Alat Indra Manusia : Fungsi dan Merawatnya

Diposting pada

Alat Indra Manusia – Manusia memiliki alat tubuh yang berguna untuk mengenal serta mengetahui keadaan di luar tubuh. Misalnya, mata untuk melihat, telinga untuk mendengarkan suara atau bunyi, hidung untuk mencium bau, lidah untuk mengecap rasa, dan kulit untuk meraba. Mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit merupakan alat indra.

Kelima alat indra lazim dinamakan panca indra. Mengapa panca indra mempunyai fungsi yang penting seperti itu? Bagaimana pula cara merawat- nya? Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut!

Indra Penglihat (Mata)

Mengapa kita dapat melihat keindahan alam di sekitar kita? Tentu saja karena kita mempunyai alat penglihat yang disebut mata. Dengan mata, kita dapat mengetahui bentuk, warna, dan ukuran suatu benda. Bagaimana rasanya jika kita tidak dapat melihat (buta)? Dunia ini tentu terasa gelap dan kita tidak dapat merasakan keindahan alam sekitar.

Bagian-Bagian Mata

Seperti apakah bentuk mata? Bentuk mata se- perti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak di dalam lekuk mati yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi. Jadi, mata terlindung oleh kedua tulang tersebut. Mata mempunyai bagian- bagian yang terletak di luar dan di dalam mata.

Baca Juga Rangka Manusia : Fungsi dan Pemeliharaannya

Bagian Luar Mata

1.     Alis Mata

Alis mata terdapat di atas mata. Alis mata berguna untuk mencegah masuknya keringat ke dalam mata. Pernahkah matamu kemasukan keringat? Bagaimana rasanya?

2.     Kelopak Mata

Kelopak mata berguna untuk menutup bola mata. Pernahkah kamu memperhatikan orang yang sedang tidur? Bagaimana keadaan kelopak matanya? Orang yang sedang tidur kelopak matanya menutup. Mengapa demikian? Jika kelopak terbuka, maka dikhawatirkan sesuatu dapat masuk ke dalam mata.

Kelopak mata tertutup segera jika ada cahaya yang terlalu terang atau jika suatu benda menembus mata. Kita sering berkedip tanpa sadar (menutup dan membuka kelopak mata). Gerakan-gerakan ini termasuk refleks.

Cara kerja kelopak mata berkedip, termasuk:

  1. untuk melembabkan mata,
  2. mengusir kotoran dari mata,
  3. Mengizinkan retina untuk beristirahat sebelum cahaya konstan.

Coba arahkan jari telunjukmu ke mata te- manmu, tetapi jangan sampai menyentuh mata. Apa yang terjadi pada kelopak mata temanmu?

Kelenjar Air Mata

Pada kelopak mata bagian atas terdapat kelenjar air mata yang selalu menghasilkan air mata. Ketika kita menangis, mata kita akan mengeluarkan air mata. Air mata berguna untuk:

  1. membasahi kornea,
  2. melindungi mata dari kuman,
  3. menjaga mata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.

Bulu Mata

Bulu mata dapat diumpamakan sebagai tirai (kisi-kisi). Kegunaan bulu mata, antara lain:

  • mengurangi cahaya yang masuk ke mata apabila cahayanya terlalu kuat,           
  • mencegah debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mata

Bagian Dalam Mata

Lapisan Sclera

Lapisan scleral adalah lapisan luar putih, kecuali bahwa bagian depan tidak berwarna atau jelas. Bagian transparan disebut kornea. Kornea digunakan untuk menerima rangsangan dalam bentuk cahaya dan untuk mengirimkannya ke area mata yang lebih dalam. Kornea adalah bagian mata yang dapat disumbangkan dan ditransplantasikan kepada pasien yang membutuhkannya.

Lapisan Koroid

Lapisan koroid adalah lapisan tengah yang banyak mengandung pembuluh darah. Di bagian depan, lapisan koroid membentuk iris (selaput pelangi). Warna iris menentukan warna mata seseorang. Misalnya, berwarna cokelat, hitam, atau abu-abu. Iris orang Indonesia umumnya berwarna cokelat kehitaman. Iris ber- fungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata.

Di tengah iris terdapat celah yang disebut anak mata atau pupil. Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya menuju retina. Jika cahaya terlalu terang, maka pupil mengecil. Akibatnya, cahaya yang masuk mata tidak terlalu banyak atau menyilaukan. Sementara itu jika cahaya terlalu redup, maka otot-otot iris berkontraksi sehingga pupil melebar. Akibatnya, cahaya yang masuk mata lebih banyak.

Otot-Otot Mata

Otot mata berguna untuk menambatkan bola mata pada dinding dalam rongga mata dan meng- gerakkan bola mata. Otot mata berjumlah tiga pa- sang. Ketiga pasang otot tersebut adalah otot penggerak ke arah atas dan ke arah bawah, otot penggerak ke arah kiri dan ke arah kanan, serta otot pemutar bola mata. Otot-otot mata melekat pada tulang tengkorak, tepatnya pada rongga mata.

Saraf Mata

Saraf mata merupakan saraf penglihatan atau saraf optik. Saraf ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang diterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat di otak. Dengan demikian, kita dapat melihat suatu benda.

Cara Kerja Mata

Saat mata melihat suatu benda, cahaya pantul dari benda masuk ke dalam mata melalui kornea. Selanjutnya, cahaya melewati pupil kemudian ma- suk ke dalam lensa mata. Oleh lensa mata, cahaya dibiaskan dan difokuskan pada retina. Di retina akan terbentuk bayangan benda yang terbalik dan berukuran lebih kecil daripada ukuran benda asli- nya. Bayangan yang terbentuk akan disampaikan ke otak. Selanjutnya, otak akan memberikan kesan bahwa kita melihat benda tersebut dalam posisi tegak dan mengidentifikasikan benda tersebut.

Kelainan pada Mata

Rabun Jauh (Miopi)

Orang dengan miopia tidak dapat melihat dengan jelas jika jaraknya jauh. Alasannya adalah lensa mata terlalu datar. Pada orang dengan miopia, objek bayangan jatuh ke retina. Agar bayangan suatu benda jatuh langsung ke retina, mereka yang terkena dampak harus mengenakan lensa cekung (lensa negatif).

Rabun Dekat (Hipermetropi)

Orang dengan miopia tidak dapat melihat benda kecil di dekatnya. Misalnya, Anda tidak dapat membaca huruf kecil dari dekat di koran. Di mata orang yang berpandangan pendek, bayangan benda itu jatuh di belakang retina. Agar bayangan suatu benda jatuh langsung ke retina, mereka yang terkena dampak harus menggunakan kacamata dengan lensa cembung (lensa positif).

Rabun Tua (Presbiopi)

Daya akomodasi orang yang berusia lanjut bi- asanya sudah lemah. Akibatnya, orang tersebut tidak dapat melihat benda yang letaknya jauh mau- pun dekat. Penderita dapat ditolong dengan meng- gunakan kaca mata berlensa rangkap. Kacamata berlensa rangkap adalah kacamata yang terdiri atas lensa positif dan lensa negatif.

Rabun Senja (Hemerolopi)

Penderita rabun senja tidak dapat melihat ben- da secara jelas pada waktu senja hari. Hal tersebut disebabkan penderita kekurangan vitamin A.

Buta Warna

Buta warna termasuk salah satu kelainan pada mata. Penderita buta warna tidak mampu mem- bedakan warna-warna tertentu. Misalnya, warna merah, kuning, hijau, dan biru. Cacat mata ini ter- masuk kelainan yang bersifat menurun.

 

Cara Perawatan Mata

Agar mata kita tetap sehat, maka kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. mengusahakan untuk makan makanan yang mengandung vitamin A, antara lain sayuran dan buah-buahan;
  2. jangan membaca di bawah penerangan yang terlalu redup atau terlalu terang;
  3. saat membaca, jarak tulisan dengan mata di- usahakan sekitar 30 cm;
  4. jangan membaca buku atau menonton televisi sambil berbaring;
  5. hindarkan mata dari kotoran atau debu dengan cara memakai kacamata dan sebagainya;
  6. jika mata terasa sakit, cepatlah pergi ke dokter untuk diperiksa

Indra Pendengar (Telinga)

Bagian-Bagian Telinga

Telinga adalah indera pendengaran. Kami mendengar suara yang berbeda setiap hari, tetapi tidak semua suara terdengar. Telinga kita hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi antara 20 dan 20.000 getaran per detik (Hertz / Hz).

Telinga tengah terdiri dari tulang palu, tulang dasar dan tulang sanggurdi. Ketiga tulang ini disebut tulang pendengaran. Telinga tengah menerima suara yang diambil oleh telinga luar. Di telinga tengah ada tabung Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut. Fungsi tabung Eustachius adalah untuk menyamakan tekanan udara antara telinga luar dan telinga tengah.

Cara Kerja Telinga

Bagaimana prosesnya sehingga kita bisa mendengar suara bising? Suara-suara dari luar tubuh mencapai telinga melalui udara. Suara itu kemudian diangkat oleh gendang telinga. Hasilnya, gendang telinga bergetar. Getaran ini kemudian ditransmisikan dari tulang pendengar ke telinga bagian dalam tepat pada ujung saraf. Getaran ini diteruskan ke otak melalui saraf, sehingga mereka diproses sehingga kita bisa mendengar suara.

Telinga tidak hanya pendengar, tetapi juga alat untuk keseimbangan tubuh. Suara bising yang sangat keras dapat merusak gendang telinga. Mengapa demikian? Karena saluran telinga hanyalah selaput tipis yang dapat dengan mudah pecah atau sobek. Bisakah Anda mendengar suara ketika gendang telinga Anda pecah? Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda mendengar suara keras seperti guntur?

Gangguan-Gangguan pada Telinga

Sebagai organ tubuh yang lemah, telinga bisa mengalami gangguan maupun terserang penyakit. Beberapa contoh gangguan itu, sebagai berikut.

Tuli

Ketulian adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengar suara atau suara. Ketulian dapat disebabkan oleh kerusakan pada gendang telinga, penyumbatan daun telinga atau kerusakan pada saraf pendengaran. Pada orang tua, mati rasa biasanya disebabkan oleh saluran telinga yang kaku dan koneksi yang tidak memadai antara tulang pendengaran.

Congek

Congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi di tengah-tengah. Infeksi ini disebab- kan oleh bakteri.

Cara Perawatan Telinga

Telinga harus di jaga dan dirawat dengan baik, agar tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa cara merawat telinga.

  1. Biasakan agar telinga selalu dalam keadaan kering.
  2. Hindarkan telinga dari benturan benda keras.
  3. Hindari suara yang bising.
  4. Bersihkan telinga dengan benda yang halus dan bebas kuman.
  5. Jika telinga terasa sakit, cepatlah pergi ke dokter untuk diperiksa.

Indra Pembau (Hidung)

Bagian-Bagian Hidung

Hidung terdiri dari dua bagian, yaitu lubang hidung dan rongga hidung. Rongga hidung dibentuk oleh tulang hidung dan tengkorak. Di rongga hidung ada selaput lendir atau selaput lendir dan rambut halus yang disebut rambut hidung atau silia.

Rambut hidung dan selaput lendir berguna untuk menyaring kotoran yang masuk ke hidung bersama dengan udara yang kita hirup. Kotoran bisa dalam bentuk debu, kuman dan cairan.

Pernahkah Anda bersin Apa yang menyebabkan bersin? Ketika sebuah kursi dibersihkan dari lubang hidung, selaput lendir digagalkan dan menyebabkan sensasi kesemutan. Jadi ada bersin supaya kotorannya keluar

Di rongga hidung bagian atas terdapat sel reseptor atau bau ujung saraf. Ujung saraf ini muncul bersamaan dengan rambut halus pada selaput lendir yang terletak di rongga hidung bagian atas.

Pernahkah Anda pilek? Bisakah Anda mencium bau pilek? Tentu saja Anda tidak bisa mencium wangi. Mengapa demikian? Karena selaput hidung bengkak dan berlendir dan indera penciuman tersumbat oleh lendir. Akibatnya, indra penciuman tidak bisa menyerap bau yang menggairahkan dengan baik. Apa yang akan Anda lakukan jika pilek membuat fungsi hidung Anda normal?

Cara Kerja Hidung

Bagaimana proses hidung mencium suatu aroma atau bau? Sebagai benda gas, bau berbaur menjadi satu dengan gas-gas lain di dalam udara. Saat kita menghirup udara pernapasan, bau tersebut ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir. Selanjutnya, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau serta diteruskan ke pusat penciuman dan saraf pembau.

Gangguan-Gangguan pada Hidung

Sebagai indra pembau, hidung dapat meng- alami gangguan. Akibatnya, kepekaan hidung men- jadi berkurang atau bahkan tidak dapat mencium bau suatu benda. Contoh gangguan-gangguan yang dialami hidung, sebagai berikut.

  1. Pilek, yaitu tersumbatnya saluran pernapasan. Selain itu, penderita juga sering mengeluh ke- palanya sakit serta mengeluarkan ingus. Pe- nyakit ini disebabkan oleh virus atau karena alergi dan menurunnya daya tahan tubuh.
  2. Polip, yaitu daging tumbuh seperti tumor di da- lam rongga hidung.
  3. Rusaknya saraf pembau akibat cedera pada kepala. Gangguan ini dapat mengakibatkan hi- langnya daya penciuman. Ketidakmampuan indra pembau untuk mencium bau disebut anosmia.

Dapatkah kamu menunjukkan contoh-contoh gangguan hidung yang lain?

Cara Perawatan Hidung

Hidung harus tetap sehat agar berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa cara merawat hidung.

  1. Menghindari benturan pada hidung.
  2. Menutup hidung dengan menggunakan sapu tangan atau masker jika berada di tempat yang udaranya kotor atau tercemar.
  3. Jika hidung terasa sakit, periksalah ke dokter

Indra Pengecap (Lidah)

Bagian-Bagian Lidah

Alat indra pengecap kita adalah lidah. Menggu- nakan lidah, kita dapat membedakan bermacam- macam rasa. Rasa yang berbeda dikecap oleh bagian lidah yang berbeda pula. Coba julurkan lidahmu! Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil. Pada bintil-bintil tersebut terdapat ujung-ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsang rasa makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut!

Cara Kerja Lidah

Bagaimana proses lidah mengecap rasa? Ma- kanan atau minuman yang telah berupa larutan di dalam mulut akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengecap, rangsangan rasa ini diteruskan ke pusat saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak menanggapi rangsang tersebut sehingga kita dapat merasakan rasa suatu jenis makanan atau minuman.

Gangguan-Gangguan pada Lidah

Kepekaan lidah setiap orang untuk menerima rangsangan rasa berbeda. Salah satunya disebabkan oleh kebiasaan. Contoh: Orang yang biasanya makan makanan pedas memiliki sensitivitas lidah yang berbeda terhadap rasa pedas daripada orang yang jarang makan makanan pedas.

Jika kita makan terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asin atau terlalu asam, kepekaan lidah kita terganggu. Karena itu, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asin dan tidak terlalu asam. Gangguan ini bersifat sementara. Pernahkah Anda makan terlalu panas? Apa yang Anda rasakan di lidah saat Anda makan terlalu panas? Lidahmu terbakar, bukan?

Fungsi lidah sebagai indera perasa dapat terganggu jika lidah dipengaruhi oleh sariawan. Sariawan adalah jenis infeksi jamur dalam bentuk bintik-bintik putih, mirip dengan residu susu pada lidah, langit-langit mulut dan gusi. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Cara  Perawatan Lidah

Agar lidah kita sehat, kita harus membiasakan merawat lidah dengan cara berikut.

  • Biasakan makan sayuran dan buah-buahan.
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.
  • Berkumur setelah makan.
  • Ketika  sikat  gigi, sikatlah lidah dengan sikat lidah.
  • Jika lidah terasa sakit, periksalah ke dokter.

Indra Peraba (Kulit)

Tubuh kita ditutupi dengan kulit. Tujuan dari keberadaan kulit adalah untuk melindungi bagian-bagian tubuh dalam kita dari pengaruh luar. Kulit juga mengatur suhu tubuh dan bertindak sebagai indera peraba. Bayangkan jika tubuh kita tidak memiliki kulit, lalu apa yang terjadi?

Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita. Kulit terdiri atas tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.

Epidermis

Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit. Lapisan epidermis tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Pada epidermis juga terdapat saluran keringat, lubang kulit atau pori-pori, dan ujung rambut.

Kulit ari merupakan lapisan epidermis terlua Kulit ari tersusun atas sel-sel terluar dari lapisan          malpighi yang telah mati. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit-bibit penyakit ke dalam tubuh dan mencegah menguapnya air dari tubuh. Lapisan malpighi berada di sebelah dalam kulit ari. Lapisan ini tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri. Alat Indra Manusia

Dermis            

Dermis berada di bawah atau di sebelah dalam epidermis. Pada dermis terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah, sa- raf, dan reseptor indra peraba.

Hipodermis

Hipodermis adalah lapisan kulit yang paling da- lam. Lapisan ini mengandung banyak jaringan le- mak yang berguna untuk menghangatkan tubuh.

Cara Kerja Kulit

Rangsang yang dapat diterima kulit adalah sen- tuhan panas, dingin, tekanan, dan nyeri. Ketika kulit menerima rangsang, rangsang tersebut di- terima oleh sel-sel reseptor. Selanjutnya, diteruskan ke otak melalui urat saraf. Oleh otak, rangsang akan diolah. Akibatnya, kita merasakan adanya suatu rangsang. Otak pun memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsang tersebut. Alat Indra Manusia

Gangguan-Gangguan pada Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh terluar sehingga selalu berhubungan dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kulit mudah terluka serta terserang jamur dan bibit penyakit lainnya. Agar kulit selalu sehat, maka kita harus selalu menjaganya dengan baik. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan, antara lain, mandi dua kali sehari, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur secara teratur, serta beberapa contoh tindakan lainnya. Apa kamu telah mem- biasakan mandi teratur sebanyak dua kali sehari? Apa kamu juga telah membiasakan untuk selalu mencuci tangan dan kakimu sebelum tidur?

Cara Perawatan Kulit

Berikut ini beberapa cara untuk merawat kulit agar senantiasa sehat dan bersih.

  1. Mencuci tangan dan kaki sebelum tidur.
  2. Mandi dua kali sehari.
  3. Lindungi kulit dari sengatan matahari.
  4. Jangan memakai pakaian basah, karena dapat menyebabkan penyakit.
  5. Segera periksa ke dokter apabila terkena penyakit yang membahayakan kulit.

Demikianlah artikel Alat Indra Manusia diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih