Fungsi Tulang, Bentuk dan Cara Menjaganya

Diposting pada

Daftar Isi

Fungsi Tulang

Fungsi Tulang – sangat penting bagi tubuh manusia, terutama untuk pergerakan. Itu karena tulang sebenarnya adalah organ yang sangat dinamis.

Tulang terus diperbarui dan berubah bentuk untuk beradaptasi dengan kekuatan harian yang menekannya. Tulang-tulang di tubuh manusia mencapai sekitar 206 tulang. Dan fungsi tulang itu sendiri memang konsisten dengan tempat tulang itu berada.

Selain itu, tulang menyimpan nutrisi penting, mineral dan lipid dan menghasilkan sel darah yang menyehatkan tubuh dan memainkan peran penting dalam melindungi tubuh terhadap infeksi. Dengan peran vital yang sangat besar ini, Anda perlu tahu seperti apa fungsi tulang.

Baca Juga Sistem Gerak (Tulang dan Otot)

Bentuk Tulang

Dari kepala hingga kaki, orang memiliki tulang yang menopang dan menguatkan tubuh. Dengan begitu banyak tulang dalam tubuh manusia, mereka secara alami memiliki bentuk yang berbeda.

Ada yang panjang dan ada yang pendek. Beberapa bentuknya bahkan tidak beraturan, tergantung kebutuhan dan fungsinya dalam tubuh.

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi 4. Jenis bentuk tulang berikut:

1. Tulang Pipa

Bentuk tulang adalah tulang tulang. Tulang-tulang ini memang berbentuk seperti pipa, sehingga mereka disebut tulang pipa.

Kaki pipa terdiri dari epifit dan diafisis. Epifisis adalah ujung tulang yang membesar seperti nodul. Sedangkan yang diaplikasikan adalah bagian tengah tulang yang terletak di antara dua epifit.

Ada tulang rawan dalam bentuk lempeng atau cakram epifisis antara epifisis dan diphisis. Jika disk epifisis masih aktif, tulang pipa masih bisa memanjang. Cakram epifisis tidak lagi aktif sekitar usia 20 tahun. Cakram ini menentukan ketinggian pertumbuhan seseorang.

Kaki pipa memiliki karakteristik seperti bentuk bulat dan panjang. Ini memiliki umbi di kedua ujungnya dan mengandung sumsum kuning dan lemak di dalamnya. Sumsum kuning adalah cadangan untuk pembentukan sumsum merah.

Sedangkan contoh tulang pipa adalah tulang paha, tulang lengan atas, tibia, fibula, jari tangan / kaki, hasta dan tulang pick

2. Tulang Pipih

Bentuk tulang selanjutnya adalah tulang pipih. Tulang pipih itu datar, dan misalnya di tubuh manusia ada tulang rusuk, tulang belikat dan tulang tengkorak.

Tulang pipih memiliki dua lapisan tulang kompak yang disebut lamina eksternal dan osiscrani interna yang dipisahkan oleh lapisan tulang spongiosa yang disebut diploe.

Karakteristik tulang pipih tipis atau tipis dan mengandung sumsum merah di dalamnya. Sumsum merah ini bertindak sebagai tempat untuk membuat sel darah merah dan sel darah putih.

3. Tulang Pendek

Tulang pendek ini berbentuk kubik atau pendek. Tulang ini memiliki inti tulang spongiosa yang dikelilingi oleh tulang padat.

Karakteristik tulang pendek pendek dan bentuknya bulat. Tulang pendek ini dapat ditemukan di tulang belakang, pangkal lengan dan pangkal kaki.

4. Tulang Tidak Beraturan

Dan bentuk tulang terakhir adalah bentuk tulang tidak teratur. Jenis tulang ini adalah kombinasi dari berbagai bentuk tulang. Contohnya adalah tulang wajah dan tulang yang ditemukan di tulang belakang.

Baca Juga Alat Indra Manusia : Fungsi dan Merawatnya

Fungsi Tulang

Kerangka terdiri dari tulang, tulang rawan dan membran yang menutupi tulang. Setiap tulang adalah organ yang mencakup jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan otot serta epitel (dalam pembuluh darah). Berikut beberapa fungsi tulang:

1. Sebagai Penunjang

Fungsi tulang yang pertama adalah memberikan kerangka untuk melekatkan otot dan jaringan lain.

2. Sebagai Perlindungan

Bot juga berfungsi sebagai organ pelindung pada manusia. Contohnya seperti tengkorak dan tulang sangkar yang rusak melindungi organ dalam terhadap cedera.

3. Sebagai Pergerakan

Fungsi tulang sebagai tuas dan titik perlekatan otot yang memungkinkan pergerakan tubuh manusia.

4. Sebagai Tempat Penyimpanan Mineral

Fungsi tulang selanjutnya adalah menyimpan mineral yang penting untuk aktivitas seluler dalam tubuh, yaitu kalsium dan fosfor. Dalam arti tertentu, tulang adalah tempat penyimpanan kalsium dan fosfor.

5. Sebagai Tempat Terjadinya Produksi Sel Darah

Akan ada sumsum tulang di rongga tulang tertentu. Tubuh nantinya akan memproduksi sel darah di sumsum tulang ini. Dengan demikian fungsi tulang juga termasuk tempat untuk produksi sel darah.

6. Sebagai Tempat Penyimpanan Energi

Lemak atau lipid yang disimpan dalam sel-sel lemak di sumsum kuning adalah tempat penyimpanan energi bagi manusia. Itu sebabnya fungsi tulang juga vital sebagai penyimpan energi.

Baca Juga Rangka Manusia : Fungsi dan Pemeliharaannya

Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan fungsi tulang vital seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda harus menjaga kesehatan tulang. Beberapa cara sederhana untuk merawat dan menjaga kesehatan tulang adalah melalui:

  • Makan cukup makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.
  • Latihan rutin.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi ini sangat baik untuk membantu pembentukan vitamin D. Dimana vitamin D sangat penting untuk membantu asupan jeruk nipis dan makanan.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. smeoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih