Perkembangan Komputer : Pengertian, Sejarah, Generasi dan Jenisnya

Diposting pada

Definisi Komputer

Pengertian Komputer – Awal Kata Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung, pada mulanya komputer digunakan sebagai alat hitung, sehingga mesin penjumlah ataupun kalkulator secara teknis dapat disebut sebagai komputer.

Blissmer (1985) menjelaskan yaitu, komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan outputnya meninstruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Selanjutnya dapat kita simpulkan ialah bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Perkembangan Komputer

Pengertian Komputer – Komputer pertama yang menggunakan elektro mekanis dibuat pada 1944 oleh Howard Aiken yang bekerja sama dengan IBM (International Business Machine) corporation. Mesin ini dinamakan MARK 1.  Baru pada 1946 dibuat komputer elektronis pertama di University of Pennsylvania yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).

Pada 1950 Dr.John Von Nueman membuat komputer dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Selanjutnya Pada tahun 1949 tim dari Cambridge University membuat komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage  Automatic Computer). Komputer komersial pertma dijual oleh Sperry Rand Corporation pada 1949 dengan nama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer).

Sejak tahun tersebut hingga sekarang perkembangan komputer telah begitu pesat. Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membut komputer sekarang meninggalkan komputer yang lalu.

Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu:

Generasi pertama (1946 – 1959)

Pengertian Komputer – Yang pertama yaitu Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhan dan belum kompleks penggunaanya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer generasi pertama dibuat dalam bentuk yang besar dan lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang besar–besar.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :

  • Ukuran fisiknya besar.
  • Kecepatan proses lambat.
  • Cepat panas.
  • Membutuhkan listrik yang besar.
  • Menggunakan tabung hampa udara (Vacuum Tube).
  • Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
  • Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
  • Menggunakan konsep Stored Program.

Generasi kedua (1959-1965)

Yang kedua yaitu ialah pengembangan dari komputer generasi sebelumnya atau generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hebat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sbb :

  • Komponen telah menggunakan transistor
  • Ukuran fisiknya lebih kecil
  • Kecepatan prosesnya lebih cepat
  • Tidak cepat panas
  • Membutuhkan listrik lebih sedikit
  • Memori yang digunakan lebih besar
  • Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
  • Sudah dapat real time dan time sharing.

Generasi ketiga (1965-1970)

Pengertian Komputer – Yang ketiga yaitu Komputer dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selanjutnya  komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan di letakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sbb:

  • Komputer lebih menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “Chip” dalam bentuk Hybird Integrated Circuits atau  Solid Logic Technology (SLT). Yaitu transistor dan dioda di letakkan secara berpisah dalam satu tempat.
  • Kecepatan  prosesnya lebih cepat
  • Membutuhkan listrik lebih hemat
  • Terus Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
  • Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disck yang berkapasitas besar
  • Dapat untuk multi processing dan multi programming.

Generasi Keempat (1970-1995)

Pengertian Komputer – Yang ke empat yaitu Komputer pengembangan dari komputer generasi ketiga. Selain itu, Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan. Yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan. Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sbb:

  • Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration). Yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang didapatkan dalam satu buah chip.
  • Selain itu yaitu LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Larger Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang didapatkan.
  • Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Oleh karena itu, Penjelasan Ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia dilibatkan langsung sebagai objek sebagai komputer.

Jenis-Jenis Komputer

Komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :

  • Penanganan data dalam jumlah besar, seperti perhitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.  Contohnya : sensus di Amerika Serikat yang dilakukan dengan tangan membutuhkan waktu tujuh setengah tahun. Dengan mesin tabulasi mesin berlubang (punched card tabulating machine) yang dibuat oleh Herman Hollerith membutuhkan waktu dua setengah tahun, dan mesin ini dapat menghemat biaya sebesar lima juta dollar.
  • Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti perhitungan laporan bulanan suatu perusahaan.
  • Operasional seperti tempat-tempat yang tidak dapt dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
  • Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan metematika yang rumit.

Untuk lebih jelasnya tentang kegunaan komputer, komputer dibagi dalam beberapa klasifikasi, yaitu:

Baca Juga Rukun Iman : Pengertian, artinya

Berdasarkan Jenis Data yang Diolah

komputer Analog

Yang pertama yaitu Komputer analog ini digunakan untuk mengolah data kualitatif karena komputer ini digunakan untuk memproses data secara terus-menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini ialah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya adalah besaran arus listrik.

Komputer Digital (Digital Computer)

Yang kedua yaitu Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif karena komputer ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik (ON atau OFF). Keluaran dari komputer jenis ini baisa dalam bentuk angka atau huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis.

Komputer Hibrid (Hybrid Computer)

Yang ketiga yaitu Komputer hibrid ialah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuntitatif. Oleh karena itu Komputer hybrid ini lebih cepat lagi dibandingkan komputer jenis digital.                  

Berdasarkan Prosesor

  1. Mainframe

Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampua sangat besar karena ditujukan untuk banyak pengguna.  Mainframe disediakan untuk banyak pengguna dan setiap pengguna dapat menggunakan program yang berbeda-beda pada saat yang sama.  Komputer mainframe mempunyai CPU yang berada pada satu mesin sendiri, mempunyai perangkat penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja.  Komputer jenis ini bisanya digunakan pada perusahaan yang bersekala besar.

  • Minicomputer

Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Kita mabil contoh yaitu Komputer mini ini sangat cocok di perguruan tinggi atau kampus yang hanya memiliki satu atau dua fakultas, pabrik yang produknya hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah setempat.  Komputer mini sudah jarang digunakankarena lebih fleksibel menggunakan komputer PC dengan teknologi Local Area Network (LAN).

  • Personal Computer

Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah komputer yang ditujukan untuk satu pengguna dengan satu penggunaan program aplikasi pada  satu saat.  Selanjutnya yaitu perangkatnya dapat diringkas ke dalam satu mesin saja.

Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik

Pengertian Komputer – Sebelum lebih jauh lagi mengenali computer maka Perlu diketahui bahwa komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya.  Bukan berarti bahwa komputer yang bentuknya kecil memiliki kemampuan yang kecil pula.

  • Tower

Komputer ini umumnya banyak memiliki ruang, di dalamnya dan banyak memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expansion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

  • Desktop

Desktop ialah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja.  Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.

  • Portable

Portable adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari desktop karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa ke mana-mana.  Komputer ini kurang populer karena relative besar dan berat.

  • Notebook

Notebook adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan.  Contoh dari Notebook sendiri mempunyai ukuran sama seperti kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 1,5 sampai 6 kg.

  • Subnotebook

Subnotebook merupakan komputer yang berukuran di antara komputer notebook dan palmtop.  Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perngkat yang tidak dipasang biasanya disk drive.

  • Palmtop

     Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam.  Ukurannya yang sangat kecil.  Komputer ini sering disebut handheld computer.  Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik

Berdasarkan Bidang Masalah

  • Special purpose computer

Komputer jenis ini hanya dapat menyalesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukan dalam komputer ini, misal: komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.

  • General purpose computer

Komputer jenis ini dapat menyalesaikan bermacam-macam masalah. komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis.

Mengenal Sistem Komputer

Mari kita jauh lebih kenal lagi dari sistem komputer imerupakan mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Pengertian dari Perangkat keras ialah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer diatas ialah harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Jadi Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Selanjutnya Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Hardware (perangkat keras)

Hardware ialah peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan dan contonya terdiri dari: input device, process device, dan output device.

Software (perangkat lunak)

Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki.  Perangkat lunak dijalankan pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.

Contoh: DOS, Microsoft Windows, Unix dll.

Brainware (perangkat pikir)

Brainware yaitu orang yang menggunakan komputer.  Oramg tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi.  Perangkat piker sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device, karena komputer hanya akan bekerja jika mendapatkan intruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.

Contoh: operator, programmer, dan system analyst.

demikianlah artikel yang berjudul Perkembangan Komputer : Pengertian, Sejarah, Generasi dan Jenisnya dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan.