Fungsi Retikulum Endoplasma

Diposting pada

Fungsi Retikulum Endoplasma – Kalau kalian mempelajari mengenai sel dalam makhluk hidup, maka kalian harus mempelajari juga fungsi Retikulum Endoplasma.

Sel itu merupakan komponen dalam makhluk hidup, di mana dalam satu makhluk hidup itu tersusu dari triliunan sel tubuh yang memiliki banyak fungsi. Salah satu bagian yang sangat penting dalam menjalankan fungsi dari sel itu adalah Retikulum Endoplasma ini.

Tidak perlu panjang lebar, simak topiknya di bawah ini :

Fungsi Retikulum Endoplasma

Pengertian Retikulum Endoplasma

Pertama-tama mari kita pelajari dulu apa sebenarnya sih Retikulum Endoplasma dan juga fungsi utamanya itu sebenarnya apa.

Retikulum Endoplasma itu sebenarnya adalah sebuah organ sel yang memiliki membran atau sel eukariotik dan memiliki struktur seperti kantong pipih.

Lokasinya itu membentang mulai dari jaringan Nukleus atau inti sel sampai ke seluruh Sitoplasma atau cairan yang mengisi sel.

Retikulum Endoplasma ini sebenarnya bisa dibilang sebagai organ sel yang paling besar dari organ sel lainnya yang ada di sel Eukariotik.

Fungsi utama dari Retikulum Endoplasma ini adalah untuk bisa membentuk, lalu memproses, dan menyebarkan protein ke bagian sel yang membutuhkannya. Di mana protein itu sendiri adalah zat yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Pembentukan protein sendiri terdiri dari tahap transkripsi dan translasi, di mana di tahap transkripsi ini ada penyalinan DNA yang akan di bawa ke Ribosom.

Sementara Ribosom ini adalah organ sel yang tersebar di Retikulum Endoplasma dan fungsi Retikulum Endoplasma di sini sebagai tempat produksi protein.

Tahap translasi adalah menerjemahkan kode salinan DNA tadi menjadi asam amino yang akan di gabungkan dan nantinya akan menghasilkan protein.

Jadi selain sebagai produksi dan penyebaran protein, Retikulum Endoplasma ini pun memiliki fungsi untuk menyimpan kalsium dan juga membantu metabolisme lemak.

Baca Juga :

Jenis Retikulum Endoplasma

Kalau di lihat dari tekstur dan juga fungsinya, maka Retikulum Endoplasma ini terbagi menjadi 2 yakni kasar dan halus. Berikut ini kami akan jelaskan kedua jenis Retikulum Endoplasma tersebut supaya kalian bisa lebih memahami setiap fungsinya seperti apa.

Retikulum Endoplasma Kasar

Jenis ini memiliki tekstur yang kasar di karenakan adanya ribosom yang menempel. Retikulum Endoplasma yang kasar ini memiliki beberapa fungsii, berikut ini beberapa fungsinya tersebut.

  1. Menghasilkan dan memproses protein tertentu
  2. Menjalankan pengiriman protein ke bagian sel yang membutuhkan
  3. Memeriksa kualitas dari protein yang di hasilkan dan akan di kirimkan

Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum Endoplasma halus itu tidak memiliki ribosom di atasnya, jadi tentunya memiliki fungsii yang berbeda. Berikut ini fungsii Retikulum Endoplasma dengan jenis halus.

  1. Menghasilkan zat yang di butuhkan sel.
  2. Sebagai area peralihan yang mengalirkan produk RE ke berbagai area.
  3. Membantu proses detoksifikasi senyawa pada hati dan memproduksi hormon pria dan wanita.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak