Contoh Norma Hukum

Diposting pada

Contoh Norma Hukum Di Masyarakat – Standar hukum ini memiliki ikatan dan sanksi paling ketat dibandingkan dengan norma sosial lainnya.

Aturan ini ialah sejenis aturan sosial yang berisi hukum yang biasanya ditulis dalam hukum. Anda perlu tahu bahwa aturan ini selalu menjadi otoritas Komunitas.

Dalam konteks ini, saya akan membahas secara rinci aturan hukum dan hal – hal yang terkandung di dalamnya, yaitu di bawah ini.

Definisi Norma Hukum

Aturan hukum ialah aturan yang berasal dari hukum, peraturan, tata cara dan sebagainya, yang dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian.

Undang – undang ialah contoh norma sosial tertulis dan dapat digunakan sebagai panduan dan juga sebagai referensi konkret untuk semua komunitas, baik dalam perilaku dan dalam sanksi kejahatan.

Baca Juga Norma Adalah

Pihak berwenang membuat aturan ini dan mengadopsinya dengan mengatur hubungan antara sekelompok orang, warga negara dan negara mereka dan warga negara dan pemerintah mereka.

Perlu kalian ketahui bahwa, Norma hukum ini memiliki berbagai macam jenisnya. Nah, di bawah ini terdapat beberapa macam hukum yang sangat penting untuk diketahui, yaitu sebagai berikut :

Anda perlu tahu bahwa ada berbagai jenis standar hukum ini. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis undang – undang yang sangat penting buat kita ketahui dan adalah dibawah ini :

  1. Hukum acara (prosedural law) ialah sejenis hukum yang mengatur tentang penuntutan, investigasi dan juga penutupan suatu masalah. Undang – undang ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu KUHAP dan KUHAP.
  2. Hukum pidana ialah jenis hukum yang mengatur kejahatan, pelanggaran, atau kejahatan bersama dengan sanksi. Misalnya, KUHP (KUHP), yang mengatur KUHP.
  3. Hukum perdata ialah suatu hukum yang mengatur hak milik dan juga hubungan antara sekelompok orang. Hukum ini biasanya disebut hukum privat atau publik, yang diatur oleh hukum perdata.

Tujuan Dari Legals Norm

Pada prinsipnya, terjaminnya sosial, keamanan, ketertiban dan ketertiban adalah tujuan utama penerapan standar hukum ini. Penerapan aturan hukum ini memiliki beberapa tujuan lain, termasuk yang berikut:

  1. Tujuannya adalah untuk mempertahankan ketidakberpihakan dalam pengambilan keputusan.
  2. Ciptakan masyarakat yang taat dan juga sesuai dengan hukum yang berlaku ditempat.
  3. Tujuannya adalah membangun keteraturan di lingkungan sosial.
  4. Hentikan seseorang yang mau melakukan sesuatu yang berbahaya bagi orang lain.
  5. Cobalah untuk mengontrol perilaku tertulis semua orang.
  6. Mengawasi terjadinya kejahatan di lingkungan sosial.
  7. Sehingga penegakan hukum dapat dikenai sanksi sesuai dengan apa yang mereka lakukan.

Baca Juga Contoh Norma Kesusilaan

Ciri Ciri Dari Legals Norm

Standar hukum memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis standar lainnya, termasuk:

  1. Suatu standar yang berasal dari beberapa lembaga resmi milik pemerintah.
  2. Paksaan atau aturan ketat, menyangkal sesuatu yang tidak baik.
  3. Suatu aturan dengan sanksi hukum yang baik dalam bentuk denda, hukuman fisik atau sanksi pidana seperti penjara.

Sumber Dari Legals Norm

Ketentuan ini berasal dari peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Negara kita memiliki norma hukum berdasarkan UUD 1945. Standar Legals terdiri dari sejumlah aturan tertulis yang dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian tentang peralatan negara.

Validitas aturan tertulis tergantung pada apakah kekuatan negara itu bijak, seperti polisi, jaksa dan hakim.

Aturan ini sangat mengikat dan juga mengikat semua anggota masyarakat di negara ini. Jika tujuan dari pasukan adalah agar semua orang atau anggota komunitas mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh hukum.

Baca Juga Contoh Norma Kesopanan

Sifat Dari Legals Norm

Bahkan, standar hukum ini mempunyai ada beberapa fitur mendasar, termasuk yang berikut:

  • Wajib, itu adalah salah satu karakteristik yang mencakup kewajiban wajib untuk mematuhi terlebih dahulu, apakah itu perintah atau larangan.
  • Secara opsional, ini adalah salah satu fitur yang tidak mengikat sebelumnya, yang berarti tidak boleh diikuti.

Contoh Dari Norma Hukum

Contoh Norma Hukum Di Masyarakat, Abis itu memeriksa beberapa kejelasan dari aturan hukum yang disebutkan di atas, untuk lebih lanjut memahami mereka, kita dapat melihat beberapa contoh aturan hukum ini, yaitu:

  1. Bagian 362 KUHP, yang menyatakan bahwa “siapa pun harus menyita atau menghapus properti milik atau milik pihak ketiga”. Kemudian, penulis dianggap telah melakukan pencurian. Oleh karena itu, pelaku akan dihukum atau dihukum lima tahun penjara atau didenda sekitar 60 juta rupiah.
  2. Pasal-1234-BW, dengan kata-kata berikut: “Setiap kelompok atau anggota masyarakat memiliki hak untuk memberikan sesuatu, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu”.

Pasal 40 (1), khususnya Undang – Undang Nomor 15 Tahun 2002, yang memuat Undang-Undang Uang Pidana, yang menyatakan: “Siapa pun yang melaporkan dugaan tindak pidana pencucian uang akan menikmati perlindungan khusus terhadap orang tersebut. . “

Selain contoh – contoh standar hukum di atas, ada beberapa contoh lain yang telah diperoleh dari beberapa aspek, yaitu:

1. Contoh Legals Norm Di Sekolah

  1. Siswa harus hadir paling lambat sepuluh menit sebelum bel bunyi.
  2. Semua siswa harus mengenakan seragam dengan rapi dan melengkapi sumber dayanya.
  3. Rambut siswa laki – laki tidak boleh melebihi panjang kerah seragam sekolah.
  4. Semua siswa diharuskan menghadiri upacara melaksanakan aple rutin pada hari Senin pagi atau upacara untuk memperingati hal – hal tertentu yang terkait dengan negara.
  5. Sebelum pengajaran dan pembelajaran dimulai, siswa dan guru terlebih dahulu harus melakukan kegiatan doa bersama.
  6. Siswa dilarang membawa barang berharga ke lingkungan sekolah.

2. Contoh Legals Norm Di Masyarakat

  1. Tamu harus memberi tahu kepala RT setempat 1 x 24 jam.
  2. Penduduk baru harus memberi tahu kepala RT dan kepala RW setempat.
  3. Setiap hari Minggu, semua ibu dengan mempunyai bayi dan anak kecil berpartisipasi dalam program Posyandu (Posto Integrado de Serviços).
  4. Setiap pemilik rumah berkewajiban mengirim perwakilan pria berusia di atas 17 tahun untuk berpartisipasi dalam Siskamling atau (skema perlindungan lingkungan).
  5. Setiap Sabtu pagi, warga harus menghadiri layanan masyarakat.
  6. Setiap pemilik rumah diwajibkan melakukan pembayaran dalam uang TR setiap bulan.
  7. Warga Indonesia berusia 17 tahun ke atas harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Apa itu Ketentuan Norma Hukum?

Aturan hukum ialah aturan yang berasal dari hukum, peraturan, tata cara dan sebagainya, yang dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian.

Apa peran dari adanya Norma Hukum?

Fungsi utamanya ialah dari aturan hukum ini adalah untuk dapat melacak seseorang yang telah melakukan tindakan yang bertentangan dengan aturan hukum tersebut.

Bagaimana proses dari Norma Hukum?

Sekali pun sudah ada standar yang menggunakan untuk menjaga keseimbangan dan keamanan, perilaku sebagai panduan masih sering dilanggar atau tidak diikuti. Maka dari itu, aturan hukum ini ditetapkan sebagai peraturan / perjanjian tertulis dengan sanksi dan instrumen penegakan hukum.

Demikianlah artikel Contoh Norma Hukum Di Masyarakat  diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.