Macam Macam Norma Dalam Masyarakat

Diposting pada

Macam macam Norma – Kata norma berasal dari bahasa Belanda, yang berarti “norm”, yang berarti standar, pedoman atau prinsip. Namun, beberapa pendapat mengatakan bahwa istilah norma berasal dari bahasa Latin “Mos”, yang berarti kebiasaan atau perilaku.

Standar biasanya berlaku di lingkungan komunitas tertentu. Misalnya, dalam etnis tertentu atau negara tertentu. Namun, ada juga norma yang berlaku untuk semua orang dan bersifat universal.

Memahami norma, yaitu aturan perilaku dalam kehidupan sosial. Baik individu maupun kelompok yang melanggar standar Komunitas akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan. Karena itu norma memiliki kekuatan dan bersifat kompulsif.

Baca Juga Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

·        Utrecht

Norma merupakan segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

·        Isworo Hadi $iyono

Menyatakan bahwa norma ialah suatu bentuk peraturan ataupun petunjuk hidup yang memberikan acuan terhdap apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang harus di hindari, dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.

·        Richard T. Schaefer nd  Robert P. Lamm

Norma ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat

·        Soerjono Soekanto

Norma ialah sebuah perangkat dimana hal itu dibuat agar hubungan didalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan. Segala norma yang dibuat akan mengalami proses dalam suatu masyarakat sehingga norma norma tersebut diakui, dihargai, dikenal dan ditaati oleh warga masyarakat dalam kehidupannya sehari hari.

Fungsi Norma

·        Sebagai pedoman atau aturan tingkah laku dalam lingkungan masyarakat.

·        Sebagai alat untuk mentertibkan dan menstabilkan kehidupan social.

·        Sebagai system control social dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Norma Sosial

1.     Umumnya tidak tertulis

2.     Hasil dari kesepakatan masyarakat.

3.     Warga masyarakat sebagai mendukung sangat mentaatinya

4.     Apabila norma dilanggar maka yang melanggar norma akan mendapatkan sanksi

5.     Norma soasial kadang kadang bisa menyesuaikan perubahan sosial, Sehingga norma sosial bisa mengalami perubahan.

Macam-Macam/Jenis-Jenis Norma

·        Norma Agama

Yaitu norma norma yang berasal dari ajaran Tuhan Yang Maha Esa, ajaran ajaran tersebut berisi perintah dan larangan, sebagai masyarakat yang religius, norma agama padamasyarakat di indonesia sebagian besar dijunjung tinggi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga Norma Agama Adalah : Pengertian, Fungsi, Sanksi, Contohnya

·        Norma sesusilaan

Yaitu Norma yang sumber dari hati nurani manusia yang diakui kebenaranya oleh masyarakat banyak. Salah satu contoh norma kesusilaan adalah memberi bantuan kepada orang yang sedang membutuhkan, menepati / amanah yang di embankan kepadanya serta mampu berkata jujur.

·        Norma Kesopanan

Berbeda dari norma kesusilaan , norma kesopanan lebih mengarah kepada bagaimana sikap dalam bertingkah laku di masyarakat baik dalam pergaulan, perkataan, maupun tingkah laku dan sebagainya. Sebagai contoh dari norma kesopanan adalah mengenakan pakaian yang sopan, berbicara lemah lembut kepada orang yang lebih tua, Saling bertegur sapa dll.

·        Norma Hukum

Norma Hukum ialah norma yang aturannya lebih tegas dari norma norma yang lain sebab norma hukum dikeluarkan oleh pemerintah secara resmi dan memiliki aturanyang disebut undang undang yang bersifat mengikat, serta dapat memaksa masyarakat untuk tunduk terhadap norma tersebut dikarnakan sanksi yang tegas terhadap pelangarannya. contoh norma hukum yaitu hukuman mati terhadap kejahatan pembunuhan berencana, hukum kebiri, serta hukuman penjara dll sebagainya.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih