Manfaat Belimbing : Kandungan Gizi, Serba Serbi

Diposting pada

Manfaat Belimbing – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Manfaat Bengkoang. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Manfaat Belimbing. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini .

Manfaat Belimbing

Buah Belimbing

Buah Belimbing berwarna kuning dan berasa manis agak masam. Buah ini dikenal sebagai star fruit karena jika di potong secara melintang bentuknya meyerupai bintang. Belimbing umumnya dimakan dalam keadaan masak, kecuali jika ingin dimakan sebagai buah yang dirujak. Selain itu, belimbing juga bisa diolah menjadi jus, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Berikut beberapa manfaat belimbing.

  1. Mencegah dan mengatasi infeksi pada mulut dan tenggorokan
  2. Jika dikonsumsi dengan madu, bisa mengatasi kencing batu,
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Sebagai antioksidan,
  5. Menurunkan tekanan darah,
  6. Terapi diabetes militus atau menurunkan kadar gula darah.

Kandungan Gizi dan Fitokimia Belimbing

Belimbing mengandung berbagai vitamin serta berbagai macam serat asam buah. Namun, maka Serat dalam belimbing 0,9 gram per 100 gram bahan. Berikut kandungan yang terdapat di dalam belimbing.

  1. Provitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin B1
  4. Vitamin B2
  5. Fosfor
  6. Kalium
  7. Zat Besi
  8. Kalsium
  9. Pektin Serat

Serba – serbi Belimbing

  • Kini kuku rapuh dan mudah patah dapat disiati dengan menggunakan belimbing wuluh karena belimbing wuluh dapat memperkuat kuku dan membuat kuku lebih bersih dan cerah. Caranya, cukup gosokkan irisan belimbing wuluh pada kuku. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sesering mungkin.
  • Satu porsi buah belimbing dapat mencakupi hingga 76% dari asupan harian vitamin C yang disarankan. Di samping itu, kandungan kalori dalam buah ini juga hanya 41 kalori. Walaupun sebagian besar kalori berasal dari kandungan gula sederhana, namun jumlahnya masih tetap kecil dan tidak bermasalah bagi penderita diabetes.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoag artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih