Negara Maju : Pengertian, Ciri, Wilayah, Contohnya

Diposting pada

Pengertian Negara Maju – Salah satu Negara maju yang ada di dunia ini adalah Negara Amerika Serikat. Negara adidaya ini dikategorikan sebagai Negara maju karena kondisinya yang jauh lebih baik dari Negara – Negara berkembang.

Pengertian Negara Maju

Negara maju (develoved countries) adalah Negara yang memiliki tingkat  pertumbuhan ekonomi cepat sehingga sudah berhasil dalam pembangunan mencapai kesejahteraan hidup yang merata  bagi masyarakatnya. Negara – Negara  maju mengutamakan  sector industry dan jasa sebagai tiang perekonomiannya.

Pengertian Negara Maju

Ciri – ciri Negara Maju

Ciri – ciri Negara Maju, antara lain sebagai berikut:

  1. Pendapatan per kapita tinggi
  2. Pertumbuhan penduduk rendah.
  3. Angka kematian penduduk per tahun kecil
  4. Angka harapan hidup tinggi
  5. Tingkat pendidikan penduduk rata – rata tinggi
  6. Tersedianya Modal yang besar
  7. Tersedia banyak tenaga ahli
  8. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan
  9. Kegiatan ekonomi bergerak di sector industry dan jasa.

Suatu Negara dapat diidentifikasi sebagai Negara maju apabila Negara tersebut tingkat perekonomiannya tergolong tinggi. Selain itu, Negara maju adalah Negara yang telah berhasil dalam menyelenggarakan pembangunan, baik bidang ekonomi, pendidikan, kualitas penduduk, lingkungan fisik, dan bidang – bidang lainnya. Keberhasilan pembangunan tersebut amat dipengaruhi oleh penguasaan ilmu pengetahuan teknologi yang mampu mengelola sumber daya alam secara optimal.

Wilayah Persebaran Negara Maju

Negara – Negara maju sebagian besar terletak  di belahan Bumi utara yang meliputi benua Eropa, Benua Asia, dan Benua Amerika. Hampir semua  Negara di eropa  merupakan Negara maju. Di Benua Asia,  Negara maju terletak di wilayah Asia Timur, Sedangkan di Benua Amerika  terletak di wilayah Amerika Utara. Adapun wilayah persebaran Negara – Negara maju di dunia adalah berikut ini

  1. Di Benua Eropa , misalnya Negara Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, Spanyol, Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark, Belgia, Swiss, dan lain – lain.
  2. Di Benua Asia, antara lain jepang, Korea, Selatan, dan Singapura.
  3. Di Benua Amerika, meliputi Negara Amerika Serikat dan Kanada.

Selain Negara – Negara di atas, Australia, dan Selandia Baru juga termasuk Negara maju. Kedua Negara ini terletak di belahan Bumi selatan.

Contoh Negara Maju

Amerika Serikat

Pengertian Negara Maju – Amerika Serikat merupakan Negara republik yang dipimpin oleh seorang Presiden. Amerika Serikat terletak di Amerika Utara. Negara ini terletak di antara Kanada dan Meksiko dengan luas wilayah 9.629.091km. Amerika Serikat merupakan Negara terluas  ketiga di dunia setelah Rusia dan kanada. Ibu kota Amerika Serikat berada di Washington DC.

Letak dan batas Negara

Amerika Serikat terletak antara 26 – 48 LU dan 67 – 125 BB. Amerika Serikat memiliki beberapa wilayah yang terpisah dari wilayah utamanya. Wilayah tersebut adalah Alaska di daerah sekitar Kutub Utara dan Kepulauan Hawaii di tengah – tengah Samudra Pasifik. Batas wilayah Negara Amerika Serikat adalah sebagai berikut :

  1. Sebelah utara dengan Negara Kanada dan Samudra Arktik.
  2. Sebelah timur dengan Samudra Atlantik
  3. Sebelah Selatan dengan Negara Meksiko
  4. Sebelah Barat dengan Samudra Pasifik.

Keadaan Fisik

Berdasarkan keadaan iklim di Amerika Serikat dibedakan atas empat tipe iklim utama, yaitu :

  1. Iklim darat (konstinental), terjadi karena sebagian wilayah Amerika Serikat merupakan daratan yang sangat luas. Karena Di negara Amerika Serikat sering terjadi perubahan suhu yang sangat mencolok. Hal ini disebabkan oleh adanya arus panas (ho waves) dan arus dingin (cold waves).
  2. Iklim subtropik, terjadi di Pantai Florida dan di sekitar Teluk Meksiko. Di wilayah ini sering terjadi angin tornado, yaitu angin puyuh yang sangat merugikan.
  3. Iklim laut sedang, terjadi di wilayah pantai barat, yaitu di sebelah utara garis 40 LU yang menyebabkan hujan sepanjang pantai.
  4. Iklim gurun, terjadi di sebelah barat garis 100 BB sampai Pegunungan Cascade. Di wilayah ini  sangat jarang terjadi hujan.

Penduduk

Pengertian Negara Maju – Pada Penduduk negara Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2005 berjumlah 299.100.000 jiwa. Jumlah penduduk ini merupakan jumlah penduduk urutan  ke-3 terbesar dunia setelah Cina dan India. Kepadatan penduduk yang ada adalah sekitar 31 jiwa/km. Pertumbuhan penduduk  termasuk rendah, yaitu 0,6% per tahun. Oleh karena itu, Angka usia harapan hidup  penduduk  di Amerika Serikat cukup tinggi, yaitu 77 tahun.

Penduduk Amerika Serikat sebagian besar adalah imigran dari Prancis, Inggris, Belanda Spanyol, dan Swedia. Untuk membatasi imigran yang datang, maka dibuatlah undang – undang ke imigrasian dan undang – undang kependudukan. Sebagian besar penduduk Amerika Serikat beragama Protestan dan Katolik Roma. Bahasa pengantar sehari –hari adalah bahasa Inggris.

Perekonomian

Amerika Serikat memiliki  beberapa kota penting yang tersebar di berbagai wilayah. Kota – kota ini memiliki peranan ekonomi yang sangat penting, di antaranya Kota New York, Chicago, Philadelpia, San Fransisco, Detroit.dll

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih