Contoh Kalimat Perintah

Diposting pada

Contoh Kalimat Perintah – Dalam bahasa Indonesia itu ada beberapa jenis kalimat, salah satunya adalah kalimat perintah yang menjelaskan sebuah perintah. Ada beberapa contoh kalimat perintah yang memang tentunya bisa dipakai untuk bisa memahami kalimat perintah itu seperti apa.

Sementara untuk jenis dari kalimat sendiri memang ada beberapa yakni kalimat perintah, kalimat tanya, dan kalimat berita.

Kalimat perintah itu adalah kalimat yang di dalamnya terkandung sebuah perintah atau memberi perintah pada seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat perintah yang ditulis pada sebuah teks itu biasanya menggunakan tanda seru di bagian akhir dari kalimat. Bila secara lisan biasanya kalimat perintah ini akan digunakan dengan nada tinggi, meskipun ada juga orang yang menggunakan nada halus.

Contoh Kalimat Perintah

Ciri Kalimat Perintah

Untuk kalian yang ingin memahami dengan baik kalimat perintah, maka kalian itu harus tahu ciri dari kalimat perintah itu seperti apa. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa ciri

Nada Yang Digunakan

Umumnya kata perintah itu bisa di lihat dari nada yang di gunakan pada saat mengucapkan kalimat perintah tersebut. Biasanya intonasi kalimat perintah itu di awal akan naik dan kemudian di akhir kalimatnya itu akan turun.

Jadi dari intonasi pada saat mengucapkan kalimat perintah ini memang sudah bisa terlihat dengan jelas soal kalimat perintah ini.

Baca Juga :

Menggunakan Struktur Kalimat P-S

Ciri yang kedua adalah pada struktur kalimat di mana biasanya yang di pergunakan itu adalah Predikat- Subjek. Tidak semua kalimat perintah itu mempergunakan struktur atau pola kalimat seperti ini, biasanya pola ini di gunakan pada penulisan saja.

Hanya sebagian orang yang memakai pola kalimat inversi ini, banyak contoh kalimat perintah yang tidak memakai struktur ini.

Menggunakan Imbuhan -lah atau –kan

Ciri yang ketiga adalah bahwa predikat yang di gunakan pada kalimat itu mempergunakan imbuhan -lah dan -kan. Penggunaan imbuhan ini di lakukan baik dalam penulisan atau juga dalam pemberian perintah secara lisan lho.

Menggunakan Kata Perintah

Ciri yang keempat adalah mempergunakan kata perintah, dan hal ini wajar karena memang ini adalah kalimat perintah. Ada beberapa kata perintah yang biasa di gunakan seperti misalnya tolong, segera, jangan, mohon, dan masih banyak yang lainnya.

Memakai Tanda Seru

Ciri terakhir yang memang paling umum ada pada kalimat perintah itu adalah mempergunakan tanda seru di akhir kalimat. Penggunaan tanda seru ini memang hanya ada pada penulisan sebuah teks dari kalimat perintah saja.

Contoh Kalimat

Berikut ini beberapa contoh kalimat perintah berdasarkan beberapa jenisnya.

  • Biasa

Segera Berangkat Sekolah!

  • Ajakan

Ayo, jangan lupa pakai masker!

  • Larangan

Jangan pernah mencuri!

  • Saran

Seharusnya sepatu yang di gunakan berwarna hitam

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak