saat sudah banyak dapat Anda tukarkan untuk menjadi uang kertas sehingga menjadi berharga.

Menabung

Pendapatan bukanlah suatu ukuran kekayaan, melainkan bagaimana cara mengatur pendapatan tersebutlah yang dapat berimbas kepada keuangannya. Oleh karena itu, pola hidup dengan menabung adalah sesuatu yang perlu Anda terapkan dalam hidup.

Menabung ini bisa dimulai dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan. Hasil dari menabung ini dapat Anda gunakan sewaktu-waktu apabila ada hal yang sifatnya mendadak.

Disiplin

Disiplin bertujuan untuk melatih ketaatan dan kepatuhan dengan jalan melatih cara-cara perilaku yang benar dan beraturan, akan tetapi tujuan kedisiplinan yang sebenarnya adalah untuk ketetapannya kemauan dan kegiatan yang berorientasi pada masyarakat yang menjamin keterpakaiannya.

serta dapat dipercayai dalam lingkungan hidup. Sikap disiplin yang telah tertanam dengan baik pada diri seseorang dapat menimbulkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya dalam segala hal.

Disiplin sendiri bukanlah hal yang dibawa sejak awal, tetapi disiplin adalah hal yang dipengaruhi oleh waktu, keinginan pribadi, ataupun pendidikan.

Salah satu cara untuk menjadikan diri anda sukses antara lain adalah menjadi orang yang disiplin. Disiplin bukan berarti menjalani kehidupan dengan membatasi kegiatan sehari – hari.

Atau juga bukan menyerah dengan apa yang Anda Jalani, atau meniadikan kesenangan ataupun kehidupan yang santai. Disiplin berarti belajar agar anda bisa memfokuskan pikiran dan energi untuk mencapai suatu tujuan.

Disiplin akan membuat tujuan atau keberhasilan Anda menjadi semakin memungkinkan dan akan membuat hidup anda terstruktur dan menjadi lebih bahagia.

Logis

Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha, jadi Berpikir secara logis adalah suatu proses berpikir dengan menggunakan logika, rasional dan masuk akal.

Berani

Untuk memulai usaha pastinya akan banyak tantangan yang dihadapi, maka dari itu seorang pembisnis harus bisa dan berani menghadapi segala resiko yang akan dihadapi dan berani dalam megambil keputusan untuk membuat usahanya maju dan berkembang.

Untuk memumai bisnis maka Anda harus pintar untuk membaca atau mencari peluang bisnis, dan hal yang perlu diperhatikan yaitu menghilangkan keragu raguan untuk memulai bisnis. Kebanyakan  orang ragu untuk membuka bisnis, walaupun sudah memiliki banyak ide-ide.

Untuk seorang wirausaha harus memiliki Banyak ide, tetapi ketika ide tersebut tidak dieksekusi karena rasa takut untuk menghadapi risiko kegagalan, maka dibutuhkan keberanian untuk memulai.

Dalam dunia bisnis, untung dan rugi menjadi hal yang biasa terjadi. Kebanyakan calon wirausaha takut untuk mengalami kerugian. Sebetulnya kerugian itu tidak perlu Anda takuti.

ketika Anda mengalami kerugian Anda bisa mengevaluasi sebab dari kerugian atau kegagalan yang Anda alami sehingga kedepannya Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Jangan Sombong

Pada saat bisnis Anda sudah mencapai puncak, sisi negatif manusia biasanya bersiap untuk keluar. Kesombongan, angkuh, dan egois tidak bisa dihindari, kebanyakan dari seorang pembisnis yang sudah sukses.

mulai mberubah dan memposisikan diri sebagai orang yang sukses dan lupa akan sejarah masa lalunya, merubah atau memilih pergaulan bahkan melupakan orang orang yang sudah mendukungnya sampai menjadi sukses.

Mereka melupakan bahwa tanpa dukungan dari orang lain, tidak mungkin usaha atau bisnis dapat berkembang dan meraih kesuksesan. Campur tangan orang disekitarnya adalah hal yang tak bisa ditolak dalam berbisnis.

Sedikit atau banyak dukungan dan bantuan orang lain pasti menjadi teman dalam perjalanan bisnis yang Anda jalankan dan yang paling terpenting hargai hasil kerja dari setiap karyawan yang sudah bekerja sekuat tenaga membantu Anda dalam menjalankan pesnis.

Ingat karyawan adalah asset yang paling berharga dalam bisnis Anda. Tanpa karyawan bisnis Anda tidak akan berjalan. Karyawan itu mempunyai kekuatan dan kemampuan untuk menghancurkan bisnis Anda.

Sangat tidak baik menjadi seorang yang egois, apalagi ketika kita masih dalam tahapan membangun bisnis. Baru mendapatkan sukses kecil saja, sudah merasa paling hebat didunia. Untuk seorang wirausaha atau pembisnis jauhi sifat seperti itu segera dikikis habis.

Seorang pembisnis yang sukses bukan dinilai dari seberapa besar usahanya atau seberapa banyak orang menggunakan produk atau jasanya. Lebih dari itu, pembisnis yang sukses adalah pembisnis yang mampu menolong  dan bisa bermanfaat untuk banyak orang, dan mampu menciptakan orang orang  yang sukses juga.

Jadi, sudah selayaknya membuang jauh jauh sifat sombong jika bisnis Anda akan langgeng.

Demikianlah artikel Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar dari Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha yang lainnya