Teknologi Perangkat Keras Komputer : Hardware, Contohnya

Diposting pada

Daftar Isi

Pendahuluan

Perangkat Keras Komputer – Perangkat keras (Hardware) ialah peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporannya yaitu terdiri dari: input device, process device, dan output device.

Input-Output Device

Input-Output Device, ialah bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok,  yaitu :

Input Device (Alat Masukan)

ialah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.  Beberapa contoh piranti masukkan:

Keyboard

Ialah Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.  Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) yaitu A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : `~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . dan masih banyak lagi. selanjutnya tombol fungsi (F1–F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.

Secara fisik, mouse terbagi menjadi 4, yaitu:

  • Mouse Serial
  • Mouse PS/2
  • Mouse Wireless
  • Mouse USB

Mouse

Pada awalnya, mouse yang dibuat dengan menggunakan roda di bawahnya, namun dengan perkembangan teknologi yang kian maju, mouse yang beredar di pasaran sudah menggunakan sinar laser berwarna merah pada permukaan bawah dan di bawahnya digunakan lempengan logam sebagai penghubungnya.

Scanner

Scanner ialah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang bisa dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

Kamera

Apa itu kamera digital? Kamera digital adalah peranti yang menangkap gambar secara elektronis, dan menyimpannya dalam memori bukan di atas film. Karena itu Selama beberapa tahun ini kamera digital telah mempermudah kita dalam mengirim foto ke situs Web atau ke teman-teman kita lewat e-mail. Akan Tetapi foto digital tidak dapat dibandingkan dengan yang lain melainkan film saat kita hendak membagi kenangan kita ke teman atau keluarga seperti album foto sekarang telah ada kamera digital resolusi tinggi baru, dilengkapi dengan pencetak berkualitas foto, sehingga anda tidak membutuhkan film sama sekali.

Mic (Microphone)

Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Oleh karena itu, mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut ialah sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

Joystick

Alat yang digunakan untuk memindahkan objek gambar di dalam layer monitor.  Fungsi Joystick hamper sama dengan mouse, namu joystick hanya digunkan untuk program permainan (game).

Bar Code

Bar code ialah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan yang spesifik. Pengertian Bar code sendiri direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis).

Magnetic Ink Character Recognition (MICR)

Suatu komputer dapat membaca angka-angka dan huruf cetak dengan tinta yang berisi bahan magnetis.  MICR digunakan oleh bank untuk memproses cek.  Detail rekening pada dasarnya cek dapat diteliti dan dibaca dengan cara ini apabila MICR itu sendiri terhindar dari kotoran.

Optical Mark Reader (OMR)

Optical Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam bentuk angka-angka atau huruf dan memasukannya ke dalam komputer. Penempatan tanda harus tepat ditempatkan seperti kertas test pilihan berganda.

Digitizing Tablet

Digitizing tablet adalah suatu alat penunjuk yang memudahkan untuk memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang akurat.

Touch Screen

Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan Anda untuk menyentuh jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau tabel.  Tempat yang disentuh merupakan lokasi di mana suatu pilihan atau perintah akan dieksekusi.

Light Pen

Light pen ialah pointing device seperti pena dan dihubungkan ke VDU.  Ujung light pen ada unsur cahaya yang peka ketika ditempatkan terhadap layer, mendeteksi cahaya dari layar yang memungkinkan komputer untuk mengidentifikasi penenmpatan pena tersebut pada layer.

Output Device (Alat Masukan)

ialah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa soft-copy (ke kertas), hard-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Monitor

Layar monitor yaitu salah satu jenis soft-copy device dikarenakan keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layer monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. setiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda. Oleh karena itu Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Contohnya mulai dari bentuk yang besar dengan layer cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Printer dan Plotter

Printer dan plotter ialah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.

Baca Juga Syarat, Rukun dan Sunnah Puasa

Berikut ini Ada tiga jenis printer yang umum digunakan saat ini, yaitu printer Dot-Matrix, printer Ink Jet, dan printer Laser.

Teknologi Dot-matrix:

  • Kerapatan: 9 dpi dan 24 dpi,
  • Monokrom dan warna,
  • Kecepatan cetak: satu lembar setiap tiga menit.

Teknologi inkjet:

  • Resolusi: 360 x 360, 600 x 600, dan sebagainya
  • Monokrom dan warna,
  • Kecepatan cetak: 2 ppm, 3-5 ppm, 8 ppm, 12-16 ppm, dst.

Teknologi Laser:

  • Menggunakan teknologi electrostatic
  • Hasil percetakannya juga jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan int jet printer
  • Selanjutnya Keluaran percetakan akan diubah menjadi pulsa sinar laser dan ditambahkan ke dalam drum yang peka terhadap sinar laser
  • Ukuran kerapat menggunakan DPI (Dot Per Ink)

Plotter

Definisi Plotter yaitu secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer.  Yang membedakan secara umum adalah ukurannya.  Plotter bisa mencetak pada kertas ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.

Speaker

Fungsi speaker atau pengeras suara pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.  Yang membedakannya secara garis besar hanyalah pada ukurannya.  Jadi Speaker pada computer didisaign atau dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat.

Projector

Ialah suatu Alat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan ke layer yang lebih besar.

Prosessor

Ialah sebuah alat di mana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada alat output. karena, alat pemroses terdiri dari Central Processing Unit (CPU) dan memori utama (main memory). CPU terdiri dari komponen-komponen Control Unit, Arithmetic Logic Unit (ALU), dan register; sedangkan memori utama terdiri dari Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).

Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah tempat memproses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro (microprocessor). Proses CPU ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Selanjutnya Dalam dunia dagang pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium-I)

CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (Control Unit) dan unit Arithmetic and Logic Unit(ALU). Di samping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan berukuran kecil yang disebut register

CU (Control Unit) / Unit Kendali

Unit ini bertugas yaitu mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali ini akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama baru bisa untuk diolah. apaBila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

ALU (Arithmatic and Logic Unit)

Tugas utama atau definisi dari ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Oelh karena itu ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU ialah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Selanjutnya Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥ ).

Register

Register ialah alat penyimpangan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.

Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melekukan pengolahan data secara manual sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatanl.

Memori

Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Oleh karena itu Unit ini dapat dibayangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing dapat menyimpan sepenggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Tiap-tiap lokasi dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat (address), yaitu berupa nomor yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memori.

Selanjutnya Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte, misalnya 1 Mb, 4 Mb, 8 Mb, atau bahkan ada yang sampai 2 Gb. Oleh karenanya umumnya 1 byte memori terdiri dari 8–32 bit (binary digit), yaitu banyaknya digit biner (0 atau 1) yang mampu disimpan dalam satu kotak memori.

demikianlah artikel yang diatas berjudul Teknologi Perangkat Keras Komputer  : Hardware, Contohnya daru ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima Kasih