Teknik Presentasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkahnya

Diposting pada

Daftar Isi

Pengertian

Teknik Presentasi – Apa itu presentasi? Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi ialah suatu  kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat / informasi pada orang lain. Presentasi ini Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan juga acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.

Teknik Presentasi

Tujuan

Teknik Presentasi – Supaya bisa  berpresentasi dengan baik, orang harus banyak belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara yang terkenal sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum.Para pembicara terkenal di Indonesia diantaranya ialah KH Abdullah Gymnastiar, Andrie Wongso, Ary Ginanjar Agustian, dan masih banyak lagi.

Kemampuan  berkomunikasi dihadapan umum  adalah hal yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, wiraniaga, dan juga pengajar yang menjadi sukses dan terkenal lewat keahlian berpresentasi

Baca Juga Kelompok Kerja Informal

Tujuan presentasi

Menyampaikan informasi

Teknik Presentasi – Banyak pada perusahaan melakukan presentasi hanya bertujuan menyampaikan berupa informasi saja.Informasi atau pun pesan yang disampaikan bisa bersifat biasa, penting atau bahkan rahasia.Perusahaan mengundang seseorang yang dianggap pantas guna menyampaikan informasi sesuai tema yang telah ditentukan.Dalam hal ini pembicara mempunyai keahlian sesuai dengan bidang dan pengalamannya.

Meyakinkan pendengar

Teknik Presentasi – Presentasi yang dilakukan berisikan informasi-informasi, data-data dan juga bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga informasi yang disampaikan bias membuat seseorang atau kelompok orang merasa yakin. Semula yang asalnya memiliki unsur ketidakjelasan dan juga ketidakpastian sehingga ketika diadakan presentasi oleh pembicara, seseorang ataupun kelompok orang tersebut menjadi yakin atas informasi yang diberikan.

Menghibur pendengar

Pada era globalisasi ini banyak sekali acara-acara hiburan pada penayangan televisi.Acara hiburan tersebut dipimpin presenter yang handal, ini tujuannya untuk menghibur para penonton.Prensenter juga dituntut untuk melakukan pembicaraan yang sifatnya menghibur tetapi yang relevan dan profesional sehingga para penonton televisi bisa menikmati acara tersebut.Selain acara televisi, acara hiburan yang lainnya juga biasa kita temukan pada pesta perayaan-perayaan. Contoh nya ialah resepsi pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya.Presenter ditugaskan untuk berbicara dan juga menyelipkan kata-kata yang bisa menghibur para tamu yang hadir pada pesta perayaan tersebut.

Memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan.

Teknik Presentasi – Demi tercapainya suatu tujuan perusahaan, seorang pimpinan selalu dituntut untuk mengarahkan dan membimbing para karyawannya agar bisa bekerja secara maksimal dan tidak lupa untuk memperhatikan kualitasnya.Selain diberi arahan dan juga bimbingan, pimpinan perusahaan juga dapat melakukan motivasi agar para karyawannya bisa bekerja dengan semangat yang tinggi. Kegiatan memotivasi tersebut bias juga dilakukan dengan mengadakan suatu forum. Forum tersebut terdiri dari para karyawan dimana bertindak sebagai pendengar, sedangkan yang bertindak sebagai pembicara adalah pihak pimpinan perusahaan itu sendiri. Pimpinan bertugas menyampaikan informasi yang bersangkutan dengan tujuan perusahaan juga  memotivasinya, baik dengan cara mempromosikan karyawan maupun kenaikan gaji karyawan.

Melakukan penjualan

Teknik Presentasi – Hal ini bersangkutan dengan perusahaan yang mempromosikan suatu produk tertentu.Perusahaan menugaskan kepada salah seorang / kelompok karyawan untuk mempromosikan produknya kepada calon pembeli. Karyawan tersebut dibekali pengetahuan mengenai produk dan juga dibantu dengan alat bantu peraga guna memudahkan penyampaian pesan.

Membuat suatu ide atau gagasan

Presentasi yang dilakukan hanya bertujuan memunculkan suatu ide ataupun gagasan dari para peserta pendengar. Tipe tujuan ini biasanya diterapkan pada suatu perusahan dan organisasi yang mengalami suatu masalah yang sulit guna dipecahkan sehingga membutuhkan pendapat ataupun argumen orang lain untuk memecahkannya. Forum yang dilakukan dikenal dengan istilah rapat.Perusahaan mengundang peserta rapat yang dianggap penting baginya serta bisa memunculkan suatu ide atau gagasan sehingga secara tidak langsung dapat membantu suatu tujuan perusahaan.

Menyentuh emosi pendengar

Teknik Presentasi – Tujuan selanjutnya yaitu menyentuh emosi pendengar.Dalam hal ini pembicara bertugas untuk melakukan pembicaraannya yang bisa menyentuh perasaaan atau emosi seseorang.Sebagai contoh pembicara melakukan presentasi kepada pendengar mengenai korban bencana yang terjadi akhir-akhir ini. Presentasi yang dilakukan pembicara membuat pendengar merasa tersentuh guna membantu para korban bencana dengan cara menyumbangkan sebagian hartanya.

Memperkenalkan diri

Presentasi demikian biasa dipakaisaat melakukan wawancara, seperti seseorang yang melamar pekerjaannya kemudian ia memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan data pribadi dan juga daftar riwayat hidupnya kepada pihak yang menanyakan.

Contoh Presentasi Yang Baik

  1. Merancang Alur Presentasi

Topik                          : Membangun budaya belajar organisasi

Judul                           : Transformasi Organisasi: Organisasi Pasif ke Organisasi Pembelajar”

Audiens                      : Profesional di bidang sumber daya manusia dari berbagai

  Perusahaan swasta dan  BUMN.

Alur Presentasi           : Poin A: Tantangan yang kini dihadapi Karyawan tidak suka belajar. Pimpinan tidak mendukung budaya belajar.Organisasi berjalan stagnan dan juga kesulitan menghadapi persaingan yang semakin ketat. oin B: Kondisi Yang Diharapkan Terciptanya semangat belajar di karyawan, sebagai  langkah awal guna membangun budaya belajar dalam  organisasi secara keseluruhan.

  • Alur Slide

Di sini setiap poin bisa menjadi judul atau headline sebuah slide

  • Pembukaan

Organisasi yang tidak belajar = orang yang buta huruf di abad 21 Anda ingin mengubah semangat belajar karyawan Inilah langkah membangun budaya organisasi yang didukung segenap komponennya

  • Isi

Definisi Permasalahan

  • Mengapa organisasi perlu belajar?
  • Apa yang menjadi komponen sebuah organisasi pembelajar?
  • Tantangan yang menghalangi proses belajar dalam organisasi
  • Alternatif Penyelesaian
  • Perubahan paradigma yang diperlukan
  • Faktor pendukung menciptakan budaya belajar dan berbagi
  • Pendekatan dalam membangun budaya belajar
  • Membuat kompetisi belajar dan berbagi
  • Menciptakan berbagai medium formal dan informal
  • Memanfaatkan teknologi online untuk pembelajaran
  • Merancang komunikasi yang merangsang semangat belajar
  • Contoh kasus perusahaan yang berhasil membangun budaya belajar
  • Bagaimana mereka memulainya
  • Tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana mengatasinya

Penutup

Membangun budaya belajar tidak sesulit yang dibayangkan. Ringkasan kunci sukses membangun budaya belajar

  1. Manfaat Presentasi
  2. Sebagai bahan paparan suatu pokok bahasan inti.
  3. Media pembantu untuk penjabaran dari materi pelajaran sekolah atau suatu projek kerja.
  4. Kesan lebih ekslusif karena melibatkan alat presentasi.
  5. Audience biasanya akan lebih jelas apabila disertai dengan media gambar dari presentasi itu sendiri.
  6. Memupuk mental yang ada dalam diri si pembawa materi saat melakukan presentasi.
  1. Persiapan presentasi

Berikut ini adalah 7 Langkah Efektif Mempersiapkan Presentasi Yang Baik Untuk Hasil Presentasi Yang Maksimal Dalam artikel ini saya akan membahas tentang 7 Langkah efektif mempersiapkan presentasi yang baik.

Perlu Anda ketahui bahwasanya persiapan itu penting untuk kesuksesan presentasi. Dan diantaranya ada beberapa persiapan umum yang menjadi jadi fokus banyak orang diantaranya persiapan materi dan persiapan slide presentasi.

Mempersiapkan materi slide memang sangat penting sekali, jika  presentasi Anda menggunakan slide, tapi itu saja belumlah cukup, oleh karena itu untuk bisa menampilkan presentasi yang sukses Anda membutuhkan persiapan yang lebih detail dan tersetruktur.

Langkah langkah Presentasi

Terkait hal itu ada 7 langkah yang harus Anda lalui dan Anda lakukan.

  1. Gali informasi tentang Audiens dan juga rencana kegiatan presentasinya

Ini merupakan langkah pertamanya yang wajib Anda lalukan, Anda gali dulu informasi tentang audiens dan rencana kegiatan presentasinya. Ini juga yang selalu kami lakukan saat mendapatkan undangan untuk presentasi dalam dalam kegiatan seminar atau training. Biasanya saya akan tanya ke penilita / pihak yang mengundang terkait hal ini.

2. Tetapkan Tujuan Presentasi Anda

Tidak ada satu pun orang yang akan sampai ke tempat tujuan, apabila tidak mempunyai alamat yang dituju. Setiap presentasi hebat tidak akan pernah Anda capai dengan maksimal, kalau Anda sendiri tidak bias mengetahui apa yang ingin Anda capai.

3. Kuasai dan Susun Materi Presentasi Dengan Baik

Apabila materi presentasi yang akan Anda bawakan sudah anda kuasai, maka ditahap ini Anda bisa lansung susun materi Anda. akantetapijika materi presentasi belum Anda kuasai, maka Anda harus ciptakan waktu untuk belajar untuk mendalami materi Anda. Dalam penyusunan materi, harus efektif dan efisien, kemudian tersetruktur dan mengandung muatan isi yang berkwalitas. Materi yang efektif adalah harus relevan dengan kebutuhan audiens dan juga relevan dengan tujuan presentasi.lalu efisien, materi harus Anda susun pas dengan batas waktu yang tersedia. Selanjutnya terstruktur maksudnya materi harus runtut, alurnya baik, ini guna membantu Anda supaya anda mengingat urutan poin bahasan dan juga membantu audiens supaya mudah mengikuti dan mudah memami pesan Anda.

Kemudian materi yang berkwalitas maksudnya, setiap informasi, data, fakta atau apapun yang Anda masukkan harus dapat bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan baik secara rasional maupun ilmiah, sesuai dengan konteks presentasi anda.

4.    Buat Desain Slide Yang Menarik

apabila Anda menggunakan slide presentasi, maka Anda juga harus mempersiapkan ataupun membuat desain slide presentasi Anda dengan sebaik-baiknya. Buat slide sederhana, gunakan visual yang baik, dan juga yang relevan dengan konten Anda, lalu pastikan juga kontras warna juga terjaga, khususnya kontras warna latar belakang dengan elemen yang ada diatasnya, ini agar konten yang Anda tampilkan jelas terbaca. lalu lagi pakailah warna dan juga jenis font secara konsisten, tempatkan setiap elemen pada slide dengan baik dan rapi, agar slide lebih enak dilihat, pastikan tidak menggunakan animasi dan transisi yang berlebihan. Jika Anda  kesulitan dalam proses pembuatan, Ada tiga solusi.

Pertama, Anda gunakan jasa, atau minta profesional designer mendesainkan slide untuk presentasi Anda.

Kedua, pakailah template presentasi yang keren dan juga editabel, jadi Anda perlu terlalu repot membuat slide dari awal, Anda dapat buat slide menarik dalam waktu yang lebih singkat.

Ketiga, apabila waktu masih sangat longgar dan Anda berorientasi jangka panjang Anda bisa belajar ilmu desain slide, ilmu bagaimana caranya mahir membuat desain slide.

5.    Siapkan Peralatan Presentasi

Alat yang harus dipersiapkan pada saat presentasi :

  1. Leptop
  2. Remote presenter
  3. LCD Proyektor,

Khusus untuk LCD Proyektor, kalau misalnya LCD proyektor sudah dipersiapkan oleh penyelenggara, Anda tidak harus mempersiapkannya sendiri.Akan tetapi saran saya sebaiknya Anda tetap menghubungi penyelenggara untuk menanyakan kondisi proyektor yang akan Anda gunakan.

Untuk  laptop, pastikan Anda tidak lupa membawa charger. Kemudian pastikan Screen Saver telah Anda matikan dan power sudah Anda kondisikan dalam keadaan Always On. jika laptop Anda sudah terinstal software seperti skype, Yahoo Masanger atau yang lain pastikan semunya dalam kondisi non aktif saat Anda menggunakannya guna presentasi. Sebaiknya matikan koneksi internetnya Jika tidak diperlukan. Jangan sampai saat presentasi berlangsung tiba-tiba muncul pemberitahuan email baru, pesan skype, panggilan video atau pesan notifikasi yang lain, karena ini akan mengganggu konsentrasi audiens dan juga mengganggu jalannya presentasi yang Anda lakukan.

6.    Lakukan latihan presentasi

Pahamilah bahwa tidak akan ada presentasi yang buruk, apabila setiap presenter melatih presentasi mereka dengan matang.

7.    Siapkan mental dan fisik

Mental di sini maksudnya ialah saat menjelang presentasi akan dilakukan maka jangan terlalu memikirkan hal-hal buruk tentang presentasi Anda, pikirkan hal yang baik, visualisasikan kesuksesan Anda, ini akan membantu Anda lebih tenang.

Karena pada dasarnya apabila persiapan sudah Anda lakukan seperti tahapan yang saya sampaikan Anda sebenarnya telah sangat siap, jadi Anda tinggal kelola pikira Anda jangan sampai dikendalikan oleh kekhawatiran yang berlebihan.

demikianlah artikel yang berjudul Teknik Presentasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkahnya. dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih