Pengertian Gelombang : Jenis Macam, Rumusnya

Diposting pada

Pengertian Gelombang

Pengertian Gelombang – adalah gangguan yang ditransmisikan dalam media, yang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. Ada gelombang dalam gelombang transmisi, bukan objek perantara.

Bentuk gelombang ideal mengikuti gerakan sinusoidal. Selain radiasi elektromagnetik dan radiasi gravitasi yang dapat bergerak melalui ruang hampa, gelombang juga hadir di media (perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya pemulihan yang fleksibel) di mana mereka dapat melakukan perjalanan dan mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa menyebabkan partikel antara. Bergerak selamanya; Itu berarti tidak ada transfer massal. Sebaliknya, setiap titik terombang-ambing di sekitar posisi tertentu.

Baca Juga Kumpulan Rumus Fisika Smp Lengkap

Apa itu Gelombang ?

Ini karena keberadaan gelombang adalah gerakan yang dapat diulang dan ditransmisikan melalui media tertentu atau tanpa sarana perantara. Atau gelombang adalah getaran yang ditransmisikan.

Selain itu, karena perubahan bentuk, sumbu ada di tengah, menyebabkan kekuatan pegas sehingga sumbu dapat mengembang dan energi dapat bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa kehadiran perangkat yang bergerak. Selamanya

Bentuk gelombang beradaptasi dengan gerakan sinusoidal. Selain kemungkinan radiasi elektromagnetik dan radiasi gravitasi yang dapat bergerak melalui ruang hampa, gelombang terjadi di tengah (disebabkan oleh perubahan dalam cara energi elastis diproduksi).

Gelombang perjalanan dan energi dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain (bukan dalam transfer massa) tanpa memindahkan partikel media secara permanen.

Anda juga dapat menghubungi media dengan ketentuan yang mencakup:

  • Terbatas, jika gelombang terbatas. Kemudian mereka disebut gelombang tidak teratur.
  • Seragam jika titik fisik tidak berubah pada titik yang berbeda.
  • Isotropik, jika sifat fisiknya sama dalam arah yang berbeda.
  • Linear, jika ada gelombang di suatu tempat di tengah, mereka dapat ditambahkan.

Macam – Macam Gelombang

Ada beberapa jenis gelombang, termasuk:

1. Gelombang Menurut Arah Getaran

  • Gelombang Longitudinal

Adanya gelombang ke arah osilasi berarti bahwa ia sejajar atau dengan arah rambat. Sama seperti di gelombang pegas dan gelombang suara.

  • Gelombang Transversal

Keberadaan gelombang dalam arah getaran tegak lurus terhadap arah rambat. Misalnya, gelombang dalam string, gelombang cahaya, gelombang permukaan, dll.

2. Gelombang Menurut Medium Perantara

  • Gelombang Elektromagnetik

Adanya gelombang yang tidak diperlukan dalam medium dengan dispersi moderat. Seperti cahaya tampak, sinar gamma ((), sinar-X, inframerah, sinar ultraviolet, gelombang radar, gelombang radio dan gelombang televisi.

  • Gelombang Mekanis

Ini adalah keberadaan gelombang, dan transmisinya mungkin memerlukan media melalui perantara. Hampir semua yang ada dalam gelombang termasuk dalam gelombang mekanis.

3. Gelombang Menurut Amplitudo dan Fase

  • Gelombang Stasioner

Adanya perubahan fase (tidak sama) dan gelombang amplitudo yang dalam pada setiap tahap, di mana gelombang bergerak.

  • Gelombang Berjalan

Itu ada di setiap tingkat gelombang dalam amplitudo dan pada titik yang sama.

4. Gelombang Stasioner (Diam)

Gelombang statis dapat terjadi karena gangguan (fusi dalam 2 gelombang, yaitu gelombang pantul dan gelombang masuk). Gelombang reflektif yang terjadi dapat berupa pantulan dengan puncak konstan.

Refleksi juga dapat ditambahkan ke kelanjutan gelombang yang masuk (fase padat) pada gambar. Namun, jika refleksi terjadi pada ujung yang tetap, gelombang yang dipantulkan mengalami inversi fase dari gelombang yang masuk (beberapa langkah 1800).

Jenis – Jenis Gelombang

Ada beberapa jenis gelombang :

a. Gelombang Longitudinal

Gelombang logitudinal adalah keberadaan gelombang yang merambat ke Arah yang bertepatan dengan Arah getaran di masing-masing bagian ini. Gelombang terlihat dalam bentuk kepadatan dan lokasi. Contoh gelombang longitudinal seperti pegas atau sling dapat ditarik ke samping dan kemudian dilepaskan.

b. Gelombang Transversal

Gelombang Transversal ialah keberadaan gelombang yang arahnya tegak lurus terhadap arah rambat. Gelombang terdiri dari bukit dan lembah, misalnya, gelombang air, benang bengkok.

Gelombang Transversal

c. Gelombang mekanis

Gelombang mekanis ialah gelombang yang membutuhkan alat atau konduktor untuk merambat dalam perambatan. Media gelombang mekanis dapat berbentuk padat, cair atau gas. Suara atau suara adalah contoh dari gelombang mekanis yang ditransmisikan oleh benda padat atau cair atau gas. Misalnya, gelombang mekanis adalah gelombang pada ulir, gelombang pada pegas, gelombang pada permukaan air.

Baca JUga Sifat dan Perubahaan Wujud Benda

Rumus Gelombang

Persamaan Getaran Harmonis

Energi kinetik(Ek) : F = t/T= q/360 = q/2p

Energi potensial (Ep) : DF = F1 – F2

Catatan : 0 £ F £ 1

jika F = 1 ¾ dapat ditulisF = ¾, lalu q = 2p.¾ = 270°

jika F = 2 1/3 dapat ditulisF = ¾, lalu q = 2p.¾ = 270°

Energi mekanis (EM) : F = m.ay

F = – mw².y = -K.y

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih