Norma Adalah

Diposting pada

Norma Adalah – Kata – kata norma tentu kita sering mendengarnya, karena kata – kata ini sangatlah sering diucapkan atau diajarkan dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

Ini sangat masuk akal karena, norma tersebut berkaitan erat dengan aktivitas dan perilaku kita sehari – hari. lalu, bahwa dikatakan norma ialah aturan yang mengikuti tindakan serta sikap seseorang dalam hubungannya dengan orang lain.

Jika ingin tau lebih jelas lagi tentang norma-norma di masyarakat. Mari kita beralih ke penjelasan di bawah ini.

Definisi Norma

Norma atau yang biasa dikenal dengan aturan, referensi, pedoman dan regulasi untuk perilaku dan saling ketergantungan antara orang yang hidup dalam kelompok yang sama yang hidup bersama.

Ketentuan tersebut bersifat mengikat setiap orang yang ada didalam lingkungan bermasyarakat, artinya semua orang yang terlibat diwilayah itu harus menaati semua peraturan yang berlaku.

Aturan ini adalah wajib untuk semua anggota masyarakat, yang berarti bahwa semua masyarakat tanpa terkecuali yang terlibat di daerahnya harus mematuhi semua peraturan harus dipatuhi.

Oleh karena itu, dalam etimologi, kata norma asalnya dari bahasa Belanda, itu adalah kata “norm”, yang dalam masyarakat berarti referensi, prinsip atau referensi ke buku teks.

Namun, ada yang berpendapat bahwa kata norma asalnya dari bahasa Latin, yang berasal dari kata “mos”, yang artinya kebiasaan, kode etik, atau kebiasaan.

Tujuan Dari Norma

Secara umum, standar ini dirumuskan dengan niat baik untuk masing – masing anggotanya. Tujuannya ialah standar ini adalah sebagai panduan, arah, dasar dan perintah untuk setiap anggota komunitas.

Untuk tetap bersama dan menciptakan lingkungan sosial yang tertib dan damai dan bertujuan untuk mengatur perilaku masyarakat yang baik dan yang tidak.

Dengan kita mematuhi semua Norma yang berlaku dilingkungan masyarakat, dapat dikatakan bahwa kita telah menciptakan rasa berbangsa, bernegara serta bermasyarakat yang tertib, aman, nyaman, dan damai.

Dengan mentaati danya norma yang diberlakukan di sekitar kita, dapat disebutkan ialah kita telah membuat rasa kebangsaan, negara dan masyarakat yang damai dan tertib.

Karakteristik Dari Norma

Oleh karena itu, semua bisa dengan mudah memahami aturan yang berlaku di masyarakat, dengan mempertimbangkan beberapa karakteristiknya, khususnya, sebagai berikut:

  1. Aturan umumnya mengikat, jika ada pelakunya, maka akan menerima sanksi.
  2. Pada dasarnya, standar tidak tertulis tetapi berbeda dari standar hukum.
  3. untuk anggota kelompok komunitas harus mengikuti aturan yang berlaku yang sudah disepakati.
  4. Aturan-aturan ini dapat berubah dari waktu ke waktu.
  5. Ini dapat dikatakan sebagai perjanjian kolektif untuk setiap anggota komunitas.

Macam Macam Norma

Perlu kalian ketahui, bahwa terdapat beberapa Norma yang berlaku dilingkungan keluarga dan masyarakat, yaitu diantaranya adalah :

1. Religious Norma

Norma agama ialah yang ketentuan kehidupan masyarakat yang asalnya dari Tuhan Yang Maha kuasa, bahwa jika itu merujuk pada perintah, ajaran, dan juga larangan yang dikenakan oleh agama.

Anda harus tahu bahwa standar ini berasal dari wahyu Allah, yang mendasar dan menetapkan berbagai ketentuan lainnya.

Contoh dari Religious Norma :

  1. Agama telah mengajari kita bahwa kita tidak dapat memakan sedikit pun hak orang lain apapun itu bentuknya.
  2. Perzinaan tidak diizinkan.
  3. Agama telah mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan saling tolong menolong pada orang lain tanpa melihat status siapapun itu.

2. Immoral Norms

Norma kesopanan atau norma Suzila ialah aturan hidup yang dianggap nurani manusia, yang terkait erat dengan perilaku baik atau buruk manusia.

Dengan kata lain, norma ini asalnya dari derita moralitas dan hati nurani. Di dalam, aturan ini kurang ketat jika ada pelanggaran sanksi yang tidak tegas.

Contoh Dari Immoral Norms :

  1. Kita itu saling menghargai dan menghormati orang lain.
  2. Jangan bertengkar dan jangan bunuh sesame makhluk hidup.
  3. Jujur dan adil dengan orang lain.

3. Courtesy Norm

Norma Kesopanan ialah bentuk aturan yang berasal dari hubungan orang – orang yang berada dalam suatu kelompok dan dianggap sebagai masalah yang sangat penting dalam masyarakat.

Norma ini memberlakukan sanksi pada mereka yang melanggar norma – norma ini, tetapi sifatnya kurang ketat. Hukuman dari standar sopan ini dapat berupa teguran atau cemoohan orang lain.

Contoh Dari Courtesy Norm :

  1. Melaksanakan program 5S, yaitu sopan, santun, senyum, sapa, salam dan juga kesopanan dalam kehidupan sosial.
  2. Juga dilarang mengucapkan kata – kata kasar yang menyinggung orang lain.
  3. Menghormati dan menghargai orang tua.

4. Habitual Norms

Aturan kebiasaan ialah jenis aturan yang asalnya dari tindakan yang berulang dan dapat diadopsi oleh masyarakat setempat dan secara tidak sengaja menjadi kebiasaan.

Ada hukuman yang tidak dapat diterima dalam peraturan ini yang akan dikenakan pada mereka yang melanggar aturan kebiasaan, yang dapat berupa kritik, dan bahkan dibully.

Contoh Dari Habitual Norms :

  1. Anda perlu menyikat gigi setiap hari untuk menjaga napas.
  2. Mandilah dua kali sehari.
  3. Jika Anda sedang abis dari perjalanan jauh, bawalah hadiah untuk orang yang Anda cintai.
  4. Upacara Kota Tedak dipimpin oleh Komunitas Jawa.

5. Legals Norm

Standar hukum ialah ketentuan yang ditulis oleh pemerintah atau pejabat yang dibidangnya, seperti presiden, menteri, dan lainnya. Aturan ini bersifat memaksa, yang bertujuan melindungi seluruh masyarakat.

Contoh Dari Legals Norma :

  1. Contoh yang pertama ialah kalau ingin mengendarai sebuah mobil, Anda wajib mematuhi peraturan lalu lintas, contohnya mematuhi lampu merah, mematuhi rambu lalu lintas, dan jangan lupa memiliki SIM dan surat – surat kendaraan lengkap.
  2. Yang kedua ialah ingin mengendarai sepeda motor di jalan, Anda harus mengenakan helm.

Manfaat Menaati Norma Didalam Masyarakat

bukan hanya mencapai tujuan namun juga mengikuti standar dalam kehidupan sehari – hari membawa banyak manfaat yang kita rasakan bersama, termasuk:

  1. Berguna untuk membangun kehidupan yang damai dan nyaman.
  2. Membantu mencegah perselisihan dalam keluarga dan masyarakat.
  3. Batasi perilaku orang sehingga mereka tidak menyimpang dari jalan.
  4. Sangat membantu untuk memiliki seseorang yang lebih loyal dan berdedikasi.
  5. Sangat membantu untuk membantu seseorang mengendalikan sikap, ucapan, dan juga melalui kesadaran teguran.

Apa yang dimaksud dengan Norma?

Norma atau yang biasa dikenal dengan aturan, referensi, pedoman dan regulasi untuk perilaku dan saling ketergantungan antara orang yang hidup dalam kelompok yang sama yang hidup bersama.

Mengapa Nilai dan Norma sangat diperlukan bagi masyarakat?

Norma membutuhkan norma karena bertujuan untuk mencapai ketertiban di lingkungan masyarakat.

Bagaimana proses pembentukan norma dalam kehidupan sosial?

Dalam kehidupan sosial, orang dikatakan makhluk sosial yang bergantung pada orang lain, hidup berkelompok, baik dalam kelompok komunal ataupun material.

Oleh karena itu, untuk menghindari komunitas, masyarakat menetapkan standar sebagai panduan untuk perilaku masyarakat untuk menjaga keseimbangan dalam lingkungan sekitarnya.

Demikianlah artikel Norma Adalah diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.