Pengertian Interpretasi Dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Pengertian Interpretasi – Istilah interpretasi jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini lebih sering dibaca dalam artikel ilmiah atau berita, seperti interpretasi data, interpretasi historis, interpretasi karya seni. Karena itu, banyak orang awam yang tidak begitu mengerti arti sebenarnya dari penafsiran ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interpretasi singkat dapat diartikan sebagai kesan, interpretasi, pemikiran, atau pandangan teoritis tentang sesuatu atau objek. Interpretasi juga dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi verbal atau motor antara dua atau lebih penutur yang tidak dapat menggunakannya secara bersamaan (dikenal sebagai terjemahan simultan) atau berurutan (dikenal sebagai terjemahan berurutan).

Baca Juga Contoh Teks Diskusi Yang Singkat

Definisi

Berdasarkan definisi ini, interpretasi hanya dapat digunakan sebagai metode jika perlu. Jika objek (karya seni, ucapan, dll.) Cukup jelas dalam hal makna, objek tidak menyebabkan interpretasi. Interpretasi biasanya dibuat untuk mendapatkan pemahaman atau pengetahuan yang lebih jelas atau lebih dalam tentang apa yang salah atau tentang suatu objek.

Misalnya, lukisan abstrak, artinya tidak bisa dipahami oleh kebanyakan orang. Gambar ini juga bisa menjadi objek komentar, sehingga orang awam dapat mempelajari makna dalam gambar tersebut. Demikian pula novel seperti film, puisi atau lagu dalam karya seni lainnya.

Selain gambar, Anda dapat mengomentari data seperti statistik. Misalnya, data populasi didasarkan pada jenis kelamin dan pendapatan rata-rata penduduk desa. Data-data ini dapat diartikan untuk memperoleh informasi, seperti pengaruh sejumlah besar perempuan, perempuan dibandingkan dengan laki-laki dengan pendapatan di masyarakat.

Penafsiran suatu objek antara satu orang dan orang lain mungkin berbeda. Komentar ini sangat tergantung pada sudut pandang dan latar belakang komentator. Namun, ini bisa menjadi titik yang sangat positif, karena kita dapat melihat dan memahami objek dari beberapa sudut pandang.

Faktor yang sangat penting dalam interpretasi objek adalah sejarah manusia. Orang yang menafsirkan sesuatu harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berkualitas, terkait erat dengan objek yang perlu ditafsirkan. Dengan demikian, hasil komentar dapat dibenarkan.

Baca Juga Pengertian Komik Menurut Para Ahli : Ciri, Jenisnya

Berikut beberapa pengertian interpretasi dalam berbagai bidang.

  • Penafsiran sejarah ialah bentuk penafsiran oleh sejarawan sejarawan dalam satu kisah yang harmonis dan meyakinkan.
  • Penafsiran hukum ialah definisi makna atau makna teks atau suara dari suatu artikel dan masalah dengan itu.
  • Interpretasi data dalam penelitian kualitatif ialah penjelasan dan pernyataan yang mencoba mempelajari pengetahuan data lebih dalam.
  • Interpretasi dalam musik ialah proses menemukan apa yang diinginkan komposer dan mengekspresikan dan menyampaikan emosi, sejarah, kondisi sosial dan psikologis dari sebuah karya musik.
  • Interpretasi gambar adalah tindakan untuk mempelajari gambar atau foto udara untuk mengenali objek dan gejala.
  • Interpretasi cerita pendek adalah interpretasi dari apa artinya cerita pendek.
  • Komentar peta adalah tindakan membaca peta dengan menghadirkan komentar menggunakan karakter yang ada atau dengan menafsirkan isi peta.

Demikianlah artikel Pengertian Interpretasi diatas dari ruangbimbe.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih