Aspek Aspek Keamanan Komputer (LENGKAP)

Diposting pada

Pengertian dari Keamanan Komputer

Aspek Aspek Keamanan KomputerPemahaman tentang keamanan komputer sangat berbeda. Sebagai contoh, kita dapat melihat beberapa definisi keamanan komputer, menurut para ahli:

  • John d. Menurut buku Howard “Sebuah Analisis Insiden Keamanan Internet” menyatakan:

“Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan terhadap serangan jaringan komputer atau pengguna jaringan resmi yang tidak ingin bertanggung jawab.”

  • 1999 Dalam bukunya “Keamanan Komputer” oleh Goldman:

“Keamanan komputer menyiratkan pengendalian diri dan deteksi penyusup tak dikenal dalam sistem komputer.”

Aspek – aspek Keamanan Komputer

Inti dari keamanan komputer adalah untuk melindungi komputer dan jaringannya untuk mengamankan informasi yang dikandungnya. Keamanan komputer mencakup beberapa aspek, termasuk:

  • Perlindungan data yang bersifat rahasia (berikan). Ini adalah faktor yang mencegah orang yang tidak berwenang mengakses informasi.
  • Data yang disediakan untuk pihak lain untuk perlindungan privasi, untuk tujuan khusus, namun demikian ditransfer.
  • Dalam hal integritas, penekanan pada informasi hanya boleh diubah oleh pemilik informasi
  • Ini terjadi ketika pengguna masuk dengan nama pengguna dan kata sandi, terlepas dari apakah visualisasi asi, kustomisasi diterima dan ditolak.
  • Ketersediaan Aila, faktor ini tergantung pada apakah data tersedia saat dibutuhkan.

Langkah-langkah Keamanan Komputer

  • Aset: “Perlindungan aset penting dan merupakan langkah pertama dalam berbagai implementasi keamanan komputer.”
  • Analisis analisis risiko: “Identifikasi potensi bahaya, yang merupakan peristiwa potensial yang menyebabkan kerusakan sistem.”
  • Perlindungan: Ini adalah “usia jaringan, perlu khawatir tentang keamanan PC dan sistem komputer yang terhubung ke jaringan.
  • Aksesori: Ini adalah “alat yang digunakan pada PC memainkan peran penting dalam keamanan karena alat yang digunakan harus sepenuhnya aman.”
  • Prioritas: “Perlindungan PC keseluruhan”.

Ancaman atau Serangan Umum Pada Komputer

Ancaman / serangan yang dapat terjadi terhadap komputer meliputi:

  • Sniffing

Membaca data yang tidak disengaja disebut sniffing. Program sniper yang digunakan adalah monitor jaringan dari Distinct Corporation. Program ini adalah versi percobaan yang berumur 10 hari.

  • Spoofing

Teknik spoofing adalah pemalsuan alamat IP penyerang, sehingga target memperlakukan alamat IP penyerang sebagai alamat IP host di jaringan dan bukan di luar jaringan.

  • Eksploitasi jari

Penggunaan awal eksploitasi jari adalah untuk bertukar informasi antara pengguna di jaringan.

  • Brute Force

Brute Force adalah salah satu pelanggaran keamanan yang menggunakan kata sandi.

  • Password Cracking

Meretas kata sandi adalah metode untuk memerangi perlindungan kata sandi terenkripsi dalam sistem.

  • VIRUS

Virus komputer dapat didefinisikan sebagai program komputer biasa. Namun, ia memiliki perbedaan mendasar dengan program lain, yaitu menginfeksi, memodifikasi, memanipulasi dan menginfeksi virus dengan program lain.

Baca Juga Teknologi Perangkat Keras Komputer : Hardware, Contohnya

Cegah Serangan pada Komputer

Ada 4 elemen yang dapat digunakan untuk mencegah serangan atau kebocoran sistem:

  • Desain
  • Aplikasi yangManajemen
  • Manusia (Administrator)

Password

Pengertian Password

Kata sandi adalah bentuk informasi otentikasi rahasia yang mengontrol akses ke informasi. Namun, kata sandi bahkan tidak berarti bentuk kata-kata; Kata sandi bukanlah kata-kata yang tidak berarti.

Selain itu, kata sandi digunakan lebih tepat untuk menggambarkan frasa sandi. Kata sandi terkadang digunakan dalam bentuk angka atau (digit). Contohnya adalah nomor identifikasi pribadi (PIN). Kata sandi biasanya pendek dan karenanya mudah diingat.

Password Policy / Kebijakan Pengamanan

Apa yang disebut kebijakan keamanan, atau kebijakan kata sandi, adalah seperangkat aturan yang dirancang untuk meningkatkan keamanan informasi dengan mendorong pengguna untuk menggunakan dan memasukkan kata sandi aman yang sesuai. Kebijakan keamanan sering menjadi bagian dari aturan resmi organisasi. Kebijakan keamanan dapat dilaporkan atau digunakan dengan melakukan berbagai tes pada sistem operasi.

Pedoman keamanan umumnya sederhana dan banyak digunakan, yang dapat dipahami dan diikuti oleh setiap pengguna dalam sistem. Ini termasuk tingkat keamanan yang dapat melindungi data penting yang disimpan oleh setiap pengguna.

Kebijakan keamanan mempertimbangkan, bagi orang lain, yang memiliki akses ke sistem, yang memungkinkan program diinstal dalam sistem, siapa yang memiliki data apa, kemungkinan perbaikan kerusakan dan penggunaan sistem yang tepat.

Baca Juga Perkembangan Komputer : Pengertian, Sejarah, Generasi dan Jenisnya

Kesalahan Utama Kata Sandi Pengguna

Ada lima kesalahan umum yang dilakukan orang lain untuk mencuri data mereka, meretas login, dan sebagainya. Orang-orang biasanya mengunci pintu mereka sebelum meninggalkan rumah. Tetapi orang-orang berperilaku kejam saat menggunakan komputer. Bukan hanya pengguna, tetapi juga administrator mereka.

Dari lima kesalahan, hanya empat yang terkait erat dengan penggunaan kata sandi. Empat kerentanan utama yang terkait dengan pengamanan kata sandi adalah sebagai berikut:

  • Kata Sandi Tulis kata sandi di atas kertas. Pengguna biasanya menulis kata sandi di selembar kertas dan kemudian menempelkannya di PC mereka atau di dekat monitor. Mereka terlalu malas untuk mengingat kata sandi, jadi tuliskan dan tuliskan sehingga semua orang bisa membacanya. Ini didasarkan pada penelitian oleh badan keamanan A.S., yang menunjukkan bahwa sekitar 15 hingga 20% pengguna perusahaan melakukannya.
  • Kata sandi Pemilihan kata sandi salah. Saat memilih kata sandi, pengguna biasanya menggunakan nama orang dekat, mis. Misalnya, nama suami atau istri, nama teman, nama orang tua, nama hewan peliharaan, atau surat di sekitar mereka dapat dengan mudah digunakan oleh orang lain. Atau bahkan gunakan tanggal lahir Anda sendiri. Kata sandi yang salah dapat dengan mudah dipatahkan, terutama jika kata sandi cocok dengan nama pengguna. Jika Anda menggunakan kata sandi dengan kombinasi alfabet, angka dan case-sensitive, cracking bisa memakan waktu lama. Itu tergantung pada berapa lama kata sandi digunakan. Beberapa situs web saat ini menggunakan frasa ini sebagai situs web “hushmail”.
  • Hidupkan komputer. Banyak orang membiarkan komputer mereka tidak terlindungi. Jadi orang lain datang dan duduk untuk mengakses data. Berbagai sistem operasi menawarkan fungsi seperti screen saver, yang dapat diaktifkan atau dikunci setelah lima menit (tergantung pada pengaturan pengguna) segera setelah kami ingin meninggalkan komputer kami.
  • Perusahaan tidak memiliki kebijakan keamanan komputer. Tidak jarang banyak perusahaan Indonesia memilikinya karena mereka belum peduli dengan keamanan selain perusahaan multinasional. Ini karena perlunya kantor pusat untuk menerapkan pedoman di perusahaan mereka di Indonesia. Kebijakan keamanan ini mengatur semua pertanyaan yang terkait dengan keamanan komputer, mis. B. Menerapkan kata sandi untuk semua pengguna (mis., Panjang kata sandi minimum 9 karakter dengan kombinasi angka dan huruf). Jika ini dibatasi, mereka salah.

Penggunaan Password yang Baik

Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan komputer, terutama dari penggunaan kata sandi. Kata sandi sangat penting untuk proses paspor. Aspek Aspek Keamanan Komputer

Penggunaan kata sandi yang baik dan efektif harus:

  • Setidaknya harus ada 6-8 karakter dengan 6 karakter numerik, simbol atau menggunakan micro-housing.
  • Makna tidak memiliki makna atau makna. Kata sandi dengan makna mudah untuk ditetapkan. Anda harus menghindari menggunakan nama, alamat, tanggal lahir anggota keluarga, dll.
  • Al tidak mengandung urutan alfabet atau angka, mis. B. 67890 atau kl hijklmn.
  • Batas waktu yang valid harus ditentukan. Ini berarti bahwa kata sandi sering diubah.
  • Jangan menggunakan nama login (nama pengguna) sebagai kata sandi dengan mengubah huruf kapital, kontras, pengulangan, dll.
  • Jangan menggunakan kata-kata umum dan kata-kata dari kamus.
  • Jangan pernah menulis kata sandi yang Anda gunakan di tempat umum.
  • Jangan membuat kata sandi yang akan membuat Anda sulit untuk mengingatnya. Buat kata sandi yang mudah diingat tetapi sulit dimengerti.
  • Kata Sandi Jangan membagikan kata sandi Anda dengan orang lain.

Jika perlu, kami sarankan Anda menggunakan perangkat lunak atau utilitas tambahan untuk meningkatkan keamanan komputer Anda.

Demikianlah artikel Aspek Aspek Keamanan Komputer diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih