Macam Macam Start Jongkok

Diposting pada

Macam macam Start Jongkok – Anda sering dapat mendengar istilah mulai ketika terjemahan berarti mulai. Dalam pembahasan materi, kali ini kita akan membahas bagaimana mulai duduk dan mulai berlari. Di awal squat, ada berbagai jenis squat. Jongkok biasanya digunakan saat berlari, yaitu lari jarak pendek. Dalam posisi miring, akselerasi dapat terjadi ketika pelari lari dari garis start, dan menjadi lebih mudah dan lebih cepat ketika ia mulai meluncur ke depan.

Macam macam Start Jongkok

1. Shot start/bunch start (start pendek)

Sebuah start pendek, atau sering disebut start pendek, adalah dengan berjongkok, dengan lutut kaki belakang di depan ujung kaki lainnya, sedangkan kaki kaki belakang dekat tumit.

Baca Juga Sejarah Sepak Bola

Jenis start pendek ini mengarah pada akselerasi tinggi, sehingga banyak pelari menggunakannya. Untuk pemula seperti (anak-anak), bagaimanapun, mereka biasanya tidak cocok karena dua kaki berdekatan. Peran kedua tangan akan terasa lebih sulit untuk mempertahankan berat badan, terutama setelah replika “selesai”. Karena itu, mulai dari ini (start pendek), pelabuhan hanya cocok untuk atlet yang sudah terlatih atau dapat diinformasikan (senior).

Posisi Kaki Dan Tangan Saat Start Pendek

  • Posisi lengan sejajar dengan garis atau lebar bahu
  • Jari kaki depan berjalan sejajar dengan lutut kaki belakang

2. Medium Start (Start Menengah)

Awal tengah atau yang disebut awal tengah dimulai dengan jongkok, sedangkan lutut kaki belakang kira-kira di sebelah tikungan kaki depan. Saat berdiri, letakkan kaki belakang sedikit di belakang tumit kaki depan Anda. Masih banyak pelari yang lebih tua yang menggunakan jenis start ini, karena rata-rata start juga dapat menghasilkan akselerasi yang cukup tinggi. Biasanya sangat tepat bagi pemula untuk menggunakan awal ini.

Posisi kaki dan lengan selama start menengah

  • Posisi lengan sejajar dengan garis dan lebar bahu
  • Berlututlah ke belakang sehingga cocok dengan kaki depan Anda
  • Kemudian dorong tangan Anda sedikit ke belakang sekitar 20-30 cm.

3. Long Start (Start Panjang)

Awal yang panjang ini terjadi dalam posisi miring, dengan lutut kaki belakang terbentang di samping atau kira-kira sejajar dengan tumit kaki depan. Ketika kedua kaki terpisah, saya. H. Ujung kaki belakang kira-kira dua simpul dari tumit kaki depan.

Posisi awal yang panjang ini tidak menguntungkan bagi atlet dengan postur pendek, karena posisi dua kaki dari satu sama lain memberikan akselerasi yang kurang ketika meluncur ke depan.

Jenis start ini sangat cocok untuk pelari dengan kaki panjang (besar)

  • Posisi kaki atau lengan dimulai jauh atau panjang
  • Tangan sejajar dengan garis, lebar bahu atau lebih
  • Lutut yang sedikit diarahkan ke belakang dari kaki depan mungkin berada pada jarak tertentu dari lengan, tergantung pada fleksibilitas atlet individu.

Pelaksanaan Start Jongkok

gambar start jongkok.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari saat jongkok, termasuk:

  • Pandangan

Posisi pandangan mata harus diarahkan kebawah depan

  • Posisi tangan

Posisi tangan di awal dimulai dengan pembukaan tangan, yang selebar bahu lebih kecil ketika telapak tangan terbuka, jari-jari ditekan bersamaan, ibu jari dibuka dan dimasukkan kembali, dan bertepatan dengan garis awal di posisi telapak tangan yang sesuai dengan formulir huruf V terbalik.

Baca Juga Permainan Sepak Bola: Pengertian, Teknik, dan Peraturannya

  • Posisi kaki

Posisikan kaki Anda di awal mulainya. Kaki adalah satu kaki di belakang garis start. Kemudian letakkan lutut kaki belakang dekat telapak kaki depan pada jarak sekitar 10-20 cm sesuai dengan posisi awal.

  • Sikap badan

Untuk posisi badan ialah badan harus membungkuk rileks.

  • Aba – aba pada start jongkok

Jika Anda ingin mulai berlari, juri memiliki tiga sinyal : bersedia, siap, yak/bunyi peluit/bunyi pistol.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih