Struktur Membran Sel

Diposting pada

Struktur Membran Sel – Bila kalian ingin mempelajari soal membran sel maka kalian itu harus tahu soal fungsi dari membran sel dan juga struktur membran sel. Membran sel sendiri merupakan sebuah lapisan yang akan membungkus sel yang hidup dan juga melindunginya.

Jadi bisa dibilang kalau membran sel itu adalah bagian terluar dari sel yang mengeliling keseluruhan sel tersebut.

Membran sel ini pada dasarnya merupakan lapisan tipis yang mengelilingi sitoplasma dan memiliki sifat semipermeabel untuk melindungi bagian dalam sel.

Sifat semipermeabel ini berarti selektif atau penyaringan zat atau molekul yang bisa melewati atau tidak bisa melewati membran sel. Jadi membran sel ini memiliki sifat selektif dan menjadi kontrol transportasi zat yang keluar masuk sel.

Tidak perlu panjang lebar, simak topiknya di bawah ini :

Struktur Membran Sel

Fungsi Membran Sel

Sebelum kita membahas mengenai struktur dari membran sel, ada baiknya kalian mengetahui dulu soal fungsi dari membran sel. Membran sel sendiri merupakan salah satu hal yang memang sangat penting sekali dalam kehidupan dari sebuah sel.

Secara umum memang fungsi dari membran sel itu jadi seperti gerbang yang mengelilingi dan membatasi sel dari lingkungan sekitarnya.

Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari membran sel tersebut.

  1. Fungsi yang pertama itu adalah sebagai gerbang untuk melindungi sel dari zat berbahaya atau membiarkan zat yang dibutuhkan masuk. Ini bisa terlihat dari struktur membran sel yang membuat kinerja dan fungsinya menjadi demikian.
  2. Fungsi yang kedua adalah sebagai transportasi nutrisi yang dibutuhkan oleh sel dan juga limbah yang harus dikeluarkan dari dalam sel.
  3. Fungsi yang ketiga adalah untuk menopang dan juga membantu sel untuk bisa bertahan hidup dengan berbagai ancaman dari zat berbahaya.

Baca Juga :

Bagaimana Struktur Dalam Membran Sel

Membran sel sebagai pelindung dan pengontrol nutrisi dari sel itu tentunya memiliki struktur tersendiri yang harus kalian pahami juga. Berikut ini penjelasan mengenai komponen yang ada pada membran sel ini.

Fosfolipid

Struktur pada membran sel itu terdiri dari 2 lapis Fosfolipid atau disebut Lipid Bilayer. Jadi ada protein dan juga lipid pada strukturnya itu. Berikut penjelasannya.

  • Lipid memiliki fungsi untuk membantu memberikan kelenturan pada membran sel tersebut.
  • Protein memiliki fungsi untuk menjaga iklim kimiawi sel dan membantu transfer molekul yang melintasi membran.

Kolesterol

Komponen kedua adalah kolesterol yang biasanya ditemui hanya pada sel hewan saja, jadi tidak ada pada sel tumbuhan. Molekul kolesterol ini tersebar di antara fosfolipid dan fungsinya untuk menjaga kelenturan dari membran sel. Selain itu juga berfungsi supaya fosfolipid ini tidak terlalu rapat.

Itulah 2 komponen yang terbilang penting dari sekian banyak komponen pada fungsi membran sel.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak