Pengertian Komik Menurut Para Ahli : Ciri, Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Komik – Dalam diskusi ini ruangbimbel.co.id. Diskusikan komik. Apakah Anda sudah tahu apa itu komik, karakteristik dan jenis komik? Sekarang, jika Anda tidak tahu, mari kita bahas apa komik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik didefinisikan sebagai cerita ilustratif yang mudah dicerna dan lucu (biasanya ditemukan di majalah surat kabar atau sebagai buku).

Secara umum, komik adalah salah satu cara untuk membantu menyampaikan cerita melalui deskripsi gambar untuk menggambarkan cerita. Selain itu, komik dapat diartikan sebagai karya sastra dalam bentuk cerita yang menunjukkan gambar, dengan tokoh kunci dalam cerita. Komik biasanya memiliki dongeng, seperti karya sastra lainnya.

Baca Juga Penulisan Huruf Kapital

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Adapun pengetian komik menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Frannz & Meiier (1994:55), Komik adalah cerita yang menekankan gerakan dan aksi, yang ditampilkan melalui serangkaian gambar yang dibuat khusus dalam kombinasi dengan kata-kata.
  • Menurut Scot McClouud (2002:9), Komik adalah sekelompok gambar untuk menyampaikan informasi atau untuk melihat keindahan dari itu adalah respons. Semua teks cerita dalam komik disusun rapi dan saling terkait antara gambar (karakter visual) dan kata-kata (karakter verbal). Gambar dalam komik didefinisikan sebagai gambar statis yang ditumpuk secara seri dan saling berhubungan antara gammabar dan gambar lain untuk membentuk cerita.
  • Menurut Hurlock (1978), Komik adalah lingkungan di mana model disajikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak-anak. Komik juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi, serta untuk transmisi cerita, pesan dan orang-orang yang bersifat ilmiah dan genre lain dari sastra anak-anak.
  • Menurut Sudjana dan Rifai (2011), Komik dapat digunakan dalam bentuk komik sebagai bahan pendidikan. Komik dapat digunakan sebagai bahan pendidikan, karena dapat menyederhanakan proses belajar mengajar, meningkatkan pembelajaran siswa, dan menghasilkan minat pada penilaian siswa.

Menurut para ahli yang dibahas di atas, dari berbagai pendapat tentang komik, cerita dapat dijelaskan dalam bentuk kumpulan gambar komik, dan penjelasan teks digunakan untuk menggambarkan cerita. Di bidang pendidikan, komik dapat digunakan sebagai bahan pendidikan atau sebagai alat belajar. Dalam hal materi pelatihan, mendongeng mirip dengan buku komik yang menceritakan tentang potensi lokal suatu daerah yang dikenal sebagai pelatihan intelijen lokal.

Ciri-Ciri Komik

Seperti halnya fiksi dan membaca sastra, komik memiliki banyak karakteristik unik yang dapat dibedakan dari karya sastra lainnya. Fitur buku komik meliputi:

  • Ada komik yang bercerita melalui gambar dan bahasa

Ini, tentu saja, berbeda dari karya seni dan jurnalistik lainnya yang menceritakan kisah secara lisan.

  • Bersifat Proposional

Saat membaca komik, komik dapat menyebabkan keterlibatan emosional bagi pembaca. Pembaca suka memainkan karakter, berpartisipasi dalam komik, dan menjadi karakter utama.

  • Bahasa Percakapan

Komik tidak pernah menggunakan bahasa yang sulit dipahami pembaca. Dalam komik, bahasa yang paling umum digunakan adalah bahasa yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari, dan pembaca dapat dengan mudah memahami dan memahami isi komik.

  • Bersifat Kepahlawanan

Secara umum, isi cerita dalam komik membuat pembaca merasa heroik atau murung.

  • Penggambaran Watak

Karakter buku komik biasanya digambarkan dengan cara yang sederhana sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami karakteristik karakter yang terlibat dalam komik.

  • Menyediakan Humor

Pembaca buku komik dapat dengan mudah memahami humor yang disajikan dalam komik, karena humor yang disajikan lebih lazim di masyarakat.

Baca Juga Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Jenis-Jenis Komik

Seperti bentuk sastra anak-anak lainnya, komik juga termasuk dalam beberapa kategori. Bergantung pada jenis atau bentuk kemasan, komik dibagi menjadi 4 genre:

  • Komik Strip (Comic Strip)

Komedian stripteam adalah jenis komik yang hanya berisi beberapa panel grafis. Namun, jika dilihat dari perspektif materi pelajarannya, komik ini mengungkapkan ide tentang subjek penuh. Karena ada beberapa gambar, sebagian besar ide tidak dibahas, biasanya kita berbicara tentang satu pusat percakapan, seperti jawaban untuk berbagai peristiwa atau masalah yang muncul. Komik strip umumnya ditemukan di berbagai majalah anak-anak dan majalah seperti Majalah Bobo.

  • Komik buku

Buku komik adalah sejenis buku komik yang dikemas dalam bentuk buku dan biasanya menampilkan keseluruhan cerita hanya dalam satu buku. Komik biasanya disajikan sebagai seri, dan nama komik biasanya muncul dalam puluhan seri dan tampaknya tak ada habisnya. Ada beberapa komik yang menampilkan cerita yang layak, tetapi beberapa tidak.

  • Komik humor dan petualangan

Komedi dan Petualangan Komik Komik anak-anak sangat populer. Komik lucu adalah komik yang lucu dan mengundang pembaca untuk tertawa ketika mereka menikmati komik. Pengertian Komik

Petualangan komik adalah konten komik dalam bentuk tindakan apa pun yang melibatkan petualangan dalam seperti pencarian, pertahanan, genre pertempuran atau petualangan.

  • Komik biografi dan komik ilmiah

Komik biografi sering menceritakan kisah hidup orang bersejarah, sering ditampilkan dalam bentuk komik. Sementara itu, komik fiksi ilmiah biasanya berisi campuran komik dan array. Contoh-contoh komik yang termasuk campuran komik dan dongeng termasuk penemuan lampu, penemuan lampu, penemuan telepon, dan sebagainya.

Demikianlah artikel Pengertian Komik diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermnafaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih