Tips Pertama
10 Tips Bermanfaat untuk Hari Pertama Kerja – Baru saja pindah kerja? Tidak perlu panic menghadapi hari – hari pertama dikantor baru, Asal Anda tahu bagaimana seharusnya bersikap, hari – hari pertama tidak akan terasa panjang dan membosankan?
Tips ini bisa “ menyelamatkan” Anda di hari – hari pertama di kantor yang baru antara lain:
Datang tepat Waktu.
Pegawai lama saja sebisa mungkin dating tepat waktu, apa lagi Anda yang masih terhitung baru. Bahkan , Jika memang memungkinkan, datanglah sedikit lebih awal.
Berbusana yang Tepat
Mau tidak mau, kesan pertama pasti akan membekas di mata teman – teman baru Anda ini. Karena itu, pastikan busana yang Anda kenakan terlihat bersih dan indah dipandang mata namun tidak berlebihan.
Temui rekan – rekan Kerja
Anda Tidak Cuma sekedar berkenalan, Ingatlah nama mereka semua. Cobalah belajar mengingat semua nama rekan – rekan Anda itu tanpa terkecuali.
Mendengar
Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah mendengar secara aktif. Bukan hanya mencari tahu informasi yang didengar saat rapat formal, tetapi juga informasi ringan saat istirahat makan siang. Kadang – kadang informasi seperti itu bisa berguna.
Jangan malu bertanya
Dengan mengajukan pertanyaan, Keberadaan Anda akan dilihat oleh orang – orang di saat rapat. Langkah tersebut juga bisa menjadi sarana untuk menunjukkan seberapa banyak pengetahuan Anda miliki.
Libatkan diri
Cobalah untuk terlibat dalam kegiatan kantor meski itu hanya kegiatan kecil sekalipun. Atau tidak ada salahnya bila Anda mengajukan diri untuk ikut terlibat dalam salah satu proyek-proyek kantor. Namun tentu saja pastikan dulu Anda Memang memiliki kompetensi untuk itu.
Berkomunikasi
Komunikasi tidak hanya penting di hari – hari pertama tetapi juga hari – hari selanjutnya. Karena itu, jangan takut untuk meminta saran dari rekan kerja Anda di saat menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas.
Hindari Gosip
Mengobrol di saat makan siang boleh – boleh saja, tapi hindari gossip, Cara yang paling aman adalah jangan member respon di saat ada rekan Anda yang bergosip tentang rekan lain.
Jangan pulang tepat waktu
Meski di hari – hari pertama Anda mungkin tidak terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, hindari pulang tepat waktu. Jangan matikan computer sekitar 10 – 15 menit lewat dari jam pulang untuk menunjukkan bahwa anda punya komitmen yang baik pada pekerjaan.
Tunjukkan sikap Positif
Walau hari – hari pertama di tempat kerja baru mungkin terasa tidak enak dan sedikit membuat anda “mati gaya” tidak tahu harus berbuat apa, jangan terpengaruh. Datanglah dengan ekpresi wajah cerah, penuh senyum, dan sapa rekan – rekan Anda dengan ramah.
Masalah yang sering “ Hinggap “ di Kantor
10 Tips Bermanfaat untuk Hari Pertama Kerja – Ini adalah solusi untuk beberapa masalah yang sering “hinggap” di kantor dan mungkin sering anda hadapi, yaitu….
Baca Juga Format Daftar Riwayat Hidup, Curriculum Vitae (CV)
- Problem: Pembagian tugas di kantor sangat tidak adil.
Solusi : Tanyakan pada atasan. Rekan sekerja atau supervisor tentang tugas setiap individu di kantor tersebut. Buat daftar tertulis, berikan salinannya pada semua orang di departemen Anda, termasuk atasan. Hal ini akan membantu atasan tidak juga sadar dan tetap member pekerjaan ekstra, katakana Anda mau membantu tetapi sedang tidak ada waktu.
- Problem: Perintah yang diberikan atasan sering tidak jelas
Solusi : Sebelum memulai proyek tertentu , buat laporan tentang langkah – langkah apa saja yang akan Anda lakukan untuk menyelesaikannya. Beri prioritas dan ajukan pertanyaan yang membantu Anda memahami maksudnya. Jangan coba – coba menduga dan melakukan sendiri menurut perasaan Anda.
- Problem: Atasan menolak permohonan cuti yang jadi hak saya
Solusi: Alasannya hanya satu, atasan Anda khawatir tugas yang ditinggalkan nanti tidak selesai pada waktunya. Maka saat mengajukan cuti , lengkapi surat permohonan dengan laporan pekerjaan yang sedang berlangsung dan siapa saja yang akan membantu Anda untuk menyelesaikannya. Seminggu sebelum cuti, laporkan kemajuan setiap proyek tadi. Bila masih ditolak juga, lampirkan surat tadi ke HRD dan jelaskan dengan sopan bahwa anda telah memenuhi criteria untuk dapat cuti yang sesuai dengan peraturan perusahaan.
Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih