Komponen Biotik dan Abiotik

Diposting pada

Komponen Biotik dan Abiotik – Suatu ekosistem terdiri dari 2 komponen utama, komponen biologis dan komponen abitik. Tempatnya di mana 2 komponen berinteraksi untuk menggapai keseimbangan.

Untuk penjelasan lengkap, lihat dokumentasi komposisi biologis, non-biologis, definisi, jenis, dan contoh berikut ini.

Pengertian Biotik

Sekitar biotik ialah kawasan yang tersusun dari semua komponen organisme di permukaan bumi.

Manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme berikut itu dalam komposisi organisme ini. Organisme memberikan cirri – ciri kehidupan yang diklasifikasikan sebagai organisme.

Baca Juga 7 Jenis Komponen Elektronika

Komponen Biotik

Karena nilai gizinya, komponen biologis diklasifikasikan menjadi 3 ialah di bawah ini :

  • Organisme Autotrof (produsen)
  • Organisme Heterotrof (konsumen)
  • Pengurai (dekomposer)

Organisme Autotrof (produsen)

Autotrof / organisme produksi ialah organ yang dapat membuat makanan sendiri.

Autotrof menerima makanan dengan menyerap senyawa dan zat anorganik, dan lalu diubah jadi senyawa organik melalui fotosintesis.

Ciri khusus autotrof ialah mengandung klorofil di tubuhnya, misalnya klorofil pada tumbuhan tingkat tinggi.

Selanjutnya interaksi komponen biotik dan abiotik, autotrof merupakan langkah awal dalam menciptakan keseimbangan ekologi.

Baca Juga Komponen Sistem Informasi

Organisme Heterotrof (konsumen)

Organisme konsumen / heterotrofik ialah organ yang digunakan untuk bahan organik yang berbeda dengan organisme lain, lalu jadi bahan dasar energi dan makanannya.

Autotrof tidak dapat menemukan makanan sendiri. Misalnya organ heterotrofik ini termasuk manusia dan hewan yang bertindak sebagai tumbuhan herba, hewan peliharaan, dan tempat lain.

Pengurai (dekomposer)

Pengurai ialah organ yang dapat diubah jadi bahan organik dari organisme yang mati lalu jadi senyawa anorganik / tidak hidup.

Contoh komponen biologis tersebut misalnya jamur, alga, bakteri, cacing, dan lainnya. Ada contoh organisme digunakan dari sisa – sisa bahan organik yang membusuk yang disebut detritivor.

Deskripsi : Tingkat komponen biologis berbeda dengan autotrof, heterotrof, dan pengurai, di mana tiga jenis berinteraksi membentuk fenomena alam biologis contohnya model menara makanan, rantai makanan, dan sebagainya.

Pengertian Abiotik

Abiotik ialah semua benda bukan manusia yang dapat di dalam bumi yang dapat memberikan manfaat atau mempengaruhi hidupnya manusia dan makhluk lainnya.

Komponen Abiotik

Komponen tidak hidup yakni bagian dari ekosistem yang berupa organisme tidak hidup / tidak hidup. Komposisi abiotik mempunyai pengaruh yang saat besar terhadap kehidupan komposisi biologis tersebut. Di bawah ini ialah komponen – komponen komposisi abiotik:

  1. Udara
  2. Air
  3. Cahaya matahari
  4. Tanah
  5. Suhu
  6. Garam Mineral
  7. Kelembapan
  8. Derajat Keasaman (pH)

Udara

Udara ialah sekelompok gas yang menyusun atmosfer bumi. Lalu Gas ini mengandung oksigen (21,9%), dan nitrogen (78,1%), lalu  karbondioksida (0,03%), serta gas lainnya, karena dalam jumlah yang sangat kecil.

Udara berperan besar dalam atau mempengaruhi kehidupan komponen biologis, misalnya jumlah oksigen di udara yang meningkatkan respirasi manusia atau contoh lain adalah kandungan karbondioksida, yang membantu fotosintesis untuk autotrof.

Air

Volume air di bumi ini mencapai 1,4 miliar km3. Itu asalnya dari air laut (97%) dan air tawar (0,75%), dan bahkan gunung es (2%). Volume air di bumi ini konstan, hal ini disebabkan oleh siklus hidrologi.

Air ialah bagan ekosistem yang abitik, sangat penting untuk kehidupan isi di Bumi ini.

Air mempunyai banyak manfaat untuk berbagai kebutuhan organisme, contohnya ialah membantu metabolisme jaringan untuk fotosintesis. Stok air merupakan faktor utama yang dipengaruhi oleh kondisi komponen biotipe dan abiotik ekosistem.

Cahaya matahari

Cahaya matahari, baik dalam intensitas maupun kualitas, maka dari itu berdampak besar pada kehidupan ekosistem.

Misalnya, pada intensitas energi matahari yang sangat tinggi di kawasan ekosistem gurun, organisme gurun beradaptasi dengan cara fisiologis, morfologis, dan perilaku. Sinar matahari juga membantu autotrof melakukan fotosintesisnya.

Tanah

Tanah terbentuk dari cuaca yang membatu, berlangsung lama. Tanah itu terdiri dari 4 komponen utama : mineral, bahan organik, air dan udara.

Tanah telah jadi media tumbuh bagi autotrof. Maka dari itu, tanah juga dimanfaatkan oleh organisme heterotrofik untuk pencarian.

Suhu

Temperatur merupakan komponen non-biologis yang membatasi keanekaragaman hayati ekosistem. Perbedaan suhu yang terjadi di tempat mana saja kendalanya ialah salah satunya banyak faktor.

Faktor utamanya adalah sinar matahari, letak lintang dan bujur. Pada suhu rendah, beberapa organisme beradaptasi secara morfologis dengan penebalan rambut tubuh dan juga beradaptasi dengan perilaku hibernasi.

Garam Mineral

Konsentrasi garam ini dipengaruhi oleh berat air dalam organ dari proses osmosis. Beberapa organisme beradaptasi dengan lingkungan dengan kandungan garam yang tinggi.

Tindakan dari mineral ini ialah untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, diatur dengan cara kerja organ dan juga menggunakan proses metabolisme.

Kelembapan

Kelembaban ini terutama dipengaruhi sama intensitas, angin, curah hujan, dan sinar matahari. Untuk itu, kelembaban ini pengaruhnya yaitu tumbuhan atau tanaman.

Suatu daerah dengan kelembaban berbeda menciptakan ekosistem dengan komposisi berbeda.

Derajat Keasaman (pH)

Situasi pH tanah ini mempengaruhi kehidupan tanaman. Tanaman akan tumbuh sempurna jika mempunyai pH yang optimal, sekitar 5,8 hingga 7,2.

Terutama nilai pH tanah, pemupukan, sedimen dan efek akar pada tanaman, dan dekomposisi mineral di dalam tanah.

Catatan : Jenis komposisi non – biologik ini sebenarnya mempengaruhi umur komponen biologis tetapi juga berinteraksi dengan lainnya. kelompok biologis dan abiotik bentuknya kesatuan ekosistem yang saling melengkapi.

Apa itu dimaksud Biotik?

Lingkungan biologis, khususnya, semua kawasan yang mencakup susunan organisme di permukaan bumi.

Apa yang termasuk dalam komposisi biotik?

1. Organisme Autotrof (produsen)

2. Organisme Heterotrof (konsumen)

3. Pengurai (dekomposer)

Apa itu di maksud Abiotik?

Lingkungan abiotik ialah semua benda bukan manusia yang dapat di permukaan bumi yang bisa memberikan manfaat atau mempengaruhi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Apa saja yang termasuk dalam komposisi Abiotik?

  1. Udara
  2. Air
  3. Cahaya matahari
  4. Tanah
  5. Suhu
  6. Garam Mineral
  7. Kelembapan
  8. Derajat Keasaman (pH)

Demikianlah artikel Komponen Biotik dan Abiotik diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.