Etiket Adalah

Diposting pada

Etiket adalah – Begitu mendengar kata “etiket” apa yang mampir dikepala?

Sopan Santun?

Menyapa orang lewat?

Mengucap “tolong” dan “terimakasih” ?

Tata cara makan dan minum?

Menghargai orang lain?

Peduli pada orang lain?

Semuanya benar

Pengertian Etika

Dalam ke seharian, mungkin kita sering diingatkan oleh orang tua,, guru, atau siapapun-untuk bersikap santun dan bertutur kata sopan. Nah, etiket tidak hanya bicara tentang sopan santun (manners),. Namun, juga meliputi segala macam prinsip yang nantinya akan membantu kita dalam bergaul.

Sebelum melangkah ke pengertian etiket, ada sebuah kisah menarik, Konon pada abad ke-18 di Prancis, Raja Louis XIV sering mengundang rakyatnya untuk menggelar pesta atau festival, tapi, ia sangat kesal ketika rakyat berjalan melintasi halaman seenaknya saja, menginjak rumput dan merusak bunga-bunga di kebun istana.

Oleh sebab itu, sebelum mengadakan pesta berikutnya, sang raja menyuruh tukang kebun membuat rambh-rambu yang dipasang di setiap tempat. Rambu rambu itu berbunyi :

Baca Juga Hak dan Kewajiban Warga Negara

“mohon tidak menginjak rumput”

“terimakasih untuk tidak merusak bunag-bunga”

“Silakan berjalan di jalur yang sudah tersedia”

Rambu-rambu itu menjadi petunjuk bagi para tamu agar tahu dimana boleh berjalan dan dimana tidak. Nah…etiket bisa diartikan sebagai “rambu-rambu” yang membantumu mengetahui apa yang harus dilakukan dari tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu.

Misalnya, ketika kamu diundang ke sebuah pesta busana apa yang harus digunakan?bagaimana cara bersikap selama pesta? Apa yang mesti dilakukan saat bertemu orang orang baru ditengah pesta? Bagaimana agar kamu tidak duduk menyendiri, bersikap norak atau malu maluin? Bila kamu tidak bisa hadir di pesta itu, apa yang harus dilakukan agar sipengundang tidak mersa tersinggung? Etiket akan mengajari kamu bagaimana menghadapi semua itu.

Secara harfiah Etiket berasal dari bahasa Prancis, etiquette, yakni aturan sopan santu dan tata cara pergaulan yang baik antara sesame manusia. Etiket bisa disebut sebagai golden rule yang menyatakan “ perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Oleh sebab itu, orang yang memahami etiket memperlakukan orang lain dengan baik dan respek, sehingga akan lebih diterima dalam pergaulan. Sebagai remaja, kamu ingin disukai banyak orang dan berhasil dalam pergaulan.

Perinsip Perinsip Dalam Etiket

  • Respek

Respek berarti menghargai orang lain, peduli pada orang lain, dan memahami orang lain apa adanya. Tak peduli mereka berbeda, berasal dari kultur berbeda, atau keyakinan berbeda. Sangat penting untuk menunjukan penghargaan kepada setiap orang dengan kelebihan, kekurangan, kesamaan, dan perbedaan yang ada. Dengan bersikap respek, kamu berharap orang lain juga akan respek padamu.

  • Empati

Meletakan dirimu pada orang lain. Sebelum bertindak atau berucap, kamu harus berpikir dulu, apa pengaruhnya bagi orang lain. Bagaimana bila hal itu diucapkan atau dilakukan orang lain kepadamu? Apakah akan membuatmu senang atau berang? Pikirkan dulu. Jangan sampai tindakan atau ucapanmu menyinggung dan menyakiti orang-orang disekitarmu, atau membuat dirimu terlihat buruk dimata orang lain. Kata kata dan sikap yang penuh pertimbangan dan empati, akan membuatmu terlihat bijaksana, dewasa, dan manusiawi.

Baca Juga Asas – Asas Otonomi Daerah

  • Jujur

Jujur lebih dari sekedar tidak berkata kata dusta. Jujur berarti melakukan dan mengucapkan kebenaran, sekalipun itu menyakitkan. Jika kebenaran itu sulit, kamu harus menemukan cara yang paling positif untuk mengatakannya….atau cukup dengan diam.

Demikianlah artikel Etiket adalah diatas dari ruangbimbel.co.id. smeoga bermanfaat dan menambah wawasn kita semua. Terima kasih