Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung

Diposting pada

Daftar Isi

Penjelasan

Alat Musik Bangka Belitung – memiliki banyak alat musik tradisional. Instrumen tradisional ini termasuk dambus, suling, gendang melayu, rebab, caklemong, gong, gambang, dan rebana. Berikut ini adalah ilustrasi dan ilustrasi jenis alat musik tradisional di Kepulauan Bangka Belitung.

Dambus

Dambus ialah alat musik yang terbuat dari kayu meranti atau. Ada dua jenis rahang, yaitu yang besar dan yang kecil. Ada enam string untuk kedua jenis bendungan.

alat musik tradisional Dambus belitung

Belati besar, panjang 83 cm, lebar 14 cm, tebal 9-10 cm. Panjang pegangan 26 cm, panjang perut 28 cm, panjang kepala 25 cm. Belati kecil sepanjang 12 cm, lebar 4 cm, dan tebal 3 hingga 3,5 cm. Panjang pegangan 5,5 cm, panjang perut 5,5-6 cm, panjang kepala 5 cm, panjang tanduk 3 cm, lebar pegangan 1,3 cm.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Sumatera Selatan

Suling

alat musik tradisional suling belitung

Suling ialah instrumen kayu. Ini memiliki suara seruling ringan dan dapat dikombinasikan dengan baik dengan alat musik lainnya. Teknologi seruling modern biasanya terbuat dari perak, emas atau campuran keduanya. Sementara itu, seruling siswa sebagian besar terbuat dari nikel-perak atau logam berlapis perak.

Seruling konser yang tipikal adalah C-enabled dan memiliki rentang 3-oktaf yang dimulai di tengah C. Namun, beberapa seruling ahli memiliki kunci tambahan untuk mencatat B di bawah tengah C. Seruling adalah salah satu instrumen orkestra yang tinggi. , hanya piccolo yang lebih tinggi dari seruling. Piccolo adalah seruling kecil yang menyalakan satu oktaf lebih tinggi dari seruling konser standar. Piccolo juga biasa digunakan dalam orkestra. Seruling konser juga disebut “Boehm” atau hanya seruling.

Gendang Melayu

alat musik tradisional gendang melayu belitung

Seperti drum di tempat lain, drum Melayu adalah alat musik. Biasanya, drum terbuat dari kayu membran (membran), yang dapat mengeluarkan suara saat dipancarkan. Drum berbeda, yaitu kecil, sedang, dan besar. Gendang kecil yang disebut gendang. Drum sedang dan besar disebut merah. Selain itu, ada drum dengan sisi rotan untuk mengencangkan dan melonggarkan.

Cara memainkan drum dengan pukulan di kedua tangan dan drum Anda. Drum melakukan banyak fungsi, seperti iringan tarian atau mewah, pemain irama atau dukungan orkestra yang dinamis, atau sebagai aksesori yang menghidupkan suasana.

Rebab

Rebab telah lama dikenal oleh orang-orang Bangka Belitung Malaysia, dan bahkan orang-orang Bangka Belitung Malaysia percaya bahwa keberadaan alat musik tradisional ini lebih dikenal di masyarakat daripada alat musik tradisional lainnya. Keberadaan instrumen biola tradisional ini tidak hanya menyenangkan atau iringan lagu-lagu tradisional Bangka Belitung, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana menyembuhkan pasien oleh tabib tradisional.

Caklemong

alat musik tradisional bangka belitung

Alat musik tradisional Caklemons (kenong) adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan alat musik perkusi. Alat musik ini dimainkan bersama dengan alat musik tradisional lainnya yang ditemukan di Bangka Belitung, seperti gambang, pirang, gong, bendungan, dan seruling yang menyertai acara dan pertunjukan tarian.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu

Gong

Gong adalah alat musik tradisional yang ditemukan di sebagian besar wilayah Indonesia. Alat musik tradisional ini juga terletak di wilayah Kep. Bangka Belitung mengiringi berbagai kesenian tradisional di lapangan. Istilah “gong” diambil dari suara yang dihasilkan oleh instrumen ini. Gong di daerah ini berdiameter 1 meter dan menggantung tegak. Selama pertunjukan, gong mengalahkan bagian awal dan akhir lagu.

Gambangan

Gambang adalah alat musik tradisional yang juga berlokasi di Bangka Belitung. Alat musik tradisional ini terbuat dari rak kayu di atas batu nisan yang bertindak sebagai resonator. Gambang di daerah ini terdiri dari lima papan kayu dengan ukuran berbeda. Setiap band gambang kayu akan memiliki nada melodi yang berbeda. Kayu yang digunakan untuk membuat instrumen ini adalah kayu meranti, kayu medali atau kayu libut.

Rebana

alat musik tradisional rebana belitung

Rebana ialah alat musik dengan film wajah dan kulit kambing. Saat bermain, drum ditempatkan di kaki pemain yang duduk dengan menyilangkan kaki. Lutut kanan pemain dimasukkan ke dalam tubuh drum untuk memecahkan kulit wajah untuk suara yang lebih keras. Irisan digunakan untuk menutupi kulit drum, yang ditempatkan di bawah tubuh drum, serta sepotong kecil rotan sebagai bahan peledak.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih