Alat Musik Tradisional Khas Sumatera Selatan

Diposting pada

Penjelasan

Alat musik Sumatera Selatan ialah komentar yang mengacu pada seni musik yang ada di ibukota Palembang. Tinjauan ini mencakup nama, sejarah, gambar, dan makna. Semua ini harus disampaikan untuk memperkaya wawasan pembaca yang mencintai seni nusantara.

Penting juga untuk menyampaikan bagaimana alat musik tradisional Sumatera Selatan dimainkan pada kesempatan ini. Ditiup, dipukuli atau dipetik. Belum tentu bisa memainkannya hanya untuk mengetahui bahwa kami pikir itu bisa mewakili sifat cinta. Memainkan alat musik daerah Palembang relatif mudah, tetapi mereka yang suka belajar telah kehilangan berat badan. Saya tidak tahu kenapa.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu

Kenong Basemah Palembang

Pagar alam, yang terletak di bagian barat provinsi Sumatera Selatan, dihuni oleh banyak penduduk Basemah. Suku Basemah dikenal memiliki alat musik yang dikenal sebagai Kenong Basemah. Bentuk instrumen ini hampir sama dengan instrumen Kenong pada umumnya, kecuali ukurannya lebih kecil. Alat musik ini, yang dimainkan dengan cara memukul, terbuat dari tembaga dan biasanya dimainkan bersama dengan Gamelan dan berperan sebagai alat musik melodi.

Gambus

Gambus ialah alat musik yang tersebar luas di Malaysia, sehingga kita dapat menemukan penyebaran alat musik ini di beberapa daerah di pulau Sumatera. Salah satu daerah di mana kita dapat menemukan alat musik gambus adalah daerah Sumatera Selatan. Instrumen ini banyak digunakan oleh orang-orang di wilayah tersebut, terutama di daerah-daerah dengan mayoritas etnis Melayu. Seperti kita ketahui bersama, alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki enam senar yang masuk dalam kategori alat musik dawai tradisional.

Terbangan

Penerbangan yang sebenarnya bukan alat musik asli dari Sumatera Selatan. Tetapi alat musik ini telah menjadi salah satu alat musik tradisional yang telah lama digunakan orang di Sumatra Selatan. Alat musik Tumpang sebenarnya adalah alat musik Rebana yang dibawa ke wilayah Sumatra Selatan oleh komunitas Melayu Aceh dalam penyebaran Islam di Sumatera Selatan. Tumpang adalah alat musik yang terdiri dari 4 rebana dan dimainkan dengan cara mencolok. Sebagai aturan, instrumen ini dimainkan pada Hari Thanksgiving dan dimainkan bersama dengan instrumen musik.

Burdah atau Gendang Oku

Burdah ialah alat musik yang digunakan oleh banyak orang di Sumatera Selatan, terutama oleh Ogan Komering Ulu (OKU). Burdah lebih dikenal sebagai drum OKU karena instrumen ini pertama kali ditemukan dalam budaya komunitas OKU. Drum OKU terdiri dari kayu nangka dan kulit binatang dan dikenal sebagai alat musik berirama.

Instrumen ini sering dimainkan di acara-acara tradisional seperti pernikahan, latihan seni bela diri dan banyak acara lainnya. Instrumen ini dimainkan dengan cara memukul.

Kolintang

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

ialah alat musik tradisional Sumatera Selatan, yang merupakan susunan logam kecil yang dipukul dengan raket yang dibuat khusus. Alat musik ini sering dimainkan oleh orang-orang Komering selama upacara tradisional serta pertunjukan seni tradisional. Kolintang memiliki nama yang berbeda di daerah lain di Indonesia, misalnya di Riau instrumen ini disebut Talempong atau Calempong.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Jambi

Marawis

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat musik ini terdiri dari kayu, kulit binatang dan tali. Alat musik ini seperti drum berkepala dua, tetapi memiliki tubuh pendek dan biasanya dimainkan sebagai iringan lagu-lagu bernuansa Islam selama acara keagamaan, tetapi juga sebagai pendamping tarian Zapin.

Biola

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Instrumen ini terdiri dari ukiran dan dawai kayu. Alat musik gesek yang menyerupai biola Eropa. Instrumen ini memiliki empat senar dan busur. Biola ini biasanya dimainkan bersama dengan lagu-lagu upacara tradisional. Ini juga dimainkan bersama lagu-lagu rakyat.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermnafaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih