Rumus Volume Balok

Diposting pada

Rumus Volume Balok – Pertemuan ini akan membahas rumus volume balok bersama dengan contoh pertanyaan volume balok dan diskusi masalah. Bar itu sendiri adalah jenis ruang bangunan, dari mana berbagai jenis ruang bangunan termasuk bar dibahas pada kesempatan sebelumnya.

Daftar Isi

Pengertian Balok

Pemahaman balok itu sendiri adalah untuk membentuk ruang tiga dimensi yang terdiri dari tiga pasang persegi dan pasangan persegi panjang yang berbeda satu sama lain dan memiliki 6 sisi, 12 tulang rusuk dan 8 titik sudut, dan kemudian setiap permukaan berbentuk persegi.

Sinar, yang terdiri dari enam persegi panjang yang mirip dan mirip, juga disebut kubus. Kemudian satu blok harus memiliki 12 tulang rusuk dan masing-masing tulang rusuk dapat dilihat sebagai tulang rusuk panjang, tulang rusuk lebar dan tulang rusuk tinggi tergantung pada sudut pandang pemirsa. Dan ada juga 4 tulang rusuk dengan panjang yang sama, yang disebut tulang rusuk tinggi.

Baca Juga Rumus Trigonometri Matematika

Jika semua 12 tulang pada blok memiliki panjang yang sama, blok tersebut disebut kubus. Dan kubus adalah kotak khusus karena semua tulang rusuk memiliki panjang yang sama dan semua bidang lurus.

Sedangkan rumus balok itu sendiri mengandung tiga jenis rumus matematika, termasuk rumus permukaan balok, rumus balok, dan rumus panjang balok diagonal. Nah, ketiga formula blok bangunan ini sangat penting bagi Anda untuk dipelajari dan diingat, karena ada banyak pertanyaan – area, volume, dan perhitungan batang

Bagaimana Anda menemukan rumus volume blok? Dengan sabar ya, kami akan membahasnya dengan cara sederhana ini, silakan lihat semuanya di bawah ini:

Rumus Volume Balok

Volume = panjang x lebar x tinggi

Dan jika Anda melihat contoh bagaimana membangun blok Anda sendiri sebagai berikut, rumus volume balok adalah

Hasil gambar untuk volume balok

Maka rumus ini sering ditulis lebih pendek dari V = P x L x T. Namun, perlu juga dicatat bahwa ketika menghitung volume blok menggunakan rumus di atas, dimensi panjang, lebar dan tinggi harus unit yang sama. Maka pengertian satuan volume adalah satuan panjang kubik, misalnya milimeter kubik (mm3), sentimeter kubik (cm3) dan sebagainya.

Baca Juga Definisi Vektor : Penjumlahan dan Pengurangan Vektor serta Contoh Soal

Contoh Soal Volume Balok

  • Bangun ruang blok yang disebut area 128 cm2. Apakah Anda kemudian menghitung volume balok ketika tingginya 4 cm?

V = luas alas x tinggi = 128 x 4 = 512 cm3

Jadi, Volume blok adalah 512 cm3

Diketahui bahwa satu blok memiliki panjang 9 cm, lebar 7 cm dan tinggi 3 cm.

V = p . l . t = 9 cm . 7 cm . 3 cm = 189 cm3

Jadi, volume balok adalah 189 cm3

  • Doni memiliki rumah dengan kolam renang, kolam yang awalnya berisi 300 liter air. Kemudian Doni mengalirkan air dari kolam sampai volume air yang tersisa adalah 1/3 dari yang sebelumnya. Kemudian cari kedalaman air yang tersisa di kolam jika luas dasar kolam adalah 2 m2.

Di ketahui :

Volume air mula – mula = 300 liter

Sisa air setelah di kuras = 1/3.300 = 100 liter setelah itu di jadikan m = 0,1 m3

Luas alas kolam 2 m2

Volume = luas alas . tinggi

0,1 m3 = 2 m2 . tinggi

Tinggi = 0,1 m3 : 2 m2 = 0,05 m = 5 cm

Jadi, kedalaman air kolam sekarang adalah sedalam 5 cm

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih