Alat Musik Tradisional Khas Lampung

Diposting pada

Daftar Isi

Penjelasan

Alat musik Lampung – gambar dan informasi adalah informasi tentang kesenian di Pulau Sumatera, tepatnya di daerah di bawah provinsi Lampung. Karena sifat tradisionalnya, penjelasannya hanya berisi instrumen yang dimainkan secara manual.

Sejarah telah menemukan bahwa musik di Lampung telah membantu menghidupkan kembali kepulauan kesenian. Hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya peninggalan sejarah yang dikenal dalam bentuk alat musik dalam bentuk fisik, baik dari bambu maupun dari bahan lain.

Pada zaman kuno, penduduk setempat memainkan alat musik karena acara atau festival tertentu. Karena jenis hiburan ini masih terbatas, tak perlu dikatakan bahwa pertunjukan seni musik berasal dari berbagai daerah. Sekarang pertunjukan musik di Lampung dapat dilihat di setiap pernikahan atau sunat.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Sumatera Selatan

Dalam uraian berikut, Anda akan menemukan alat musik yang juga tersedia di daerah lain. Ini karena ada suku yang tinggal di provinsi yang berbeda.

Apakah alat musik tradisional Lampung masih dikenali? Bagi mereka yang tidak mengenalinya, silakan merujuk ke informasi berikut.

Gendang

Gendang ialah alat musik yang melekat dalam budaya masyarakat Indonesia. Gendang dapat ditemukan di beberapa wilayah nusantara selain Lampung. Drum juga merupakan alat musik yang telah lama digunakan oleh masyarakat adat di berbagai daerah di Indonesia. Bahan untuk membuat drum adalah kayu dan bagian atasnya terbuat dari kulit binatang. Memainkan instrumen drum biasanya bertepatan dengan instrumen lain dalam ritme tertentu.

Membling

Membling adalah alat musik lampung tradisional yang mirip dengan alat musik Hasapi dari Sumatera utara. Alat ini dimainkan dengan cara memetik dan biasanya dimainkan secara terpisah untuk mengekspresikan perasaan hati. Bending terbuat dari kayu dan senar 2. Bagian atas instrumen ini didekorasi sesuai dengan ukuran orang yang menggunakan kopiah.

Gamolan

Alat musik ini ialah salah satu alat musik yang sangat khas dari Lampung. Alat musik Gamolan hampir sama dengan alat musik Gamelan dari wilayah Jawa, tetapi ada perbedaan yang signifikan. Gamolan oleh Lampung terdiri dari susunan bambu yang diikat dengan tali dengan desain khusus.

Cara instrumen ini dimainkan sama dengan instrumen gamelan yang dimainkan dengan cara memukul. Orang Lampung memainkan alat musik ini di acara-acara tradisional tertentu. Gamolan diketahui telah ada sejak abad ke 4 Masehi. Ini muncul dari hasil penelitian seorang peneliti Australia yang menemukan gambar Gamelan pada relief candi Borobudur.

Kerenceng atau Terbangan

Tumpang atau Kerenceng adalah salah satu alat musik tradisional dari Lampung, yang juga bisa kita temukan di Sumatera Selatan. Alat musik ini identik dengan seni yang berbau religius (Islami), sehingga alat musik ini dapat ditemukan di beberapa daerah di Pulau Sumatra. Instrumen ini memiliki bentuk yang sama dengan Rebana, kecuali bahwa ada dua tepi logam tipis yang menghasilkan suara yang harmonis saat bermain. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan lagu tersebut.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu

Kompang / Khaddap

Kompang ialah salah satu alat musik lampung tradisional yang berdampak pada budaya Timur Tengah, yaitu bahasa Arab. Alat musik ini adalah alat musik perkusi dan terdiri dari kambing pena. Alat musik ini biasanya dimainkan secara berkelompok sambil duduk, berdiri atau berjalan.

Serdam

Serdam

Serdam ialah senegaranya seruling yang terbuat dari bambu tipis dengan empat (4) lubang, tiga di bagian atas dan satu (1) di bagian bawah, pegangan tiup di ujungnya dengan resonansi penyeberangan udara pada kulit bambu.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih