Macam – Macam Demokrasi dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Macam Demokrasi – Istilah “demokrasi” biasanya berasal dari kata “demokrasi”, dari bahasa Yunani. Demokrasi itu sendiri berarti kekuatan rakyat.

Tetapi secara umum, istilah demokrasi terdiri dari dua kata: Demo dan Kratos. Setiap kata ini memiliki arti dan kekuatan atau kekuatan orang.

Negara – negara di berbagai belahan dunia membutuhkan sistem demokrasi yang digunakan oleh pemerintah.

Untuk memudahkan pembaca untuk memahami berbagai bentuk demokrasi yang digunakan. Dalam diskusi ini, ruangbimbel.co.id menjelaskan berbagai jenis demokrasi. Mari kita lihat diskusi …

Ciri – Ciri Dari Demokrasi

Dalam sistem pemerintahan, jika beberapa karakteristik demokrasi diterapkan pada pemerintah, pemerintah dapat dianggap berhasil dalam upaya memasukkan demokrasi ke dalam sistem pemerintahan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang termasuk dalam sistem demokrasi.

Baca Juga Pengertian Demokrasi : Tokoh, Prinsip, Macamnya

1. Semua Ketentuan yang Ada Ditentukan oleh Pemerintah

Segala sesuatu yang terkait dengan keputusan yang diambil oleh pemerintah harus secara umum didasarkan pada keinginan dan kepentingan masing-masing warga negara.

Jadi ini tidak hanya didasarkan pada kepentingan seseorang atau kelompok. Karena itu, saya berharap ini dapat mencegah korupsi di negara yang semakin makmur.

2. Menyelenggarakan Kegiatan Pemilu

Dalam sistem pemerintahan yang demokratis, negara ini harus secara bertahap menjadi tuan rumah bagi partai-partai populer sehingga perwakilan atau pemimpin terpilih dapat menjalankan fungsi roda pemerintahan dengan baik.

3. Mempunyai Perwakilan Rakyat

Dengan memperkenalkan sistem demokrasi ini, sebuah lembaga populer dibentuk di negara ini. Seperti di Indonesia, ada badan legislatif yang disebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dengan demikian, berbagai jenis masalah yang dihadapi negara berkuasa dan dalam kedaulatan rakyat diwakili oleh anggota dewan. Karena mereka terpilih.

4. Menerapkan Sistem Kepartaian

Partai politik biasanya bertindak sebagai mediator untuk implementasi sistem demokrasi negara. Di hadapan partai-partai politik, orang dapat mencalonkan diri sebagai wakil pewaris keinginan.

Untuk memungkinkan pemerintah mewujudkan semua keinginan dan kepentingan setiap warga negara.

Baca Juga Pengertian Demografi Lengkap

Macam – Macam Demokrasi Dalam Negara

Di berbagai negara di dunia, berbagai bentuk sistem demokrasi diterapkan. Tetapi demokrasi dibedakan oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah berbagai bentuk sistem demokrasi yang digunakan di negara-negara di dunia:

1. Bentuk demokrasi atas distribusi kehendak rakyat

Secara umum, bentuk demokrasi berdasarkan distribusi kehendak rakyat dapat dibagi menjadi dua kelompok:

  • Demokrasi langsung adalah sistem demokrasi di mana semua warga negara berpartisipasi secara langsung dan aktif dalam proses pengambilan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Demokrasi tidak langsung, signifikansinya dalam sistem demokrasi. Namun, kekuatan tertinggi ada di tangan rakyat. Namun, pada prinsipnya, kekuatan politik setiap warga negara dilakukan secara tidak langsung atau melalui perwakilan nasional.

2. Bentuk demokrasi berdasarkan prinsip ideologis

Sistem demokrasi yang diterapkan pada negara berdasarkan prinsip-prinsip ideologis dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis:

  • Demokrasi liberal adalah suatu bentuk demokrasi di mana hak-hak orang di semua masyarakat dihormati, dan setiap orang diberikan kebebasan untuk mengekspresikan keinginan mereka. Demokrasi liberal juga disebut demokrasi konstitusional, dan, sebagaimana diatur dalam konstitusi, pemerintah berkewajiban melindungi hak-hak rakyat.
  • Demokrasi adalah bentuk demokrasi yang didasarkan pada pemahaman sosialisme atau komunisme, di mana kepentingan negara dan kepentingan bersama menang atas kepentingan individu.
  • Demokrasi Pancasilla (demokrasi Pancasilla) adalah suatu bentuk demokrasi berdasarkan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasilla. Sistem demokrasi Pancasilla biasanya didasarkan pada kesepakatan bersama yang mengutamakan kepentingan publik.

Sistem Demokrasi

Sistem demokrasi yang diterapkan pada negara berdasarkan hubungan kecukupannya dapat dikelompokkan menjadi empat jenis:

1. Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum

Demokrasi perwakilan adalah bentuk demokrasi di mana setiap warga negara berpartisipasi dalam pemilihan perwakilan Kongres.

Namun, orang-orang memerintah Kongres melalui sistem referendum. Sistem referendum adalah sistem pemungutan suara yang dirancang untuk secara langsung dan menyeluruh memastikan keinginan setiap warga negara.

Baca Juga Pembentukan Kabinet Kerja

2. Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer

Demokrasi perwakilan, bersama dengan sistem parlementer, adalah bentuk partai Demokrat, dan pemerintah dari badan eksekutif memiliki ikatan yang sangat dekat dengan perwakilan parlemen.

Di mana pemerintah mengimplementasikan program yang disepakati dengan badan perwakilan umum.

3. Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan

Representasi demokrasi oleh sistem pemisahan kekuasaan adalah suatu bentuk demokrasi ketika kekuasaan yang ada antara badan administratif dan legislatif berada di tempat yang berbeda.

Ini berarti bahwa kedua sistem tidak terhubung langsung, seperti dalam demokrasi parlementer.

4. Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum dan inisiatif umum

Demokrasi perwakilan adalah suatu bentuk demokrasi yang secara langsung menggabungkan sistem demokrasi perwakilan dengan sistem demokrasi, bersama dengan sistem referendum.

Namun, sistem demokrasi ini masih memiliki lembaga perwakilan yang dikelola oleh orang-orang melalui sistem referendum. Ini wajib dan opsional.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih