Rumus Trigonometri Matematika

Diposting pada

Rumus Trigonometri Matematika – Diskusi dan ulasan tentang trigonometri matematika adalah salah satu rumus matematika yang kontras dengan sudut segitiga dan fungsi trigonometri. Rumus trigonometri itu sendiri hampir identik dengan rumus geometri matematika, karena keduanya memiliki hubungan dan dapat dikatakan bahwa trigonometri adalah bagian dari geometri, memahami geometri adalah kebalikannya.

Daftar Isi

Pengertian Trigonometri

Trigonometri atau dari bahasa Yunani Trigonon = “tiga sudut” dan Metron = “ukur” adalah cabang matematika yang meneliti hubungan yang mencakup panjang dan sudut sebuah segitiga. Di mana trigonometri ini pada abad ke-3 SM SM (BC) muncul pada masa Helenistik untuk belajar tentang astronomi.

Baca Juga Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Kemudian konsep dasar trigonometri matematika adalah konsep kesamaan segitiga siku-siku dan sisi, yang sesuai dengan dua bentuk konvergen yang memiliki perbandingan yang sama.

Dalam konsep geometri Euclidean – setiap sudut pada dua segitiga adalah ukuran yang sama, maka kedua segitiga harus kongruen dan konsep ini adalah dasar untuk perbandingan trigonometri sudut akut, dalam konsep trigonometri sudut matematika konsep untuk sudut non-akut adalah atau sudut yang baru dikembangkan lebih dari 90 derajat dan kurang dari nol derajat. Konsep dasar trigonometri ini juga mengacu pada tabel sinus yang dibahas di atas.

Rumus Trigonometri

Rumus trigonometri matematis sangat penting, terutama untuk siswa dan senior di Indonesia, karena trigonometri ini lazim dalam soal ujian baik di tingkat bahasa sekolah menengah (FH (ujian akhir) dan UN (ujian nasional) PBB di seluruh Indonesia, sehingga Anda juga dapat Siswa perlu memahami rumus trigonometri matematika dasar sehingga mereka dapat mengerjakan soal trigonometri di UAS dan UN.

Kemudian matematika trigonometri memiliki tiga fungsi, yang pertama adalah sinus, yang merupakan rasio sisi-sisi segitiga (segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga 90 °) sebelum sudut dengan sisi miring, dan fungsi trigonometri kedua adalah cosinus atau Cosinus Perbandingan sisi-sisi segitiga, yang ada di sudut, dengan sisi miring dan fungsi dasar ketiga trigonometri matematika adalah tangensial. Ini adalah rasio sisi-sisi segitiga yang berada di depan sudut ke sisi-sisi segitiga yang berada di sudut-sudut.

Contoh Soal Trigonometri

Tentukan lah nilai dari: 2 cos 75° cos 15°

Pembahasan :

Dari masalah di atas dapat disimpulkan bahwa jenis masalah di atas adalah contoh dari perkalian trigonometri sehingga kita dapat melihat rumus trigonometri cos perkalian dalam uraian di atas, rumusnya adalah 2 cos A cos B = cos (A + B) + cos (AB)

Jawaban :

nilai 2 cos 75° cos 15° = cos (75 +15)° + cos (75 – 15)°
= cos 90° + cos 60°
= 0 + ½
= ½

Maka nilai dari 2 cos 75° cos 15° yaitu ½

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih