Fungsi Struktur Nukleus

Diposting pada

Fungsi Struktur Nukleus – Nukleus itu adalah inti sel yang merupakan bagian sel yang akan memberikan perintah atau pengendali kegiatan sel.

Fungsi struktur Nukleus yang membuat Nukleus ini bisa menjadi pusat pengendali dari kegiatan sel tersebut. Sel itu biasanya hanya memiliki satu Nukleus saja, tetapi ada juga yang memiliki 2 atau lebih Nukleus dalam satu sel.

Lokasi dari keberadaan Nukleus itu sendiri adalah di bagian tengah atau bisa juga ada di bagian tepi dengan bentuk bulat lonjong.

Nukleus sendiri dipisahkan oleh membran inti yang bertugas mengatur keluar masuknya sesuatu pada Nukleus itu sendiri. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas struktur dari Nukleus dan juga apa saja fungsi dari setiap komponennya itu.

Tidak perlu panjang lebar, simak topiknya di bawah ini :

Fungsi Struktur Nukleus

Struktur Dari Nukleus

Nukleus atau inti sel ini memang terdiri dari beberapa komponen yang kemudian membentuk menjadi Nukleus itu sendiri.

Tentunya setiap komponen itu memiliki fungsi masing-masing yang harus kalian pahami untuk bisa memahami struktur Nukleus ini secara utuh.

Berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai strukturnya dan fungsi dari setiap komponen yang ada di dalam struktur tersebut.

Membran Inti

Membran inti pada Nukleus ini merupakan struktur berlapis ganda yang membungkus inti sel. Lapisan luar itu akan terhubung dengan Retikulum Endoplasma, dan sebuah ruang berisi cairan berada di antara 2 lapisan membran inti ini.

Fungsi struktur Nukleus membran inti akan berkomunikasi dengan Sitoplasma melalui celah pori-pori inti sebagai tempat pertukaran molekul besar.

Baca Juga :

Kromosom

Kromosom itu ada di dalam bentuk string DNA dan Histon yang dinamai dengan kromatin. Kromatin sendiri bila dilihat berdasarkan fungsinya terbagi menjadi 2 yakni heterokromatin dan eukromatin.

Jenis yang pertama sangat kental dan dekat dengan membran nuklir, sementara eukromatin organisasi halus yang berlimpah dalam sel transkrip.

Nukleolus

Berikutnya ada Nukleolus yang memiliki bentuk padat dan juga bulat di dalam Nukleus ini. Nukleolus ini sendiri memiliki peran dalam Nukleus yakni untuk menghasilkan ribosom yang memiliki peran tidak langsung dalam sintesis protein.

Ribosom ini terdiri dari RNA dan protein yang akan di angkat ke Sitoplasma dan menempel pada retikulum endoplasma.

Nukleolus ini akan hilang setelah sel mengalami pembelahan atau di reformasi setelah selesainya proses pembelahan tersebut. Nukleolus ini merupakan struktur yang terdiri dari beberapa komponen, berikut beberapa di antaran.

  1. Zona Granuler
  2. Fibrosa
  3. Zona Amorf
  4. Nukleolus Kromatin

Nukleoplasma

Komponen terakhir adalah Nukleoplasma yang terdiri dari protein air, ion, dan asam inti. Jadi Nukleoplasma ini adalah cairan kental yang ada di dalam Nukleus dan fungsinya itu untuk mengolah berbagai enzim yang keluar masuk di Nukleus.

Demikianlah beberapa komponen dan juga fungsi struktur Nukleus.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak