Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Tengah

Diposting pada

Alat musik Kalimantan Tengah – deskripsi adalah informasi penting untuk dibaca oleh semua warga negara Indonesia yang mengaku mencintai seni nusantara. Terutama pada kesempatan ini, informasi dilengkapi dengan cara bermain. Sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar tentang alat musik daerah ini disingkat Kalimantan Tengah.

Mengenai Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah

Berdasarkan informasi di halaman Wikipedia, ia menyatakan bahwa Kalimantan Tengah adalah salah satu negara di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kota wilayah ini, disingkat Kalimantan, adalah Kota Palangka Raya dengan luas 157.983 kmĀ².

Mempertimbangkan sensus 2010, populasi provinsi ini adalah 2.202.599, terdiri dari 1.147.878 pria dan 1.054.721 wanita.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Karena Kalteng sangat kaya akan seni dan budaya, kami juga telah mempelajari kostum tradisional Dayak dan rumah-rumah tradisional di Pusat Kalimantan beberapa waktu lalu.

Mari kita bahas satu per satu tentang alat musik tradisional khas Kalimantan Tengah. Informasi di bawah ini.

Garantung

Garantung via Blogger

Garantung ialah salah satu alat musik yang bernilai sakral di kalangan masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Menurut informasi, dapat dikatakan bahwa alat musik kuno ini persis Gong. Garantung terbuat dari kuningan atau logam perunggu. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa Garantung memasuki Kalimantan, terutama selama hubungan perdagangan antara orang Dayak di Kalimantan dan pedagang di pulau Jawa. Namun, orang Dayak umumnya percaya bahwa alat ini berasal dari surga atau surga.

Untuk komunitas pemukulan Garantung, itu bukan hanya alat musik biasa, tetapi juga Garatung adalah benda berharga yang dapat digunakan sebagai alat pertukaran dalam upacara pernikahan dan bahkan alat komunikasi lama untuk arwah leluhur. Oleh karena itu, instrumen ini sering digunakan dalam ritual tradisional masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah.

Babun

Babun via WordPress

Babun ialah alat musik yang ditumbuk langsung dengan tangan. Alat musik ini terbuat dari kayu, kedua ujungnya ditutupi kulit binatang. Di daerah lain, alat musik ini disebut drum atau gendang.

Japen

Japen via Blogger

Japen ialah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dari Orta Kalimantan dengan senar atau senar. Instrumen ini dikumpulkan dan dimainkan. Meski terlihat seperti gitar, suara yang dihasilkan saat dimainkan lebih seperti harpa.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Selatan

Katambung

Katambung via Kamerabudaya

Alat musik Katambung sangat melekat pada ritual tradisional di Kalimantan Tengah. Alat musik tua ini ditembak dan dicuri. Umumnya, orang memainkan alat musik ini dengan teknik yang berbeda disesuaikan dengan upacara.

Jika instrumen tidak dimainkan dengan nada yang lebih ceria, biasanya di resepsi para tamu selama upacara Gawi. Namun, pada upacara matei Gawi, instrumen ini dimainkan ketika suasana hening memainkan nada.

Saluang

Saluang via Wikipedia

Saluang ialah alat musik Kalimantan Tengah yang ditumbuk. Alat ini terbuat dari bambu atau kayu. Nada yang dihasilkan oleh instrumen ini cukup sederhana, yaitu, do, re, mi, sol dan la.

Saron

Alat musik Saron sama seperti alat musik Saluang, tetapi perbedaan antara kedua perangkat terletak pada bahan baku pabrikan. Jika salung terbuat dari kayu atau bambu, saron terbuat dari logam atau besi. Nada yang dihasilkan dari instrumen ini hanya 5 not, yaitu do, re, mi, sol, la.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Barat

Serupai / Tote

Serupa atau tote adalah alat musik tradisional yang dimainkan oleh Kalimantan Tengah dengan meniup. Alat ini terbuat dari bambu kecil kering. Lidah diberikan ke ujung dalam dan sebuah lubang diberikan pada tubuh untuk menghasilkan nada.

Instrumen ini dapat digunakan sebagai penghibur pribadi atau sebagai bagian dari upacara tradisional untuk masyarakat Kalimantan Tengah. Salah satu upacara menggunakan Serupai dimainkan di puncak upacara Belian, Serupai atau Tote Ngawak.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih