Manfaat Asam Jawa dan Asparagus : Kandungan Gizi, Serba Serbi

Diposting pada

Manfaat Asam Jawa – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Manfaat Apel. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Manfaat Asam Jawa. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Asam Jawa

Asam Jawa

Buah asam jawa tidak termasuk buah yang dapat dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Namun, asam jawa memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Mengobati batuk,
  2. Memperlancar saluran pencernaan
  3. Menghilangkan rasa mual
  4. Meningkatkan nafsu makan,
  5. Menurunkan kadar kolesterol,
  6. Meredakan demam.

Kandungan Gizi dan Fitokimia Asam Jawa

Tumbuhan yang mempunyai nama latin Tama rindus indica L. ini mempunyai kandungan kalium terbesar di antara zat-zat yang ada di dalamnya. Selain itu, asam juga memiliki kandungan sebagai berikut.

  1. Betakaroten
  2. Vitamin A
  3. Vitamin B1
  4. Vitamin B2
  5. Vitamin C
  6. Niasin Kalsium
  7. Fosfor
  8. Zat Besi
  9. Natrium
  10. Serat

Serba Serbi Asam Jawa

Asam jawa ternyata menjadi alat pembersih yang sempurna untuk barang – barang berbahan tembaga dan kuningan. Caranya pun terbilang mudah, yaitu campuran asam jawa basah dengan garam. Setelah itu, gosok – gosokan kebenda yang akan dibersihkan. Setelah terlihat kinclong bersihkan sisa – sisa asam jawa.

Asparagus

Asaparagus merupakan tanaman tak berdaun dan dapat tumbuh hingga 25 cm dalam waktu satu hari. Asparagus yang biasa dikonsumsi sebenarnya adalah tunas yang tumbuh dari semacam umbi yang berada di bawah tanah. Berikut beberapa manfaat asparagus.

  1. Asparagus mengandung folat yang penting untuk kesehatan system kardiovaskular.
  2. Mengandung diuretic alami yang sangat berguna mengurangi pembengkakan selama pramenstruasi dan kembung.
  3. Asupan asparagus membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir seperti spina bifida dan menurunkan kemungkinan bayi lahir dengan berat badan rendah.
  4. Mampu membantu mengurangi keasaman darah serta membantu melarutkan batu ginjal.
  5. Mengandung fitokimia yang menghasilkan efek anti inflamasi sehingga membantu meringankan arthritis dan rematik.
  6. Membantu mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.
  7. Asparagusi mampu mencegah multiple sclerolis dan infeksi kandungan kemih.
  8. Asparagus juga berguna bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi karena mampu menurunkan tekanan darah
  9. Asparagus bermanfaat untuk ibu menyusui karena membantu meningkatkan produksi susu serta mencegah masalah saraf pada janin.

Kandungan Gizi dan Fitokimia Asparagus

Sayuran ini memiliki kandungan berlimpah vitamin K dan folat. Meskipun terdapat lebih dari 300 variates yang diketahui, hanya 20 variates yang bias di makan. Berikut kandungan gizi dan fitokimia asparagus.

  1. Magnesium
  2. Fosfor
  3. Selenium
  4. Seng
  5. Sodium
  6. Besi
  7. Tembaga
  8. Kalsium
  9. Mangan
  10. Vitamin C
  11. Vitamin K
  12. Vitamin B6
  13. Vitamin A
  14. Tiamin
  15. Niasin

Serba Serbi Asparagus

  • Ada kandungan karbohidrat unik dalam asparagus yang disebut inulin. Nutrisi tersebut tidakakan bias dicerna sampai system pencernaan di usus besar, sehingga penikmat asparagus berisi koter kena kanker usus besar.
  • Asparagus muda mengandung senyawa – senyawa konsentrasi tinggi sehingga aromanya lebih kuat sehingga aromanya lebih kuat setelah kita menyantapnya. Namun, tidak ada efek berbahaya baik dari senyawa sulfat atau pun bau.
  • Asparagus hijau yang sering di beli di took tidak perlu dikupas. Akan tetapi, jika asparagus putih sebaiknya dikupas terlebih dahulu. Sebagian warga eropa mengonsumsi sparagus jenis ini. Caranya adalah dengan membersihkan bagian bawahnya, apa lagi jika kita mendapatinya hampir busuk. Asparagus ini mengandung senyawa unik yang ketika proses metabolisme akan mengeluarkan bau yang khasdalamurin.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih