Negara Berkembang Maju Beserta Tahapannya

Diposting pada

Tahap Perkembangan Suatu  Negara

Negara Berkembang Maju – Negara merupakan organisasi terpenting dan utama kehidupan manusia. Negara adalah oranisasi kesatuan ikatan masyarakat yang memiliki kekuasaan yang dibentuk oleh suatu bangsa tertentu dengan tujuan mencapai cita – cita dan kepentingan bersama.

Negara Berkembang Maju – Negara dapat terbentuk apabila memenuhi unsure – unsure berdirinya suatu Negara. Menurut  konvensi Montevideo tahun 1933, unsure –unsur yang harus dimiliki  suatu Negara, yaitu ada daerah (wilayah) tertentu, ada rakyat sebagai masyarakat yang tetap, ada  pemerintah yang berdaulat, dan adanya pengakuan dari dunia internasional.

Negara Berkembang Maju

Untuk  membentuk suatu Negara dikatakan sebagai Negara berkembang atau Negara maju, dapat di lihat dari pertumbuhan ekonomi dan hasil pembangunannya, Yang dimaksud dengan pembangunan adalah  proses perubahan suatu keadaan ke keadaan lain yang lebih baik dari pada sebelumnya. Pembangunan selalu bertujuan untuk meningkatkan  kesejahteraan umat Mengarah pada kehidupan yang lebih baik.

Pembangunan yang dilakukan  suatu Negara akan melalui proses tahapan –tahapan tertentu. Menurut Walt Whitman Rostow, ekonomi Amerika Serikat, Perkembangan suatu Negara akan melalui tahapan – tahapan berikut ini:

Tahap  Masyarakat Tradisional (The Traditional Society)

Ciri – cirri yang ada pada masyarakat tradisional di antaranya sebagai berikut:

  1. Masyarakat umumnya belum produktif
  2. Cara berproduksi dalam perekonomian masih tradisional (primitif)
  3. Sistem kerja yang ada bersifat turun – temurun.
  4. Sistem ekonomi belum berorientasi pasar.
  5. Mata pencarian masih mengarah ke sector pertania

Tahap Prakondisi Lepas Landas (The Precondition for Take Off)

Ciri – cirri yang ada pada Masyarakat dalam tahap prakondisi lepas landas, di antaranya sebagai berikut :

  1. Masyarakat sedang menuju kepada perubahan di segala bidang.
  2. Mulai mmenabung di engenal teknologi untuk lebih produktif.
  3. Mulai gemar menabung di lembaga keuangan.
  4. Kegiatan ekonomi mulai bergerak kea rah kemajuan.

Tahap Lepas Landas (Take Off)

Ciri –ciri yang ada pada masyarakat dalam tahap lepas landas, antaranya sebagai berikut :

  1. Usaha produksi yang sedang dilakukan terus berkembang
  2. Pertumbuhan ekonomi yang ada semangkin mantap
  3. Kegiatan industry mendominasi pertumbuhan ekonomi
  4. Pendapatan per kapita terus meningkat.

Tahap Gerak Menuju  Kematangan (The Drive For Maturenity)

Ciri –ciri yang ada pada masyarakat dalam tahap  gerak menuju kematangan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pertumbuhan ekonomi berlangsung secara terus – menerus.
  2. Penggunaan teknologi pada masyarakat semakin tinggi.
  3. Strutur ekonomi semangkin mantaf
  4. Industri modern semakin banyak tumbuh dan berkembang.

Tahap Konsumsi Massa Tinggi (The Age of Mass Consumption)

Negara Berkembang Maju – Pada tahap ini, keadaan masyarakat yang ada dapat dilihat dari daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok yang sudah tinggi, termasuk barang – barang yang bersifat sekunder dan tersier.

Negara – Negara di dunia mengalami kemunculan, perubahan, dan perkembangan yang berbeda. Pada saat ini, setiap Negara di dunia berusaha memajukan dan mengembangkan negaranya masing – masing. Akan tetapi, tidak semua Negara dapat mewujudkan harapan untuk mencapai kemakmuran memunculkan kategori Negara berkembang dan Negara maju.

Perhatikan kedua gambar berikut, Berikan deskripsi singkat tentang kedua kegiatan ekonomi tersebut Mengapa umumnya kegiatan ekonomi Negara –negara berkembang menitiberatkan pada sector pertanian, sedangkan Negara maju pada sector industry?

Pada era global saat ini, setiap Negara berusaha memajukan negerinya melalui kegiatan pembangunan suatu Negara banyak dipotong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Akan tetapi, tingginya penguasaan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dan teknologi jika tidak didukung oleh sumber daya alam yang memadai kendala, menyebabkan pembangunan mengalami berbagai kendala. Oleh karena itu, keberhasilan pembangunan oleh factor – faktor – factor berikut ini :

  1. Ilmu Pengetahuan
  2. Teknologi
  3. Sumber daya   alam (SDM).

Apabila ketiga factor yang mendukung dan  menjamin kesinambungan pembangunan tersebut dikelola oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi dan hasil pembangunan akan dirasakan secara merata oleh masyarakat. Negara – Negara yang Masyarakat telah mampu menguasai ilmu  pengetahuan dan teknologi tinggi, pada umumnya kegiatan ekonominya banyak bergerak pada sector industry dan jasa. Kondisi seperti  ini terjadi pada Negara – Negara  maju.

Sebaliknyaa, jika sumber daya manusia yang ada ternyata tidak  mampu menggali dan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia secara optimal, maka kesejahteraan masyarakat sulit dicapai . Rendahnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelola sumber daya alam menjadi masalah bagi Negara – Negara berkembang. Basis perekonomian umumnya masih mengandalkan pada bidang pertanian.

Salah satu contoh Negara berkembang adalah Negara Indonesia. Kondisi Indonesia saat di pandang sebagai cirri kondisi Negara – Negara berkembang. Lantas, apakah sebenarnya pengertian Negara berkembang.

Negara berkembang ialah Negara –negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi relative lambat sehingga sedang giat giat nya melaksanakan pembanguanan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih