Penelitian Geografi : Pengertian, jenisnya

Diposting pada

Pengertian Geografi – Sekarang persiapkan dirimu dengan sungguh-sungguh mempelajari materi tentang penelitian geografi berikut ini.

Pengertian Geografi

Penelitian ialah penyelidikan dan pengujian yang kritis dan teliti menanggapi dan memecahkan masalah. (kartini kartono 1983). Arti Penelitian geografi ialah kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan langkah-langkah secara sistematis untuk memecahkan suatu permasalahan geografi yang meliputi ruang sebagai suatu region sebagai objek penelitian.

Pengertian Geografi

Jenis-jenis Penelitian

Tujuan penelitian dapat dibedakan ke dalam beberapa bentuk.

Berdasarkan tujuan penelitian.

  • Penelitian Dasar

Kegiatan penelitian dilakukan dengan proses pengumpulan informasi guna menyusun konsep, hubungan, dan landasan teoretis. Peneltian berfungsi untuk menetukan topik penelitian yang sesuai.

Baca Juga Bangsa Dan Negara Tidak Terlepas Dari Ancaman

  • Penelitian Terapan

Proses penelitian dilakukan dengan cara menumpulkan informasi untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari hari.

  • Penelitian Evaluatif

Penelitian evaluatif difokuskan pada suatu kegiatan daam unit tertentu. Kegiatan penelitian berbentuk program, proses, dan hasil kerja. Sementara itu unit kerja meliputi tempat, organisasi, atau lembaga sosial.

Berdasarkan metode penelitian

Pengertian Geografi – Berdasarkan metodenya penelitian dapat dibedakan kedalam dua jenis yaitu penelitia kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian kuantitatif

Ciri-ciri penelitian kuantitaif adalah terdapat hubuanga kausalitas (sebab/akibat) terdapat generalisasi hasil penelitian diterapkan siste replikasi (penelitian ulang) dan digunakannya teknik random sampling (sample acak). Berbagai penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut :

  • Penelitian eksploratif

Peneliatian eksploratifbertujuan untuk mengenali variabel atau aspek-aspek tertentu dari suatu fenomena atau fakta yang ingin diketahui maknanya.

  • Penelitian deskriftif

Penelitian deskriftif berkenaan dengan pengumpulan data untuk mendeskripsikan suatu fenomena yang sama seperti pada watua penelitian dilakukan. Didalam penelitian kuantitatif, analisi dekkriptif digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian angka secara naratif.

  • Penelitian Eksplanatoris

Pnelitian ekplanatoris dilakukan untk menjelaskan lebih lanjut mengenai alsan suatu variabel memiliki kencederungan tertentu yang muncul sebagai akibat adanya variabel bebas.

  • Penelitian Survei

Penelitian survei memakai metode yang menekankan pada penentuan informasi. Informa berkaitan dengan variabel yang diperoleh dari individu. Survei digunakan untk mengukur gejala-gejala yang ada tanpa menyelidiki alsan gejala-gejala itu ada.

  • Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab dan akibat dengan cara membandingkan peristiwa atau fenomena tertentu. Metode ini digunakan untuk melihat pengaruh dari suatu kondisi terhadap suatu kendala.

  • Penelitian Expost/Facto

Penelitian Expost/ Facto dilakukan tanpa eksperimen artinya varibel bebas memperoleh perlakuan secara alami tanpa adanya manipulasi. Pengumpulan data untuk semua varibel dilakukan setelah semua kejaian selesai berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk membandinkan dua variabel atau lebih.

  • Penelitian Korelasional

Penelitian Korelasional bermaksud untuk menyelidiki efektifitas variasi-variasi pada suatu faktor yang berkaitan dengan variasi-varias lain pada satu faktor atau lebih.

Penelitian Kualitatif

Peneltian Kualitatif ialah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori digunakan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Oleh karna itu landasan teori juga berguna untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Berikutu ini berbagai jenis penelitian kualitatif.

  • Biografi

Penelitian biografi bertujuan mengungkap turning point memont atau epipani yaitu pengalaman yang menarik sangat mempengaruhi atau mengubah hidup seseorang. Penelitian menginterprestasi subjek seperti subjek tertentu memosisikan dirinya sendiri.

  • Fenomenologi

Fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkapkan makna konsep atau fenomena pegalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjasi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi alama sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji.

  • Grounded Theory

Walaupun suatu studi pendekatan menekankan arti suatu pengalaman untuk sejumlah individu, tujuan pendekatan grounded theory adalah menghasilkan atau menemukan suatu teory yang berhubungan dengan situasi tertentu.

  • Etnografi

Etnografi ialah uraian dan penafsiran suatu budaya atau sistem kelomok sosial. Penelitian menguji suatu kelompok dan mempelajari pola prilaku kebiasaan, dan cara hidup. Etnografi merupakan sebuah proses dan hasil dari sebuah penelitian. Oleh sebab itu proses etnografi melibatkan pengamatan yang cukup panjang terhadap suatu kelompok. Saat mengamati penelitian terlibat dalam keseharian hdup responden atau melalui wawancara satu persatu dengan anggota kelompok. Penelitian mempelajari arti atau makna prilaku, Bahasa, dan interakti dalam kelompok.

  • Study Kasus

Penelitian studi kasus ialah studi yang mengekplorasi suatu masalah dengan batasan terperinsi, memiliki pengmabilan data yang mendalam dan menyertakan berbagai sumber informasi. penelitian dibatasi oleh waktu dan tempat dan kasus yang dipelajari berupa program, peristiwa, aktivitas atau individu.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih